Tanda Tanda Kiamat Besar & Kecil (Jarang Diketahui Orang) Bergambar

Kiamat merupakan akhir dari segala kehidupan yanga ada di muka bumi. Pada hari kiamat, manusia akan di bangkitkan dari dalam kuburnya dan dihisab amal perbuatannya. Namun, sudahkah mengetahui tentang tandanya? Inilah tanda tanda kiamat kecil dan besar (kubro) beserta gambarnya yang perlu untuk diketahui.

Dalam agama Islam, kiamat memang terbagi menjadi dua. yaitu kiamat kecil dan kiamat besar. Kedua kiamat ini tentu harus di ketahui tanda tandanya. Umumnya, untuk kiamat kecil sendiri berkaitan pribadi pada manusianya. Sedangkan, untuk kiamat besar berkaitan langsung pada alam dan semesta. Simak terus ulasan lebih jelas mengenai tanda-tandanya.

Tanda Tanda Kiamat

Sebagai seorang muslim, tentu mempercayai adanya kiamat. Hal ini merupakan bagian dari rukun iman. Berikut ini sekilas tanda tanda kiamat:

Kiamat Kecil Besar
Tanda Tanda
  1. Orang Baik Berkurang.
  2. Zaman semakin singkat.
  3. Berlomba menghiasi masjid.
  4. Banyaknya khamer dan menganggapnya halal.
  5. Riba Merajalela.
  6. Perzinaan Semakin bebas.
  7. Banyaknya orang kaya.
  1. Munculnya Dajjal.
  2. Turunnya Nabi Isa AS.
  3. Munculnya Yajuj dan Majuj.
  4. Tiga Penenggelaman Bumi.
  5. Munculnya Kabut.
  6. Matahari terbit dari barat.
  7. Munculnya api besar.
  8. Ditiupnya Sangkakala.

Itulah tadi tanda-tandanya, sekarang kita akan bahas lebih lengkap dan bergambar.

Tanda Tanda Kiamat Kecil

Kiamat kecil kerap kali ditandai dengan beberapa hal yang berkaitan langsung pada manusia. Apa saja tanda kiamat kecil? Berikut ulasannya:

Orang Baik Berkurang

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Orang-Baik-Berkurang
Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Orang-Baik-Berkurang (Sumber: steemitimages.com)

Salah satu tanda yang terlihat ialah berkurangnya orang baik. Orang yang baik pada kiamat kecil menjadi lebih sedikit dibandingkan dengan orang jahatnya. Orang justru banyak melakukan cara yang instan dalam melakukan kebutuhannya. Hal ini dirasa lebih cepat meskipun banyak melukai orang orang yang baik. Selalu berbuat baiklah dari sekarang.

Zaman Semakin Singkat

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Waktu-Berkurang
Gambar-Waktu-Berkurang (Sumber: thumbs.gfycat.com)

Pada perjalanan menuju kiamat kecil, waktu yang dirasa akan jauh lebih singkat. Umumnya, jika berlalu dalam satu hari maka akan terasa. Kini, sudah mulai tidak terasa dan justru merasakan cepatnya waktu berjalan.  Zaman yang seharusnya tetap dengan baik, maka dapat menjadi ebih cepat saat tanda dari kiamat mulai berjalan.

Kau Bisa Beristirahat, Tetapi Waktu Akan Terus Berjalan

Dalil-Waktu-Semakin-Sedikit
Dalil-Waktu-Semakin-Sedikit

Berlomba Menghiasi Masjid

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Berlomba-Menghiasi-Masjid
Gambar-Desain-Masjid-Megah (Sumber: idntimes.com)

Sebagai tempat ibadah, masjid saat ini terus mengalami peningkatan. Baik untuk jumlahnya sampai dengan model yang dibuat. Dengan dibangunnya masjid yang banyak maka akan mempermudah dalam melakukan aktivitasnya. Namun, Ternyata menghias masjid sendiri termasuk dalam tanda semakin dekat.

Dalil-Menghiasi-Masjid
Dalil-Menghiasi-Masjid

Banyaknya Minuman Keras

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Banyakny-Minuman-Keras
Gambar-Banyaknya-Minuman-Keras (Sumber: faktajabar.co.id)

Khamer atau biasa dikenal dengan minuman keras nantinya akan di anggap halal oleh umat muslim. Padahal, semua hal yang memabukan merupakan haram dan tidak boleh untuk di konsumsi. Pada tanda kiamat kecil ini, minuman berupa khamer menjadi halal dan boleh untuk di konsumsi. Dari Anas bin Malik Radhuyallahuu’Anhu mendengar Rasulullah SAW :

Dalil-Maraknya-Minuman-Keras
Dalil-Maraknya-Minuman-Keras

Riba Merajalela

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Riba-Merajalea
Gambar-Say-No-To-Riba (Sumber: visimuslim.org)

Kegiatan riba, merupakan salah satu yang diharamkan oleh Allah SWT. Barang siapa yang memulai riba maka akan mendapatkan dosanya. Kegiatan yang satu ini salah satu tanda akan hadirnya kiamat. Karena, dengan riba yang merajalela akan banyak seklai dosa yang ada. Tentu, sudah pasti akan ada azab yang datang nantinya.

Perzinaan Semakin bebas

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Perzinaan-Semakin-Bebas

Gambar-Perzinaan-Semakin-Bebas (Sumber: tasvirezendegi.com)

Perzinaan yang semakin bebas tentu akan mendapatkan dosa. Dimana, belum ada kehalanan dari pasangan yang melakukan hal buruk tersebut. Pergaulan bebas mendorong hal ini semakin berkembang di lingkungan masyarakat. Untuk itu, harus ada solusi yang diberikan agar tidak berkembang lagi. Karena, perzinaan termasuk tanda dari kiamat kecil.

Banyaknya Orang Kaya

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Banyaknya-Orang-Kaya
Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Kecil-Banyaknya-Orang-Kaya (Sumber: tanyanama.com)

Sebagai salah satu bagian dari kehidupan ini, ternyata banyaknya orang kaya justru menjadi tanda tanda dari kiamat kecil. Karena, hal ini berkaitan dengan perjalanan kehidupan nantinya. Oang yang bergelimang harta nantinya tetap tidak akan bersedekah kepada orang yang membutuhkannya.Termasuk pda hadits dari Abu hurairah RA bahwa Rasul SAW:

Dalil-Banyaknya-Orang-Kaya
Dalil-Banyaknya-Orang-Kaya

Artikel Tekait: qada dan qadar

Tanda Tanda Kiamat Besar (Kubro)

Selain tanda dari kiamat kecil, maka terdapat pula tanda untuk kiamat besar atau kubro. Kiamat besar ini berhubungan langsung pada seperti apa nantinya kiamat tersebut. Tanda tanda kiamat yang sudah muncul biasa saja terjadi. Berikut beberapa tanda-tandanya :

Munculnya Dajjal

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Munculnya-Dajjal
Gambar-Perumpamaan-Dajjal (Sumber: tribunnews.com)

Salah satu tanda dari kiamat besar ialah munculnya dajjal. Perlu di ketahui, bahwa kemunculan dajjal ini merupakan peristiwa yang terbesar. Kemunculan ini akan menyebabkan banyak peristiwa yang tidak berkenan untuk manusia. Dajjal akan membuat kerusuhan di dunia.  Dari Imran bin Husaian berkata, mendengar Rasulullah SAW bersabda :

Dalili-Munculnya-Dajjal
Dalil-Munculnya-Dajjal

Turunnya Nabi Isa AS

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Menara-An-Najah-Tempat-Turunnya-Nabi-Isa-AS
Gambar-Menara-An-Najah-Tempat-Turunnya-Nabi-Isa-AS (Sumber: an-najah.net)

Setelah munculnya Dajjal pada muka bumi ini, maka Allah SWT akan mengutus Nabi Isa As untuk kembali ke bumi. Sebagaimana umat muslim mengetahuinya, bahwa sesungguhnya Nabi Isa As sendiri tidak pernah meninggal sampai saat ini. Turunya nabi isa ke muka bumi ini tentu akan membunuh Dajjal, menghancurkan salib dan memerangi kaum yang kafir.

Munculnya Yajuj dan Majuj

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Munculnya-Yajuj-Majuj
Gambar-Perumpamaan-Yajuj-Majuj (Sumber: tribunnerws.com)

Yajuj dan majuj merupakan orang yang memiliki postur tidak biasa. Dahulu, Raja Zulkarnain yang berasal pada masa kenadian Ibrahim membangun sebuah dinding agar Yajuj Dan Majuuj tidak dapat melewatinya. Hingga kini, dipercaya masih dalam tempatnya dan belum dalam keluar. Pada hari akhir nanti, Yajuj dan Majuj akan keluar dari dinding tersebut.

Tiga Penenggelaman Bumi

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Tenggelamnya-Bumi
Gambar-Tenggelamnya-Bumi (Sumber: lymaly.wordpress.com)

Saat ini, memang sudah terjadi banyak fenome yang terjadi berupa bencana alam. Namun, masih belum diketahui bagaimana penenggelaman ini terjadi. Apakah untuk penenggelaman secara besar maupun kecil. Tentunya, hal ini akan terjadi nantinya secara bersamaan dan menghebohkan dunia. Saat itu, manusia tidak sadar bahwa hal tersebut ialah salah satu tanda tersebut.

Munculnya Kabut

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Munculnya-Kabut
Gambar-Muncul-Kabut (Sumber: suplierdagangansolo.blogspot.com)

Tanda berikutnya ialah munculnya kabut. Dimana, kabut yang muncul ini merupakan bagian dari salah satu tanda lagi yang mudah untuk dipahami. Kabut ini berbeda dari biasanya, karena adany kabut ini membawa pedih bagi kaum manusia. Hendaknya dengan hal ini harus lebih memahami arti kehidupan yang benar. Sebagaimana firman Allah SWT:

Dalili-Munculnya-Kabut
Dalil-Munculnya-Kabut

Matahari Terbit dari Barat

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Matahari-Terbit-Dari-Barat
Gambar-Matahari-Terbit-Dari-Barat (Sumber: ummi-online.com)

Setiap harinya, matahari terbit dari bagian timur. Namun, pada hari kiamat nanti matahari akan terbit ari arah sebaliknya yaitu barat. Terbitnya matahari dari arah abrat ini merupakan salah satu tandanya dari kiamat kubro. Tentunya, sebagai manusia kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberiakn. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

Dalil-Matahari-Terbit-dari-Barat
Dalil-Matahari-Terbit-dari-Barat

Munculnya Api Besar

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Munculnya-Api-Besar
Gambar-Munculnya-Api-Besar (Sumber: hoaxindonesia.blogspot.com)

Api yang besar ini muncul secara tiba tiba di hari kiamat. Api tersebutlah yang akan mengumpulkan seluruh manusia di negeri Syam. Dengan begitu, sudah sangat jelas bahwa nantinya manusia akan berkumpul menjadi satu di tempat tersebut. Sebagaimana yang disebutkan dari hadits berikut ini:

Dalili-Munculnya-Api-Besar
Dalil-Munculnya-Api-Besar

Ditiupnya Sangkakala

Gambar-Tanda-Tanda-Kiamat-Besar-(Kubro)-Ditiupnya-Sangkakala
(Sumber: akimlinovsisa.wordpress.com)

Pada hari kiamat nanti, malaikat Israil akan membunyikan terompet sangkakala. Tiupan pertama akan mengejutkan manusia. Kemudian, tiupan selanjutnya akan membinasaan manusia. Tiupan yang ketiga akan membangkitkan seluruh umat manusia. Sebagaimana di sebutkan pada hadits berikut ini:

Dalil-Ditiupnya-Sangkakala
Dalil-Ditiupnya-Sangkakala

Baca Juga: perbedaan zakat dan sedekah


Begitulah ulasan lengkap mengenai tanda tanda kiamat kecil dan besar (kubro) beserta gambarnya yang perlu anda ketahui. Bahwa dengan memahami tanda tanda diatas, sebaiknay sebagai manusia harus lebih paham akan apa yang terjadi nantinya. Dimana, selalu bersyukur dan bertobat setiap saat. Tidak terlalu berlebihan dalam menjalani kehidupan dunia ini, karena dunia hanyalah sementara. Semoga artikel ini bermanfaat!

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: