√ 7+ Stadion Terbesar di Dunia 2018 Lengkap dengan Gambar dan Kapasitasnya

Bagi kamu pecinta sepak bola, entah itu sebuah club atau negara. Menonton kesebelasan ksebanggan secara langsung merupakan pengalaman yang sangat menarik dan menimbulkan rasa puas tersendiri. Maka secara otomatis, stadion merupakan hal yang penting dalam perbincangan sepak bola. Jadi pada artikel ini, kita akan membahas tentang 10 Stadion Terbesar di Dunia 2018 Lengkap dengan Gambar dan Kapasitas.

Dan tahukah kamu? Bahwa salah satu dari 10 stadion terbesar di dunia adalah satdion yang berada di Indonesia loh. Lansung aja yuk kita lihat stadion apa saja sih yang masuk kedalam daftar 10 stadion terbesar di dunia ini.

10. Bukit Jalil National Stadium – Malaysia

Gambar Bukit Jalil National Stadium-Malaysia (87.411 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-10
Gambar Bukit Jalil National Stadium-Malaysia (87.411 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-10

Diurutan ke-10, dalam daftar 10 stadion terbesar di dunia, ada stadion dari negera tetangga nih. Yaitu stadion yang berada di Malaysia, tepatnya Bukit Jalil National Stadium.

Bukit Jalil National Stadium menjadi salah satu stadion sepak bola di Asia yang berhasil masuk kedalam daftar stadion sepakbola terbesar di dunia. Stadion yang bertempat di Kuala Lumpur, yang mana adalah ibu kota Malaysia ini didirikan pada tahun 1998. Selain stadion ini dijadikan sebagai kandang timnas sepak bola malaysia, sering juga sering digunakan untuk tempat perlombaan atletik loh.

Stadion yang berstatus milik pemrintahan Malaysia ini bisa menampung hingga 88.306 orang penonton. Timnas sepakbola kita juga pernah beberapa kali bermain stadion ini, apa kamu pernah kesini juga?

9. Gelora Bung Karno – Indonesia

Gambar Gelora Bung Karno (GBK) Stadium-Indonesia (88.306 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-9
Gambar Gelora Bung Karno (GBK) Stadium-Indonesia (88.306 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-9

Kali ini kita harus bangga kepada negara kita ini, bagaimana tidak? Salah satu stadion sepak bola negara kita bisa memasuki peringkat ke 9 dalam kategori stadion terbesar di Dunia.

Yup, tidak lain dan tidak bukan, satdion itu adalah Gelora Bung Karno. Dari namanya sudah dapat diketahui ya, bahwa pencetus pembuatnya adalah bapak Soekarno, sang presiden pertama Indonesia. Jika dibandingkan dengan stadion yang sebelumnya, stadion Gelora Bung Karno sudah ada sejak lama, yaitu pada tahun 1962. Dengan kapasita penonton mencapai 88.306 orang penonton, stadion ini sering kali digunakan tidak hanya untuk pertandingan sepak bola saja, bahkan kita bisa menyewanya juga.

Selain menjadi kandang timnas Indonesia, stadion ini juga menjadi kandang club ibu kota Indonesia, yaitu Persija.

Stadion Terbesar di Dunia ke-8

8. Rose Bowl Stadium – Amerika Serikat

Gambar Rose Bowl Stadium - Amerika Serikat (92.542 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-8
Gambar Rose Bowl Stadium – Amerika Serikat (92.542 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-8

Yang mendukuki peringkat ke-8 dari satdion terbesar di dunia adalah kandang dari club sepak bola LA Galaxy, di Amerika Serikat.

Rose Bowl Stadium tepatnya, selain menjadi markas club sepak bola Lose Angeles Galaxy, stadion ini juga merupakan kandang dari timnas Amerika Serikat. Stadion yang terletak di California ini pernah menjadi tuan rumah pada final piala dunia loh. Pada tahun 1994 dan 1999, tapi di tahun 1999 itu adalah final piala dunia khusus wanita. Selain itu stadion terbesar di dunia ke-8 ini pernah beberapa kali menjadi tempat olempiade musim panas. Juga 5 kali menjadi tuan rumah super bowl.

Rose Bowl Stadium ini bisa menampung hingga 92.542 orang penonton. Saking besarnya, stadion ini menjadi landmark kotanya, california.

7. Wembley Stadium – Inggris

Gambar, Wembley Stadium-Inggris (90.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-7
Gambar, Wembley Stadium-Inggris (90.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-7

Masuk keperingkat ke-7 stadion terbesar di Dunia. Nah, kalo yang ini kamu khususnya pecinta liga Inggris pasti sudah tidak heran lagi. Karena stadion ini merupakan yang terbesar di Inggris itu sendiri.

Wembley Stadium-lah stadion yang dimaksud, yaitu markas besar timnas Inggris. Bagaimana tidak besar? stadion ini dapat menampung hingga 90.000 orang penonton. Bahkan, lengkungan bajanya dibagian atap terkenal memiliki rentang 317 meter. Oleh sebab itulah stadion ini bisa menduduki peringkat ke-2 stadion terbesar di Eropa.

Stadion yang dibuka pada tahun 2007 ini adalah milik asosiasi sepak bola inggris, atau yang lebih dikenal dengan sebutan FA.

Stadion Terbesar di Dunia ke-6

6. Azadi Stadium – Iran

Gambar Azadi Stadium-Iran (95.225 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-6
Gambar Azadi Stadium-Iran (95.225 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-6

Stadium timnas negara Iran, Azadi Stadium, yang merupakan kandang klub sepak bola Persepolis FC dan Esteghlal FC. Berhasil menempati peringkat ke-6 dalam stadion terbesar di dunia.

Pada tahun 1974, Azadi Stadium pernah menjadi tuan rumah dalam penyelengaraan Asian Games. Dengan kapasitasnya yang bisa mencapai 95.255 orang penonton ini membuat Stadion ini menjadi stadion terbersar di Timur Tengah.  Bahkan, pernah tercatat bahwa Azadi Staduim pernah menampung penonton lebih dari kapasutasnya, tepatnya 100.000 orang penonton. Wow, tidak heran ya stadion ini bisa menjadi peringkat ke-6 stadion terbesar di Dunia.

Kota Tehran, di Negara Iran menjadi tempat Azadi Stadium perdiri dengan gagah.

Stadion Terbesar di Dunia ke-5

5. FNB Stadium – Afrika Selatan

Gambar FNB Stadium-Afrika Selatan. (94.736 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-5
Gambar FNB Stadium-Afrika Selatan. (94.736 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-5

Yang ke-5 dalam stadion terbesar di Dunia, memiliki sejarah yang sangat penting. Bersejarah bukan hanya bagi Afrika Selatan, tapi juga bagi dunia. Karena Stadion ini merupakan tempat Nelson Mandela pertama kali berbicara di khalayak umum pada tahun 1990 (setelah keluar dari penjara).

Sebenarnya stadion ini telah dibuka dari tahun 80an loh, tapi pada tahun 2010 ditupup untuk pelaksanaan renovasi. Sebelum itu  Soccer City atau yang lebih dikenal dengan FNB stadium ini pernah menjadi tuan rumah piala dunia pada tahun 2010. Yang dimana waktu itu piala dunia sangat meriah sekali, dengan ditambah lagi lagunya yang populer dimana-mana.

Dan finalnya adalah Spanyol melwan Belanda, yang dimenangkan Spanyol hanya dengan skor 1-0.

4. Estadio Azteca – Meksiko

Gambar Estadio Azteca-Meksiko (98.500 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-4
Gambar Estadio Azteca-Meksiko (98.500 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-4

Tidak hanya sekali namun dua kali menjadi tempat diselenggarakannya final World Cup sejak pertama kali dibuka pada tahun 1966. Stadion besar yang berada di kota Meksiko ini bernama Estadio Azteca. Stadion inilah yang menjadi tempat terjadinya gol tangan Tuhan yang dilakukan oleh Diego Maradona.

Stadion ini telah menjadi saksi bisu terjadinya sejumlah pertandingan penting baik itu dari sepakbola dan juga olimpiade musim panas. Dengan kapasitas stadion yang mencapai 98.500 penonton, membuat stadion kebanggaan warga Meksiko ini menjadi stadion sepakbola terbesar ke-4 di dunia.

3. Camp Nou – Spanyol

Gambar Camp Nou-Spanyol (99.354 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-3
Gambar Camp Nou-Spanyol (99.354 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-3

Tiba diurutan ke-3, inilah stadion terbesar di Spanyol dan juga stadion yang menjadi rumah bagi klub raksasa Spanyol, Barcelona. Di lapangan inilah telah banyak pemain bintang dunia seperti Johan Cruyff, Luis Figo, dan Lionel Messi beraksi menggiring bola. Stadion Camp Nou dibuat secara khusus di bawah permukaan tanah.

Stadion yang menjadi kebanggaan Spanyol ini dapat menampung hingga 99.354 penonton. Camp Nou resmi dibuka pada tahun 1957 kemudian diperbesar pada tahun 1982. Pada tahun 2008, stadion ini mengalami perbaikan untuk menjaga kualitas dari stadion.

Stadion Terbesar di Dunia ke-2

2. Salt Lake Stadium – India

Gambar Salt Lake Stadium-India (120.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-2
Gambar Salt Lake Stadium-India (120.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-2

Dibangun pada tahun 1984, stadion terbesar ke-2 di dunia juga dikenal dengan nama Yuva Bharati Krirangan. Inilah stadion sepakbola yang menjadi rumah dari klub sepakbola East Bengala dan Mohun Bagan. Terkadang stadion ini juga menjadi tuan rumah tempat dilangsungkannya pertandingan yang melibatkan timnas India.

Stadion ini pernah menjadi tempat dilangsungkannya pertandingan persahabatan bersejarah antara Argentina dan Venezuela. Tempat ini juga yang menjadi stadion tempat terakhir Oliver Khan bermain, Oliver Khan adalah kiper legendaris asal Jerman. Dengan kapasitas 120.000 penonton, Salt Lake Stadium tidak hanya menjadi lapangan sepakbola saja melainkan sejumlah perlombaan ateltik juga dilakukan disini.

Stadion Terbesar di Dunia ke-1

1. Rungrado 1st of May Stadium – Korea Utara

Gambar Rungrado 1st of May Stadium-Korea Utara (150.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-1
Gambar Rungrado 1st of May Stadium-Korea Utara (150.000 Penonton), Stadion Terbesar di Dunia ke-1

Jika kalian menganggap ke-9 stadion diatas sudah luar biasa besar, masih ada 1 lagi stadion yang memiliki kapasitas penonton yang luar biasa banyak yaitu Rungrado 1st of May Stadium. Stadion Rungrado ini adalah stadion terbesar di Korea Utara dan sekaligus terbesar di dunia dengan kapasitas penonton mencapai 150.000.

Tidak cuma menjadi stadion diselenggarakan pertandingan sepakbola, stadion besar ini juga sering menjadi tempat diselenggarakan perlombaan atletik. Stadion Rungrado selesai dibangun pada 1 Mei 1989. Terkadang di stadion ini juga menjadi stadion tempat diadakannya Arirang Festival dimana di dalamnya termasuk gymnastic dan festival artis.

49 Daftar Stadion Terbesar di Dunia

Ada bonus nih, berikut adalah tabel 49 daftar stadion sepak bola terbesar di Dunia bedasarkan kapasitasnya. Perlu diketahui bahwa dibawah ini ada beberpa stadion yang hanya dihunakan khusus untuk pertandingan derby (club di kota yang sama) saja. Yuk langsung cek aja, siapa tau stadion club kebanggaan kamu masuk kedalam 49 stadion terbesar di Dunia ini.

No Stadion Kapasitas Kota Negara Pemakai
1 Hari Buruh Rungrado 150.000 Pyongyang Bendera Korea Utara Korea Utara Tim nasional
2 Stadion Salt Lake 120.000 Kolkata Bendera India India East Bengal Club, Mohammedan SC, Mohun Bagan AC, tim nasional
3 Stadion Azteca 105.000 Mexico City Bendera Meksiko Meksiko América, tim nasional
4 Melbourne Cricket Ground 100.000 Melbourne Bendera Australia Australia Tim nasional
5 Stadion Azadi 100.000 Tehran Bendera Iran Iran Tim nasional, Esteghlal FC, Persepolis
6 Stadion Nasional Bukit Jalil 100.000 Kuala Lumpur Bendera Malaysia Malaysia Tim nasional
7 Camp Nou 98.772 Barcelona Bendera Spanyol Spanyol FC Barcelona
8 Maracanã 96.000 Rio de Janeiro Bendera Brasil Brasil CR Flamengo, Fluminense FC
9 Stadion Nasional Beijing 91.000 Beijing Bendera Republik Rakyat Tiongkok Republik Rakyat Tiongkok Final turnamen sepak bola pria Olimpiade Beijing 2008
10 Wembley Stadion 90.000 Kota London Bendera Inggris Inggris Final Piala FA, Timnas Inggris
11 Peringatan Isidro Romero Carbo 89.930 Kota Guayaquil Bendera Ekuador Ekuador Barcelona Sporting Club
12 Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) 88.306 Jakarta Bendera Indonesia Indonesia Persija Jakarta, Timnas Indonesia
13 Stadion 5 Juli 84.000 Kota Aljir Bendera Aljazair Aljazair Club Aljazair
14 Stadion ANZ 83.500 Sydney Bendera Australia Australia Tim nasional
15 Olimpiyskiy 83.450 Kiev Bendera Ukraina Ukraina Tim nasional, Dynamo Kiev, Arsenal Kiev
16 Stadion Giuseppe Meazza (San Siro) 82.955 Milan Bendera Italia Italia A.C. Milan, F.C. Inter
17 Croke Park 82.300 Dublin Bendera Republik Irlandia Irlandia Tim nasional
18 Stadion Olimpiade Roma 82.300 Roma Bendera Italia Italia A.S. Roma, S.S. Lazio
19 Stadion Olimpiade Atatürk 81.283 Istanbul Bendera Turki Turki İstanbul Büyükşehir Belediyespor, Galatasaray SK, Tim nasional
20 Signal Iduna Park 81.264 Dortmund Bendera Jerman Jerman Borussia Dortmund
21 Stadion Shah Alam 80.372 Shah Alam Bendera Malaysia Malaysia Selangor FA
22 Stadion Santiago Bernabéu 80.354 Madrid Bendera Spanyol Spanyol Real Madrid
23 Stadion Giants (The Meadowlands) 80.242 East Rutherford Bendera Amerika Serikat Amerika
Serikat
New York Giants, New York Jets, Red Bull New York
24 Stadion Monumental 80.093 Kota Lima Bendera Peru Peru Universitario de-Deportes
25 Stadion Guangdong 80.012 Kota Guangzhou Bendera Republik Rakyat Tiongkok Tiongkok Olimpiade sepak bola 2008
26 Stadion Borg El-Arab 80.000 Alexandria Bendera Mesir Mesir Timnas Mesir
27 Stadion Morumbi 80.000 Sao Paulo Bendera Brasil Brasil Club Sao Paulo
28 Stadion 11 Juni 80.000 Tripoli Bendera Libya Libya Tim nasional, Al-Ahly, Al-Ittihad, Al Madina Tripoli
29 Stade des Martyrs 80.000 Kinshasa Bendera Republik Demokratik Kongo RD Kongo Tim nasional
30 Stadion Shanghai 80.000 Shanghai Bendera Republik Rakyat Tiongkok Republik Rakyat Tiongkok Turnamen sepak bola Olimpiade 2008
31 Stade de France 80.000 Saint-Denis Bendera Perancis Perancis Tim nasional
32 Stadion Arrowhead 79.451 Kansas City Bendera Amerika Serikat Amerika
Serikat
Kansas City Chiefs, Kansas City Wizards
33 Stadion Luzhniki 78.360 Moskwa Bendera Rusia Rusia Torpedo Moskwa, Spartak Moskwa
34 Stadion San Paolo 78.210 Naples Bendera Italia Italia Napoli
35 Stadion Jawaharlal Nehru 78.000 New Delhi Bendera India India Beberapa pertandingan Liga India
35 Soccer City 78.000 Johannesburg Bendera Afrika Selatan Afrika Selatan Tim nasional
36 Stadion Centenario 76.609 Montevideo Bendera Uruguay Uruguay Tim nasional
37 Old Trafford 76.212 Manchester Bendera Inggris Inggris Manchester United
38 Stadion Internasional Aleppo 75.000 Aleppo Bendera Suriah Suriah Al-Ittihad dan beberapa pertandingan tim nasional
39 Stadion Millennium 74.500 Cardiff Bendera Wales Wales Tim nasional
40 Stadion Olimpiade 74.228 Berlin Bendera Jerman Jerman Hertha Berlin
41 Stadion Internasional Kairo 74.100 Kairo Bendera Mesir Mesir Tim nasional, Al-Ahly, El Zamalek
42 Stadion Internasional Yokohama 72.327 Yokohama Bendera Jepang Jepang Yokohama F. Marinos
43 Stadion Parque do Sabiá 72.000 Uberlândia Bendera Brasil Brasil Uberlândia Esporte Clube
44 Stadion Mineirão 71.860 Belo Horizonte Bendera Brasil Brasil Clube Atlético Mineiro, Cruzeiro
45 Stadion Olimpiade Athena 71.030 Athena Bendera Yunani Yunani Tim nasional, AEK Athena, Panathinaikos
46 Stadion Yadegar-e-Emam 71.000 Tabriz Bendera Iran Iran Beberapa pertandingan Teraktor Sazi
47 Castelão 70.000 São Luís Bendera Brasil Brasil Sampaio Corrêa, Moto Club, Maranhão
48 Stadion Kim Il-Sung 70.000 Pyongyang Bendera Korea Utara Korea Utara Tim nasional, Grup Olahraga Kota Pyongyang
49 Allianz Arena 69.901 München Bendera Jerman Jerman Bayern München, 1860 München

Gimana? ada ga club kebanggaan kamu di tabel 49 daftar stadion sepak bola terbesar di Dunia bedasarkan kapasitasnya? Komen dibawah jika ada!

Gambar Stadion Terbesar di Dunia
Gambar Stadion Terbesar di Dunia

Penutup

Itulah tadi seputar tentang 10 Stadion Terbesar di Dunia 2018 Lengkap dengan Gambar dan Kapasitas. Juga 49 daftar stadion sepak bola terbesar di Dunia bedasarkan kapasitasnya.

Silahkan share ke teman kamu yang juga menyukai sepak bola. Tanyakan apa club kebanggan mereka juga masuk kedalamnya. Dan like jika kamu menyukai artikel seperti. Boleh request juga loh jika kamu punya usul, dengan cara berkomentar dibawah.

Semoga bermanfaat, terimakasih.. 😀

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: