5 Rukun Islam Lengkap dengan Pengertian dan Penjelasannya

Rukun Islam merupakan dasar dari Agama Islam yang harus dipahami oleh semua muslimin. Hal ini karena memang untuk menjadi seorang muslim sejati sangat diperlukan adanya pengetahuan rukun ini agar menjadi sempurna ke-Islamannya. Oleh karena itu kita akan membahas, 5 rukun Islam lengkap dengan pengertian dan penjelasannya.

Rukun Islam sendiri sebenarnya sangat mudah untuk dipahami.

Bukan hanya mudah dipahami, bahkan 5 rukun Islam juga sejatinya mudah untuk diamalkan. Karena tidak terdapat banyak elemen yang membutuhkan gerak terlalu banyak ataupun gerakan seperti layaknya kerja keras.

Oleh karena itu akan menjadi lucu jika banyak orang yang beranggapan bahwa rukun Islam atau Agama Islam adalah agama yang sulit diamalkan.

Karena pada dasarnya semuanya mudah.

Namun meskipun mudah, tetap saja membutuhkan kesabaran serta keseriusan yang tinggi. Hal ini karena menjalani dan mendalami rukun Islam sendiri memang banyak membutuhkan kekuatan spiritual dan juga keikhlasan dalam setiap detik amal shaleh yang kita jalankan.

Artikel terkait: rukun iman

Gambar Pengertian Rukun Islam
Gambar Kitab Suci Agama Islam, Al-qur’an -tribunnews

Pentingnya Mempelajari 5 Rukun Islam

Kenapa 5 rukun Islam menjadi penting untuk diamalkan?

Hal itu disebabkan karena rukun ini menjadi salah satu penentu apakah seseorang  sudah benar-benar Islam atau belum. Oleh karena itulah semua orang muslim harus sangat paham akan Agama Islam dan khususnya adalah rukun Islam sendiri.

Tanpa memahami 5 rukun Islam atau tanpa mengamalkan rukun tersebut, maka seseorang belum bisa disebut memiliki keIslaman yang sesungguhnya.

Maka untuk kamu yang masih belum memehami bagaimana itu rukun Islam, maka sebaiknya segera dipelajari dengan serius dan juga segera diamalkan agar menjadi muslim yang sejati dan sesungguhnya.

Gambar Rukun Islam Ada 5
sumber: sunnah4holland

Pembagian 5 Rukun Islam

Rukun Islam ada 5. Hal inilah yang disepakati oleh para ulama di seluruh dunia. Bahkan juga rukun Islam berjumlah 5 ini dirumuskan dari hadist Rasululullah yang didatangi oleh malaikat jibril AS.

Di dalam hadist tersebut, Rasulullah bukan hanya menjelaskan tentang Islam saja, akan tetapi juga menjelaskan tentang iman dan ihsan. Tentunya ini adalah berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan oleh malaikat jibril pada saat itu.

Oleh karena itu, yang perlu kamu ingat adalah bahwa rukun Islam itu jumlahnya da 5.

Adapun beberapa pembagian rukun Islam ada berjumlah 5 itu adalah sebagai berikut:

5 Rukun Islam

Berikut ini adalah 5 rukun islam:

  1. Mengucap dua kalimat syahadat
  2. Mendirikan sholat
  3. Puasa di bulan ramadhan
  4. Membayar Zakat
  5. Dan, Pergi Haji
Gambar 5 Rukun Islam
Gambar 5 Rukun Islam. -adnazari.blogspot

1. Mengucap Dua Kalimat Syahadat

Mengucap dua kalimat Syahadat adalah menjadi rukun Islam yang pertama. Sehingga orang muslim yang ingin menjadi muslim sejati ataupun seorang mualaf yang ingin menjadi muslim harus terlebih dahulu berucap dua kalimat syahadat.

Memangnya bisa menjadi muslim walaupun hannya dengan ucapan?

Jawabannya adalah bisa.

Karena dengan mengucap dua kalimat syahadat itu kita telah mengaku kepada Allah bahwa kita adalah hambanya dan tidak ada tuhan lain selain Allah. Dan kita juga telah mengaku kepada Allah bahwa Rasulullah Muhammad adalah utusan Allah.

Semudah itukah jika ingin masuk Islam?

Memang benar hanya semudah itu. Maka jangan heran bahwa menjadi seorang muslim adalah mudah dan sangat banyak yang mengamalkannya. Kamu juga tidak perlu heran dengan kemudahan ini, karena pada dasarnya agama Islam memang mudah.

Apalagi untuk urusan fisik, Allah tidak memberatkan hamba-nya dengan melakukan berbagai hal yang mengharuskan kerja fisik terlalu berat. Oleh karena itu, hanya dengan mengucap dua kalimat Syahadat ini maka seseorang telah resmi menjadi seorang muslim.

Tentunya jika ingin menjadi muslim yang lebih sempurna lagi, maka yang dilakukan adalah mengucap dua kalimat syahadat diikuti dengan hati yang bersih dan yakin kepada Allah. Sehingga agama  bukan hanya di lidah saja, melainkan juga di hati.

Gambar Rukun Islam ke-1, Mengucap 2 Kalimat Syahadat
Gambar Rukun Islam ke-1, Mengucap 2 Kalimat Syahadat. -zonamerah

2. Mendirikan Shalat

Rukun Islam yang kedua adalah shalat. Shalat ini menjadi kewajiban bagi seluruh muslim dan muslimah di seluruh dunia, dan memang setiap muslim harus mengerjakannya dengan sepenuh hati.

Shalat adalah rangkaian ibadah yang diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam. Oleh karena itu bagi kamu yang hendak melakukan ibadah shalat, maka pastika kamu sudah melakukannya dari niat hingga salam.

Tentu tidak sah seseorang mengerjakan ibadah shalat apabila tidak melakukan rangkaian ibadahnya dari niat hingga salam.

Meskipun kamu sudah niat dan hampir salam namun belum mengerjakan salam, maka shalat tetap dianggap tidak sah.

Maka dari itu kita harus serius dalam mengerjakan shalat.

Shalat sendiri di bagi dalam 5 waktu setiap hari. Adapun pembagian shalat adalah sebagai berikut:

No Sholat Waktu
1 Shubuh subuh atau sebelum terbitnya matahari
2 Dzuhur siang hari
3 Ashar sore hari
4 Maghrib pergantian sore ke malam
5 Isya’ malam hari

Jika kamu telah menjadi seorang muslim, maka pastikan bahwa kamu telah mengerjakan juga amalan shalat ini dan harus 5 waktu dalam sehari. Apabila kamu hanya mengerjakan 3 atau 4 saja, maka belum sempurna ibadah shalat yang kamu kerjakan dalam satu hari tersebut.

Shalat ini juga merupakan sarana untuk kita, agar selalu terus mengingat Allah dalam 1 hari penuh.

Semoga Allah memudahkanmu untuk mengerjakan ibadah shalat ini.

Gambar Rukun Islam ke-2, Mendirikan Sholat
Gambar Rukun Islam ke-2, Mendirikan Sholat -palembang.tribunnews

3. Puasa di Bulan Ramadhan

Rukun Islam yang ke tiga adalah mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan. Puasa di Bulan Ramadhan menjadi salah satu amalan yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim dan muslimah di seluruh dunia dari dulu sejak Nabi Muhammad SAW.

Banyak sekali faedah dari berpuasa ini.

Diantaranya adalah memberikan waktu istirahat kepada lambung untuk bekerja terlalu full dalam satu bulan itu dibandingkan dengan pekerjaan mengelola makakan di bulan-bulan lainnya.

Puasa bulan ramadhan telah menjadi ajang untuk mendapatkan kesehatan juga yang dilakukan oleh muslim dan muslimah. Bahkan dikalangan non muslim pun sudah sangat mengakui bahwa berpuasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan kuat, hingga ada yang sampai ikut berpuasa juga loh.

Oleh karena itu marilah kita serius dalam berpuasa.

Gambar Rukun Islam ke-3, Puasa di Bulan Ramadhan
Gambar Suasana Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadhan. -abiummi

4. Membayar Zakat

Rukun Islam yang ke 4 adalah membayar zakat. Membayar zakat merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap muslim dan muslimah. Zakat adalah sebagian dari harta kita yang merupakan hal dari orang lain.

Oleh karena itu hakikat dari membayar zakat tentunya adalah membayarkan yang memang bukan menjadi hak kita. Akan tetapi menjadi hak dari orang lain.

Jumlah dari zakat pun tidak banyak.

Umumnya zakat hanya dibayarkan sebanyak 2,5 % saja. Itu tentu saja merupakan jumlah atau angka yang sangat sedikit dibandingkan dengan angkat 25% misalnya. Atau angka angka lainnya.

Sehingga pada dasarnya membayar zakat tidak akan memberatkan kamu muslimin karena jumlahnya sangat sedikit. Namun jumlah sedikit itu jika dikelola dengan baik dan semua kamu muslimin mengerjakannya, maka Insya Allah hal ini akan sangat membantu perekonomian negara.

Oleh karena itu untuk menjadi seorang muslim yang benar, kamu juga harus membayar zakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku ya.

Gambar Rukun Islam ke-4, Membayar Zakat
Gambar Rukun Islam ke-4, Membayar Zakat. -seekershub

5. Menunaikan Haji (Jika Mampu)

Adapun rukun Islam yang ke 5 adalah berangkat haji, jika mampu. Perlu diluruskan bahwa naik haji jika mampu ini adalah rukun Islam yang bisa dilakukan dengan modal uang atau sebagainya. Sehingga Islam tidak memberatkan kamu jika kamu tidak mampu.

Begitulah indahnya Islam.

Islam tidak mewajibkan sesuatu yang tidak mampu dikerjakan atau tidak memiliki modal untuk melakukannya. Maka jangan khawatir jika kamu tidak mampu berangkat hati karena ketiadaan uang. Namun jika kamu memiliki uang yang lebih untuk mengerjakan haji, maka segera lakukanlah.

Jika kamu mampu dan menunda-nunda berangkat haji karena alasan malas atau takut habis uang, maka kamu bertanda sudah ragu dengan Islam itu sendiri.

Artikel Terkait: perbedaan haji dan umroh

Gambar Rukun Islam ke-5, Pergi Haji
Gambar Rukun Islam ke-5, Pergi Haji. -veteranstoday

Orang yang Wajib Mengamalkan Rukun Islam

Apakah semua orang wajib mengamalkan 5 rukun Islam?

Secara umum semua orang wajib untuk mangamalkan 5 rukun Islam. Namun tentu saja ada pengecualian kepada anak kecil, atau orang gila. Tentu saja mereka tidak bisa kita paksakan untuk mengamalkan semua rukun Islam karena memang kondisinya yang tidak memungkinkan.

Oleh karena itu para ulama telah merumuskan bahwa syarat sah Islam adalah sebagai berikut:

  • Baligh (Cukup umur)
  • Mumayyiz (Bisa membedakan benar dan salah)
  • Berakal

Jika seseorang tidak memenuhi unsur berikut, maka akan dimaafkan jika belum melakukan ibadah ibadah yang berupa rukun Islam. Akan tetapi untuk anak-anak sangat dianjurkan untuk diajarkan sedini mungkin untuk membiasakan mereka berbuat baik dan menjadi muslim yang sejati.

Gambar rukun islam dan penjelasannya
Gambar Suasana Hari Raya Islam, Idul Fitri.

Akibat tidak mengamalkan Rukun Islam

Untuk bab ini, tentunya kamu jangan pernah sekalipun untuk mencoba meninggalkan 5 rukun Islam ini. Karen dosanya sangatlah besar. Akan tetapi bagaimana jika lupa dan sebagainya?

Maka para ulama membahas ini secara rinci dan sangat dalam tentunya tentang perkara bagaimana jika seseorang tidak mengamalkan 5 rukun Islam.

Jika tidak melakukan syahadat, maka tentu saja seseorang secara dhahir belum bisa disebut sebagai Islam atau muslim. Oleh karena itu jika kamu melakukan ibadah shalat, puasa dan sebagainya namun belum mengucapkan kalimat syahadat. Maka amalmu menjadi sia-sia karena syahadat merupakan hal yang sangat wajib diucapkan.

Namun jika kamu tidak mengerkan shalat, ada perbedaan ulama. Dalam Mazhab Syafi’i, jika kamu tidak mengerjakan shalat karena alasan malas atau lelah, maka hal ini tidak membuat kamu menjadi kafir. Tetapi dosa yang sangat besar dan kamu harus segera mengerjakannya.

Kalaupun tertinggal, maka kamu harus segera mengganti shalatmu.

Akan tetapi jika kamu tidak mengerjakan shalat karena berkeyakinan bawah “shalat itu tidak wajib”, maka kamu menjadi kafir seketika.

Demikian juga hukum seperti shalat ini juga berlaku untuk 5 rukun Islam lainnya seperti zakat, berangkat haji, dan puasa. Maka lakukanlah semua rukun ini dengan sempurna.

Gambar Rukun Islam Adalah
Gambar Masjid Nabawi, Madinah. -ramallah

Bagaimana jika belum sempurna mengerjakan 5 rukun Islam

Ada sebagian orang yang baru masuk Islam ataupun sudah masuk Islam sejak lama namun belum sempurna mengerjakan shalat atau ibadah wajib lainnya. Lalu bagaimanakan Islamnya? Apakah dia menjadi kafir atau tidak?

Dalam hal ini, adalah dimaafkan jika kita belum sempurna mengerjakan ibadah wajib dengan syarat bahwa kiat selalu masih belajar. Jadi belajarnya tidak boleh ditinggal. Meskipun kita masih belum sempurna atau belum bisa, maka teruslah ibadah dan belajar.

Karena Allah akan mengampuni orang yang masih belajar.

Namun jika kita tidak belajar, tentu saja hal ini menjadi dosa besar untuk kita jika melakukan ibadah dengan tidak benar. Apalagi jika kita tidak memiliki niat untuk belajar. Maka belajarlah secara terus menerus.

Dengan belajar terus menerus, maka Allah akan memberikan maafnya, dan juga akan dimudahkan dalam beramal serta memiliki ilmu yang bermanfaat untuk ibadah kamu nantinya.

Baca Juga: cara membayar fidyah


Begitulah pembahasan kita tentang 5 rukun Islam lengkap dengan pengertian dan penjelasannya. kali ini, semoga kita selalu mendapat perlindungan dan keridhoan dari Allah SWT. Aamiin.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: