5 Perbedaan Zakat Dan Sedekah Yang Wajib Kamu Ketahui

Perlu kamu ketahui bahwa zakat dan sedekah merupakan dua amalan yang hampir sejenis, hal inilah yang membuat anggapan orang sedikit salah terhadap pengertian zakat dan sedekah. Padahal kalau kamu ketahui ada beberapa hal yang membedakan antara zakat dan sedekah. Nah pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan apa saja perbedaan zakat dan sedekah.

Perbedaan Zakat Dan Sedekah

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika kedua amalan ini memiliki perbedaan. Sedikitnya ada 4 hal yang membedakan antara zakat dan sedekah, mulai dari hukumnya, orang yang berhak menerima, waktu pembayaran, dan jumlah materi yang harus dibayarkan. Secara umumnya ke empat aspek tersebut sudah kami rangkum dalam bentuk tabel dibawah ini.

Perbedaan Zakat Sedekah
Hukum Hukumnya adalah wajib Hukumnya adalah sunnah
Orang yang berhak menerima Ditujukan untuk 8 golongan Ditujukan untuk kaum fakir dan miskin
Waktu pembayaran Sudah ditentukan waktunya Bisa dilakukan kapan saja
Jumlah yang dibayarkan Sudah ditentukan jumlahnya Sesuai dengan kemampuan yang dimiliki asalkan ikhlas
Gambar-perbedaan-zakat-infaq-sedekah
Gambar-perbedaan-zakat-infaq-sedekah (sumber: wajibbaca.com)

Baca Juga: qada dan qadar

Untuk pembahasan yang lebih terperinci dan lengkap yaitu sebagai berikut:

Pengertian Zakat Dan Sedekah

Ini merupakan hal paling mendasar yang membedakan antara zakat dan sedekah. Zakat sendiri menurut Bahasa yaitu lughat yang berarti tumbuh, berkah dan berkembang atau bisa diartikan juga sebagai membersihkan dan mensucikan. Sedangkan menurut istilah zakat adalah kewajiban atas hartanya dalam waktu tertentu dan untuk kelompok tertentu.

Secara mudahnya zakat berarti membesihkan dan mensucikan diri atas semua harta yang didapatkannya untuk diberikan kepada orang yang berhak menerimanya. Karena memang segala bentuk yang kita miliki di dunia sifatnya hanyalah sementara, dan suatu saat nanti akan kembali ke Sang Pencipta.

Sementara untuk pengertian sedekah yaitu memberi derma, baik dalam bentuk harta atau sesuatu lainnya. Tidak melulu sedekah harus dengan harta, namun menyedekahkan barang lain seperti takbir, setiap tahmid, setiap amar ma’ruf nahi mungkar, dan menyalurkan syahwatnya kepada istri. Hal ini terdapat dalam sebuah Hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Muslim.

Gambar-Penegertian-Zakat-dan-Sedekah
Gambar-Penegertian-Zakat-dan-Sedekah (sumber: ishfah7.wordpress.com)

Artikel Populer:

sifat sifat allah

> kitab kitab allah

Perbedaan Berdasarkan Hukumnya

Perbedaan zakat dan sedekah yang pertama yaitu terletak pada hukum zakat dan sedekah. Dalam hal ini seperti yang kita ketahui bahwa zakat merupakan salah satu rukun islam, sehingga sudah bisa dipastikan bahwa hukum zakat adalah wajib untuk semua umat muslim. Zakat sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Hal ini juga terdapat dalam Firman Allah:

“ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat tersebut, kamu membershikan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu tersebut dapat menjadi ketentraman untuk jiwa mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui (Q.S. At-Taubah ayat 103)

Sementara untuk hukum dari sedekah yaitu Sunnah, dengan kata lain bagi yang melakukan akan mendapat pahala, jika tidak melakukan tidak mendapat dosa. Namun hal ini lebih utama dilakukan bagi mereka yang dengan ikhlas dalam mensedekahkan hartanya, jika mereka benar-benar ikhlas sungguh luar biasa kemuliaan yang akan mereka dapat di sisi Allah SWT.

Gambar-Hukum-Zakat-dan-Sedekah
Gambar-Hukum-Zakat-dan-Sedekah (sumber: blogkhususdoa.com)

Baca Juga: perbedaan haji dan umroh

Perbedaan Berdasarkan Orang Yang Berhak Menerima

Perbedaan kedua antara zakat dan sedekah yaitu terletak pada kelompok atau golongan apa saja yang berhak menerimanya. Mungkin untuk orang yang berhak menerima zakat sudah tidak asing lagi ditelinga kita yaitu ditujukan untuk 8 golongan yang meliputi, fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, orang berhutang, orang yang berjuang di jalan Allah, dan musafir.

Hal ini juga terdapat dalam sebuah Firman Allah dalam Q.S AT-Taubah ayat 58-60 yang artinya “ Sesungguhnya zakat-zakat itu hanya diberikan untuk fakir, mskin, amil, muallaf yang dirayu hatinya, hamba sahaya, orang-orang yang berutang, orang yang berjuang di jalan Allah SWT, serta musafir atau orang yang kehabisan bekal dalam perjalanan”.

Sedangkan untuk orang yang berhak menerima sedekah yaitu ditujukan dan dibagikan kepada siapa saja. Namun dalam hal ini akan lebih utama lagi jika diberikan kepada orang yang kurang mampu, baik dari golongan fakir dan golongan orang-orang miskin. Tapi sekali lagi hal ini harus dilakukan dengan niat yang ikhlas.

Gamabar-8-Orang-yang-Berhak-Menerima-Zakat
Gamabar-8-Orang-yang-Berhak-Menerima-Zakat (sumber: ddbanten.org)

Perbedaan Waktu Pembayaran

Untuk waktu pembayarannya sendiri antara zakat dan sedekah juga berbeda, dimana untuk zakat sendiri pembayarannya sudah ditentukan. Baik halnya dengan zakat fitrah atau zakat mal, untuk zakat fitrah dibayarkan pada bulan Ramadhan sampai menjelang sholat idul fitri. Sedangkan zakat mal dibayarkan ketika sudah mencapai nisab dan haulnya.

Lain halnya dengan waktu pembayaran sedekah sendiri yang bisa dilakukan kapanpun kita mau. Karena memang rezeki setiap orang berbeda-beda, jadi dalam hal ini ketika kamu memiliki rezeki yang lebih maka kamu bisa mensedehkan sedikit rezekimu untuk mendapat kemuliaan di sisi Allah SWT.

Gambar-Waktu-Berzakat-dan-Bersedekah
Gambar-Waktu-Berzakat-dan-Bersedekah (sumber: ijtihadnet.com)

Orang Lain Juga Membaca: perbedaan nabi dan rasul

Perbedaan Jumlah Yang Harus Dibayarkan

Perbedaan zakat dan sedekah selanjutnya yaitu terletak pada berapa jumlah yang harus dibayarkan, untuk jumlah zakat yang harus dibayarkan yaitu sudah ditentukan. Untuk jumlah zakat fitrah sendiri yang harus dibayarkan yaitu sebanyak 2,5 Kg beras atau sesuatu yang setara dengan nilai tersebut.

Sedangkan untuk zakat mal yang harus dibayarkan pada umumnya yaitu sebesar 2,5% selama setahun tergantung dari nisab dan haulnya. Sementara untuk sedekah sendiri tidak ada batasan harus berapa membayarnya, yang terpenting yaitu kita memberikannya dengan keihklasan dan kemampuan yang kita miliki.

Gambar-Pengeluaran-Zakat
Gambar-Pengeluaran-Zakat (sumber: abiummi.com)

Persamaan Zakat Dan Sedekah

Jika sebelumnya kami memberikan beberapa perbedaan zakat dan sedekah, maka tidak ada salahnya kamu mengetahui persamaan zakat dan sedekah. Salah satunya yaitu terletak pada hal berikut ini:

Tujuan Zakat Dan Sedekah

  • Membantu dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh mustahiq, gharim, ibnu sabbill, dll.
  • Mengangkat derajad fakir miskin dan membantunya agar keluar dari kesulitan hidup dan penderitaan.
  • Menghilangkan sifat dengki, kikir, da nisi hati.
  • Menjembatani jurang pemisah antara golongan orang kaya dengan orang miskin.
  • Membentangkan serta membina tali persaudaraan sesama kaum muslim dan manusia pada umumnya.

Hikmah Zakat Dan Sedekah

  • Mensyukuri karunia yang diberikan Allah SWT, dan menumbuh suburkan harta dan pahala serta membersihkan diri dari sifat dengki, kikir dan iri hati.
  • Mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang ditandai dengan adanya hubungan seseorang dengan yang lain bisa hidup rukun, damai, dan harmonis. Sehingga kehidupan bermsyarakat akah lebih tentram dan damai lahir serta batinnya.
  • Melindungi masyarakat yang kesulitan dalam materi agar terhindar dari kemiskinan dan kesusahan hidup.

Artikrl Terkait: rukun iman

Gambar-Persamaan-Tujuan-dan-Himah-Zakat-juga-Sedekah
Gambar-Persamaan-Tujuan-dan-Himah-Zakat-juga-Sedekah (sumber: suaramuslim.net)

Baca Juga: nama nama nabi


Nah itulah beberapa perbedaan zakat dan sedekah, lengkap dengan persamaannya. Semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa memberikan manfaat untukmu. Khususnya bagi kamu yang memiliki sedikit harta lebih agar hatinya bisa tergerak untuk melakukan kedua amalan tersebut.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: