7 Perbedaan Qurban dan Aqiqah (Semua Harus Tahu)

Seperti yang kita ketahui bawah qurban dan aqiqah merupakan salah satu Sunnah Rasul yang sama yaitu dilakukan dengan cara menyembelih hewan berkaki empat. Lantas apa saja perbedaan qurban dan aqiqah? Kamu tidak perlu khawatir, karena pada kesempatan kali ini kami sudah merangkum beberapa perbedaan antara qurban dan aqiqah secara lengkap dan terperinci.

Karena memang masih banyak umat muslim yang menganggap bahwa kedua hal ini adalah sama. Padahal kalau kamu ketahui kedua Sunnah ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Maka dari itu dalam pembahasan kali ini, kami akan memberikan penjelasan lengkap mengenai perbedaan mendasar antara qurban dan aqiqah. Untuk itu penting sekali untuk kamu menyimak pembahasan berikut ini dengan baik.

8 Perbedaan Qurban Dan Aqiqah

Setidaknya terdapat 8 hal yang membedakan antara qurban dan aqiqah, mulai dari tujuan pelaksanaan, wujud daging yang diberikan, waktu dan jumlah pelaksanaan, jenis hewan yang disembelih dan jumlahnya, orang yang berhat menerima atas dagingnya, serta diperbolehkan tidaknya penyembelih mendapatkan upah. Secara umum perbedaan tersebut akan kami berikan dalam bentuk tabel berikut:

Perbedaan Qurban Aqiqah
Tujuan Untuk memperingati pengorbanan Nabi Ibrahim AS Sebagai penebus atas lahirnya seorang bayi
Pemberian daging Diberikan kepada fakir miskin Diberikan kepada siapa saja
Wujud daging yang diberikan Diberikan dalam keadaan mentah Diberikan dalam keadaan masak
Waktu pelaksanaan Dilakukan pada bulan Dzulhijah Pada hari ke 7 dari kelahiran bayi
Jenis hewan yang disembelih Kambing, unta, sapi, kerbau, dan lain sebagainya. Hanya berupa kambing
Jumlah pelaksanaan Bisa dilakukan setiap tahun Hanya dilakukan satu kali seumur hidup
Jumlah hewan 1 ekor atau lebih 1 ekor untuk bayi perempuan dan 2 ekor untuk bayi laki-laki
Upah penyembelih Dilarang untuk mengambil upah menyembelih Diperbolehkan untuk mengambil upah menyembelih

Atau bisa lihat gambar di bawah ini:

Gambar-Perbedaan-Qurban-dan-Aqiqah
Gambar-Perbedaan-Qurban-dan-Aqiqah (Sumber: dn.net)

Dan ini gambar hewan layak aqiqah:

Gambar-Kambing-yang-Sehat
Gambar-Kambing-yang-Sehat

Pengertian Qurban Dan Aqiqah

Kata qurban sendiri bisa diartikan dengan dekat, dalam ilmu fiqh sering menggunakan istilah udh-hiyyah yang berarti bahwa hewan ternak yang disembelih pada saat hari idul adha dan hari tasyrik guna mendekatkan diri kepada Allah SWT akan datangnya hari tersebut. Qurban sendiri adalah Sunnah Rasul yang sangat istimewa, karena dilakukan sekali dalam setahun.

Sedangkan pengertian aqiqah sendiri yaitu memiliki arti memotong atau nama rambut yang terdapat pada kepala bayi yang baru saja dilahirkan. Sementara menurut ilmu fiqh aqiqah berarti hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah SWT dengan kehadiran bayi perempuan atau laki-laki.

Gambar-Pengertian-Qurban-Dan-Aqiqah
sumber: senyumperawat.com

Perbedaan Tujuan

Seperti yang terdapat dalam tabel diatas, jika perbedaan qurban dan aqiqah yang pertama yaitu terletak pada tujuannya. Dimana tujuan dilakukannya berqurban yaitu untuk memperingati dan mengikuti peristiwa pada zaman Nabi Ibrahim AS, dimana Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan anaknya karena perintah langsung dari Allah SWT.

Sedangkan untuk tujuan dari dilakukannya aqiqah yaitu sebagai penebus orangtua terhadap kelahiran seorang bayi mereka. Dalam hal ini setiap orangtua yang mampu maka disunnahkan untuk melakukan aqiqah terhadap bayi yang baru lahir dengan tujuan untuk menebus apa yang sudah mereka lakukan. Itulah salah satu hikmah qrurban dan aqiqah.

Gambar-Perbedaan-Tujuan
sumber: qurban2018.yrlajt.or.id

Perbedaan Penerima Daging

Perbedaan qurban dan aqiqah selanjutnya yaitu terletak pada siapa saja yang berhak untuk menerima daging hasil sembelih. Untuk daging qurban sendiri diberikan dan dibagikan kepada kaum fakir dan miskin yang ada disekitar mereka. Jika jumlah daging melebihinya, maka bisa diberikan kepada orang-orang yang ada disekitar dan dianggap masih kekurangan finansial.

Sedangkan untuk daging aqiqah sendiri bisa diberikan kepada siapa saja, tapi dalam hal ini akan lebih utama jika memberikannya kepada kaum fakir miskin terlebih dahulu. Karena memang merekalah yang lebih membutuhkan daripada orang-orang yang sudah mampu, baik dalam segi finansial dan ekonominya.

Gambar-Perbedaan Penerima-Daging
sumber: suherlin.com

Perbedaan Wujud Daging

Dalam memberikan hasil daging sembelih hewan juga memiliki perbedaan, dimana untuk daging sembelih hewan qurban maka disarankan untuk diberikan dan dibagikan dalam keadaan mentah. Sedangkan untuk pemberian daging sembelih aqiqah dapat dibagikan dan diberikan dalam bentuk keadaan yang sudah matang dan masak.

Gambar-Perbedaan-Wujud-Daging
sumber: citraindonesia.com

Perbedaan Waktu Dan Jumlah Pelaksanaan

Perbedaan qurban dan aqiqah selanjutnya yaitu bisa dilihat dari waktu dan jumlah pelaksanaannya. Mungkin bagi sebagian umat muslim sudah mengetahui waktu dari penyembelihan hewan qurban yaitu pada tanggal 9,10,11,dan 12 pada bulan Dzulhijah. Dimana hal ini bisa dilakukan setiap tahunnya asalkan dengan niat yang ikhlas dan mampu dalam materi.

Sedangkan untuk waktu dan jumlah pelaksanaan aqiqah masih banyak orang yang keliru, padahal hal ini sangat sacral dan penting sekali. Perlu kamu ketahui bahwa waktu penyembelihan aqiqah yang benar yaitu dilakukan pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Dan hal ini hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup.

Gambar-Perbedaan-Waktu-Dan-Jumlah-Pelaksanaan-Qurban-dan-Aqiqah
sumber: wallpaperscraft.com

Perbedaan Jenis Hewan

Memang persamaan aqiqah dan qurban yaitu menyembelih hewan. Tapi untuk jenis hewan yang disembelih antara qurban dan aqiqah juga memiliki perbedaan, dimana hewan yang diperbolehkan untuk disembelih pada saat qurban yaitu semua hewan yang berkaki empat asalkan dagingnya halal, yaitu seperti

  1. Kambing
  2. Sapi
  3. Kerbau
  4. Unta
  5. dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk penyembelihan hewan pada saat aqiqah yang diperbolehkan yaitu hanya berupa kambing saja. Jadi dalam hal ini walaupun hewan tersebut halal dagingnya, tapi jika bukan berupa kambing maka tidak memenuhi salah satu syarat aqiqah. Karena yang diperbolehkan hanyalah kambing saja.

Hewan yang dipakai untuk aqiqah hanya kambing saja.

Gambar-Perbedaan-Jenis-Hewan
sumber: media.ihram.asia

Perbedaan Aturan Dan Jumlah Hewan

Perbedaan qurban dan aqiqah selanjutnya yaitu bisa dilihat dari aturan dan jumlah hewan yang akan disembelih. Dimana pada saat qurban seseorang yang menyembelih 1 ekor kambing, maka itu termasuk qurban untuk dirinya sendiri. Sedangkan ketika menyembelih hewan besar seperti, sapi, kerbau, unta, dll maka qurban tersebut akan dihitung dan dinamakan sebagai qurban 7 orang.

  • Kambing, untuk 1 orang.
  • Sapi, untuk 7 orang.

Sementara untuk aturan dan jumlah hewan yang disembelih pada saat aqiqah sedikit berbeda dengan pelaksanaan qurban. Untuk aqiqah sendiri hewan yang disembelih tergantung dari jenis kelamin sang bayi baru lahir. Dimana untuk bayi perempuan maka yang disembelih yaitu 1 ekor kambing, sedangkan untuk bayi laki-laki yang disembelih yaitu berupa 2 ekor kambing.

  • Laki-laki, 2 ekor kambing.
  • perempuan, 1 ekor kambing.
Gambar-Perbedaan-Aturan-Dan-Jumlah-Hewan
sumber: danperbedaan.blogspot.com

Perbedaan Upah Penyembelihan

Mungkin hal ini seringkali ditanyakan oleh seorang muslim, apakah seorang penyembelih hewan bisa meminta upah? Perlu kamu ketahui bahwa untuk penyembelih hewan qurban maka tidak diperkenankan untuk meminta upah, sedangkan untuk penyembelih hewan aqiqah diperbolehkan untuk meminta dan menerima upah atas pekerjaannya tersebut.

Gambar-Perbedaan-Upah-Penyembelihan
sumber: ahayaislam.id

Demikin uraian lengkap mengenai perbedaan qurban dan aqiqah yang bisa kami sampaikan dalam pembahasan diatas. Semoga artikel yang sudah kami tulis diatas bisa memberikan manfaat untuk kamu, khususnya bagi kamu yang belum mengetahui perbedaan qurban dan aqiqah dan memahaminya. Ketika kamu sudah berqurban dan aqiqah, maka kamu tidak bingung lagi karena banyak sekali hikmah qurban.

 

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: