√ 10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui Lengkap Dengan Sifatnya

Iman kepada para malaikat Allah Subhanahu Wa Ta’ala, merupakan perkara rukun iman (klik untuk selengkapnya) yang kedua, dari enam. Sebagai umat islam kita wajib menyakini dalam hati bahwa memang benar akan keberadaanya walaupun tidak kasat mata. Dan ada 10 yang wajib kita ketahui. Alangkah baiknya mengetahui hal-hal yang berkaitan dengannya, agar semakin kuat keyakinan kita. Berikut 10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui Lengkap Dengan Sifatnya.

Pengertian Malaikat

Kata malaikat berasal dari bahasa arab, yang merupakan jamak dari kata malak (ملاك) yang memiliki arti kekuatan. Kata malak itu sendiri berasal dari mashdar “al-alukah” yang berarti risalah atau misi. Jadi malaikat adalah kekuatan-kekuatan yang patuh pada ketentuan dan perintah Allah.

Sedangkan secara istilah, para malaikat adalah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya yang memiliki sifat ghaib. Yang selalu taat dan patuh terhadap tugas dan perintah dari Allah, tanpa mengingkarinya walau hanya sedikitpun.

pengertian malaikat
sumber: pixabay

Wujud Malaikat

Wujud malaikat adalah ghaib (tidak dapat dilihat dengan mata telanjang). Allah telah beritakan lewat al-Qur’an dalam surat Fatir ayat pertama. Bahwasannya wujud malaikat ada yang memiliki sayap sebanyak 2, 3, dan 4.

Segala puji bagi Allah pencipta langit dan bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan (untuk mengurus berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap, masing-masing (ada yang) dua, tiga dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-nya apa yang dikehendaki-nya. Sesungguhnya Allah maha kuasa atas segala sesuatu.”

— Fatir (35):1

Ada Hadits yang mengatakan bahwa malaikat Jibril memiliki 600 sayap. Malaikat Israfil memiliki 1200 sayap, dimana satu sayapnya menyamai 600 sayapnya malaikat Jibril. Dan malaikat Hamalat al-‘Arsy memiliki 2400 sayap di mana satu sayapnya menyamai 1200 sayapnya malaikat Israfil.

Keadaan mereka akan selalu sama dari segala sisi dari awal diciptakaan, mereka tidak bertambah tua ataupun bertambah muda.

Malaikat mengemban tugas-tugas tertentu dalam mengelola alam semesta. Mereka dapat melintasi alam semesta secepat kilat atau bahkan lebih cepat lagi. Mereka tidak berjenis lelaki atau perempuan dan tidak juga berkeluarga.

Wujud Malaikat
sumber: pixabay

Sifat-Sifatnya Secara Umum

Seperti halnya makhluk ciptaan Allah lainnya. Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah yang mempunyai banyak beragam sifat dan karakter sendiri.

Kita sebagai seorang muslim yang beriman kepada malaikat, maka kita harus tahu sifat-sifatnya. Agar lebih mengenal dan meninggkatkan keimanan kita.

Berikut adalah beberapa sifat malaikat yang terkandung di dalam al-Qur’an atau al-Hadits:

  1. Selalu patuh dengan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah dengan tidak membantah perintahnya walau hanya sedikitpun.
  2. Dari awal diciptakannya tidak pernah berbuat dosa.
  3. Setiap waktu selalu beribadah kepada Allah dengan segala apapun yang diperintahkan kepadanya
  4. Tidak mempunyai sifat buruk sama sekali.
  5. Selalu meminta agar orang-orang beriman diampuni oleh Allah.
  6. Ketika seorang muslim berhasil meraih malam seribu bulan (lailatul qadar), malaikat akan sangat berbahagia.
  7. Dengan izin Allah, malaikat bisa berubah wujud menjadi apapun.
  8. Tidak kasat mata (ghaib).
  9. Diciptakan dari cahaya.
  10. Sama sekali tidak merasakan lapar ataupun haus.
  11. Malaikat memiliki kekuatan dan kecepatan cahaya
10 Nama Malaikat Yang Wajib Diketahui Lengkap Dengan Sifat Dan Tugasnya
sumber: pixabay

10 Nama Malaikat Dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui

Allah memang menciptakan begitu banayak malaikat yang jumlah pastinya tidak kita ketahui. Akan tetapi, terdapat 10 malaikat yang wajib diketahui bagi seorang muslim.

Tapi apa hukumnya untuk mengetahui atau bahkan menghafal tugasnya juga termasuk wajib?

Pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas tentang hukum tersebut. Tapi tidak ada salahnya bahkan amat sangat baik untuk mengetahui tugas-tugasnya juga.

Berikut ini 10 nama malaikat dan tugasnya yang wajib diketahui tersebut.

10 Nama malaikat:

  1. Malaikat Jibril.
  2. Malaikat Mikail.
  3. Malaikat Ridwan.
  4. Malaikat Malik.
  5. Malaikat Munkar.
  6. Malaikat Nakir.
  7. Malaikat Raqib.
  8. Malaikat Atid.
  9. Malaikat Izrail.
  10. Malaikat Israfil.

Yuk kita bahas lebih lanjut!

Artikel Terkai: nama nama nabi

Jibril

Malaikat Yang pertama tentu saja pemimpin para malaikat, ialah malaikat Jibril.

Malaikan ini termasuk empat malaikat utama, selain malaikat Mikail, malaikat Izrail, dan malaikat Israfil.

Tugas utama malaikat Jibril yaitu menyampaikan wahyu kepada para nabi dan rasul Allah dari Allah. Salah satunya ketika kelahiran Nabi Isa, malaikat Jibril-lah yang membawa berita kepada ibunya Maryam.

Ada tiga malaikat yang namanya disebut didalam al-Quran, dan satu diantaranya adalah malikat Jibril. Bahkan nama malaikat Jibril disebut tiga kali dalam al-Quran. Yaitu pada surat al-Baqarah ayat 97 dan 98, dan at-Tahrim ayat 4.

Ruh al-Amin dan ruh al-Qudus merupakan beberapa julukan (nama lain) malaikat Jibril.

Malaikat Jibril sangat sering dan senang sekali ketika bersama baginda besar nabi Muhammad.

Contohnya saat menemani nabi Muhammad dalam perjalan isra’ dan mi’raj. Tetapi hanya sampai di Sidratul Muntaha. dikarenakan malaikat jibril tidak mampu mendekati Allah, dan memperlukan 60.000 tahun untuk mencapainya.

Mikail

Yang kedua, malaikat Mikail.

Malaikat Mikail memiliki tugas mengatur segala sesuatu urusan semua makhluk Allah.

Salah satunya untuk memberikan rezeki kepada semua manusia tanpa terkecuali. Bahkan bukan hanya manusia, tumbuhan dan hewanpun memiliki rezeki yang sudah diatur atas izin Allah.

Dilain mengerjakan tugasnya sebagai mana yang diatas, malaikat Mikail juga pernah beberpa kali pergi bersama malaikat Jibril.

Diantaranya tugas yang pernah dilakukanan berdua bersama malaikat Jibril ialah:

A). Ketika nabi Muhammad melaksanakan perjalanan isra’ dan mi’raj. Tidak hanya malaikat Jibril yang menenami nabi Muhammad, tapi malaikat Mikail juga ikut menemaninya.

B). Malaikat Mikail pernah mengambilkan air zam-zam, ketika malaikat Jibril membelah dada nabi Muhammad. Untuk dicuci hatinya dan diisikan dengan iman dan islam.

C). Selain bersama malaikat Jibril. Malaikat Mikail juga bertugas menyampaikan lembaran (nama, dan tempat, serta sebab pencabutan nyawa seseorang) kepada malaikat maut.

Malaikan ini termasuk empat malaikat utama, selain malaikat Jibril, malaikat Izrail, dan malaikat Israfil.

Tugas Malaikat
sumber: pixabay

Ridwan

Malaikat Ridwan adalah malaikat yang bertugas menjaga pintu surga juga menjaga dan mengawasi surga.

Malaikat Ridwan akan menyambut semua manausaia yang akan masuk kedalam surga. Malaikat Ridwan akan menyambut dengan senyuman ramah dan mempersilahkan orang-orang tersebut.

Semoga kita semua dapat bertemu dengan malaikat Ridwan, yaitu dapat masuk kedalam surga Allah. Aamiin..

Malik

Jika malaikat Ridwan menjaga pintu surga, Malaikat Malik-lah yang menjaga pintu neraka. Manusia tidak mau beriman kepada Allah maka akan diseret oleh malaikat Malik.

Sang pemimpin para malaikat yang bertugas di Neraka. Malaikat Malik ini juga adalah malaikat yang patuh akan perinta Allah untuk menjaga neraka dan sangat tegas.

Semoga kita dijauihi dari api neraka. Aamiin..

Munkar

Malaikat Mungkar adalah malaikat yang memiliki tugas memberikan pertanyaan kepada umat manusia. Yaitu pertanyaan-pertanyaan tentang perbuatan apa saja yang telah dilakukan manusai itu selama hidupnya.

Serta memeriksa amalan perbuatan apa saja telah manusia tersebut lakukan di dunia.

Nakir

Sebenarnya malaikat Nakir bertugas bersama dengan malaikat Munkar.

Yaitu bertugas menanyakan juga menguji iman manusia yang telah tidak bernyawa. Ada 3 pertanyaan inti yang akan ditanyakan oleh dua malaikat ini kepada manusia tersebut, yaitu adalah “Siapa tuhamnmu? Apa agamamu? Siapa nabimu?”

Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dipertenyakan ketika seseorang yang telah mati dikuburkan, dan 40 langkah jamaah yang terakhir meninggalkan kuburan tersebut.

Manusia yang ditanyakan tidak akan bisa mengelak atau berbohong. Karena pada saat itu yang menjawab pertanyaan adalah bagian tubuh kita yang menjadi saksi atas perbuatan kita.

Raqib

Malaikat Raqib adalah malaikat yang bertugas mencatat segala amal perbuatan kita yang baik selama hidup di dunia.

Malaikat ini selalu bersama kita dimanapun kita berada, hanya saja kita tidak bisa melihaatnya. Dan perlu diketahui bahwa tidak akan pernah luput catatannya sekecil apapun itu.

Jadi marilah kita senantiasa perbuat kebaikan secara terusm menerus, agar banyak amalan kita yang tercatat oleh malaikan Raqib.

malaikat allah
sumber: pixabay

Atid

Malaikat Atid ini bertugas sama dan bersama malaikat Raqib. Tapi jika malaikat Raqib mencatat segala amal perbuatan kita yang baik. Maka malaikat Atid-lah yang mencatat segala amal perbuatan kita yang buruk.

Sama seprti malaikat Raqib, malaikat Atid selalu bersama kita dimanapun kita berada, hanya saja kita tidak bisa melihaatnya. Dan tidak akan pernah luput catatannya sekecil apapun itu.

“Sesungguhnya Allah Swt. telah menugaskan dua malaikat untuk menulis segala apa yang dilakukan atau dituturkan oleh seseorang hamba-Nya (satu di sebelah kanannya dan yang satu lagi di sebelah kirinya); kemudian apabila orang itu mati, Tuhan perintahkan kedua malaikat itu dengan firman-Nya, “Hendaklah kamu berdua tinggal tetap di kubur hamba-Ku itu serta hendaklah kamu mengucap tasbih, tahmid, dan takbir hingga ke hari qiamat dan hendaklah kamu menulis pahalanya untuk hamba-Ku itu.”

(H.R. Abu al-Syeikh dan Tabrani)

Izrail

Malaikat yang dikenal sebagai malaikan maut, karena tugasnya yaitu menjemput atau menyabut nyawa manusia.

Malaikan ini termasuk empat malaikat utama, selain malaikat Jibril, malaikat Mikail, dan malaikat Israfil.

Malaikat ini bisa memiliki dua sifat yang sangat berlawanan. Dia bisa menjadi amat sangat ramah, tapi juga bisa menjadi amat sangat menakutkan. Itu semua tergantung perbuat seseorang yang akan dicabut nyawanta tesebut.

Marilah kita selalu berdo’a, agar kita dan keluarga kita serta sahabat kita. Semuanya dicabut nyawanya dalam keadaan khusnul khotimah. Aamiin..

Israfil

Malaikat yang terakhir, dari 10 nama malaikat dan sifatnya yang wajib kita ketahui adalah malaikat Israfil.

Malaikat Israfil memiliki tugas utama untuk meniup sangkakala. Terompet suci yang akan ditiupnya itu sudah berada dibibirnya, tinggal menunggu perintah dari Allah untuk meniupnya. Pada hari ketika Allah telah memperintahkan malaikat Israfil untuk meniup terompet tersebut. Dia akan turun ke bumi tepatnya di bukit suci Jerusalem.

Malaikan ini termasuk empat malaikat utama, selain malaikat Jibril, malaikat Mikail, dan malaikat Izrail.

Perlu diketahui, bahwa malaikat Israfil akan meniup sebanyak 3 kali. Hal ini pernah diberitahukan oleh nabi Muhammad sebagai berikut:

Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Ketika Allah Swt. telah selesai menjadikan langit dan bumi, Allah Swt. menjadikan sangkakala (terompet) dan diserahkan kepada Malaikat Israfil, kemudian ia letakkan di mulutnya sambil melihat ke Arsy menantikan bilakah ia diperintah”. Saya bertanya: “Ya Rasulullah saw. apakah sangkakala itu?” Jawab Rasulullah saw. “Bagaikan tanduk dari cahaya.” Saya tanya; “Bagaimana besarnya?” Jawab Rasulullah saw.; “Sangat besar bulatannya, demi Allah Swt. yang mengutusku sebagai Nabi, besar bulatannya itu seluas langit dan bumi, dan akan ditiup hingga tiga kali.

Tiupan pertama: Nafkhatul faza’ (untuk menakutkan).

Tiupan kedua: Nafkhatus sa’aq (untuk mematikan).

Tiupan ketiga: Nafkhatul ba’as (untuk menghidupkan kembali atau membangkitkan).”

Itulah 10 nama malaikat dan sifatnya yang wajib kita ketahui. Semoga dengan pengetahuan ini iman kita bertambah, khususnya iman kepada malaikat Allah.

perbedaan antara manusia dan malaikat
sumber: pixabay

Persamaan Dan Perbedaan Malaikat Dengan Manusia

Malaikat dan manusia memiliki beberapa kesamaan dan juga perbedaan.

Perlu diketahui bahwa ibadah manusia dan jin akan lebih disukai oleh Allah dibandingkan ibadah para malaikat. Karena manusia dan jin bisa menentukan pilihannya sendiri (memiliki hawa nafsu). Berbeda dengan malaikat yang tidak memiliki pilihan lain selain beribadah kepada Allah.

Oleh karena itu, kita sebagai manusia marilah kita meningkatkat ketaqwaan kita.

Persamaan Malaikat Dengan Manusia

  • Sama-sama makhluk Allah yang diciptakan untuk beribadah kepadanya.
  • Sama-sama makhluk yang diberi akal oleh Allah.

Perbedaan Malaikat dengan Manusia

Berikut ini beberapa perbedaan malaikat dengan manusia:

No Malaikat Manusia
1 Malaikat diciptakan dari nur (cahaya) Manusia diciptakan dari tanah
2 Malaikat tidak terbatas dalam penampilan tertentu atas izin Allah Manusia tidak
3 Malaikat tidak memiliki jenis kelamin Manusia punya
4 Malaikat memiliki sayap yang sesuai dengan sifat mereka Manusia tidak
5 Malaikat tidak membutuhkan makan dan minum Manusia butuh
6 Malaikat tidak akan mati sampai hari kiamat Manusia meninggal
7 Malaikat tidak memiliki hawa nafsu Manusia punya
8 Malaikat memiliki kemampuan untuk menyembah Allah tanpa lelah dan terus-menerus dengan antusiasme dan kesenangan yang besar dan tidak pernah berkurang Manusia memiliki kemampuan untuk memiliki kasih yang lebih besar kepada Allah.
9 Malaikat diganjarkan bertempat di tepi dan sekitar arsy Sedangkan manusia ialah di surga.

Itulah beberapa hal mengenai malaikat-malaikat Allah.

nama malaikat dan tugasnya
sumber: pixabay

Semoga setelah membacanya iman kita bertambah, terkhusus iman kepada malaikat Allah, yang merupakan rukun iman yang kedua.

Baca Juga: kisah umar bin khattab bertemu iblis

Silahkan share artiktel “10 Nama Malaikat dan Tugasnya Yang Wajib Diketahui Lengkap Dengan Sifatnya” ini. Agar orang lain juga bisa tahu. Dan mungkin menjadi jalan meningkatnya keimanan seseorang lewat artikel ini, dan jika itu terjadi pastilah malaikat Raqib tidak akan melupa mencatatnya. Wallahu A’lam Bishawab.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: