Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan (Juga Kecantikan)

Sudah menjadi rahasia umum jika banyak orang yang tahu akan khasiat dan manfaat minyak zaitun. Karena memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi kandungan yang ada di dalam minyak zaitun memiliki seribu manfaat dan khasiat baik untuk kesehatan dan kecantikan. Walaupun begitu mungkin masih banyak manfaat lainnya yang belum ketahui.

Gambar-Minyak-Zaitun
Gambar-Minyak-Zaitun (sumber: orami.co.id)

Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan menguraikan apa saja manfaat minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri merupakan minyak ang terbuat dari hasil penggilingan zaitun. Beberapa kandungan dalam minyak zaitun yaitu seperti vitamin E,K, Lemak, Omega 9, omega 3, omega 6, zat besi, dll sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. Penasaran, langsung saja simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

Ada banyak sekali khasiat dan manfaat minyak zaitun untuk kesehatan, kami sudah merangkumnya dalam pembahasan dibawah ini.

 

Mencegah Dan Mengurangi Resiko Penyakit Kanker

Manfaat dan khasiat pertama minyak zaitun untuk kesehatan yaitu mampu mencegah dan mengurangi resiko terjadinya kanker. Sifat antioksidan dan anti inflasi yang kuat dalam minyak zaitun serta kandungan vitamin E nya sudah terbukti dapat mencegah dan mengurangi resiko kanker. Terutama untuk mencegah terjadinya kanker kulit dan kanker payudara.

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Kesehatan
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Kesehatan (sumber: hellosehat.com)

Melancarkan Aliran Darah

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika salah satu kandungan minyak zaitun yaitu mengandung lemak baik seperti omega 3, 6, dan 9. Kandungan inilah yang berperan penting dalam memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah, dengan kata lain aliran darah dalam tubuh akan menjadi lancer.

 

Mengontrol Kolestrol

Hal ini masih saling berkaitan dengan poin sebelumnya, semakin lancar peredaran darah dalam tubuh. Maka akan sangat membantu sekali untuk mencegah kolestrol yang ada dalam darah bisa teroksidasi. Terlebih hal ini di dukung juga dengan kandungan antioksidan dalam tubuh yang sangat tinggi.

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun (sumber: klimg.com)

 

Artikel Terkait: manfaat jahe 

Mencegah Dan Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dalam minyak zaitun akan membantu dalam mencegah kolestrol agar darah teroksidaasi. Sehingga hal ini akan berpengaruh juga untuk melindungi, mengurangi, dan menjaga terjadinya resiko penyakit jantung. Bukan hanya itu saja minyak zaitun bisa menyembuhkan penyakit jantung.

 

Mengontrol Tekanan Darah

Lemak tak jenuh di dalam minyak zaitun terbukti bisa menunrunkan tekanan darah, tentunya hal ini akan sangat bermanfaat sekali bagi mereka yang menderita darah tinggi. Untuk itu bagi kamu yang mungkin memiliki tekanan darah tinggi, konsumsilah dan minum minyak zaitun extra virgin secara rutin.

Dulu sering mengalami kram perut. Alhamdulillah setelah konsumsi minyak zaitun sekarang jadi jarang terjadi kram lagi. -Awaluddin

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-menyembuhan
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-menyembuhan (sumber: klimg.com)

 

Menebalkan Tulang Dan Mencegah Osteoporosis

Sebuah penelitian dan tes dilakukan pada tikus yang memiliki kondisi hamper mirip pada menopause perempuan. Dimana penelitian ini dilakukan  pada sebuah kelompok, dan hasilnya membuktikan bahwa satu kelompok yang diberi minyak zaitun secara rutin terbukti mampu menebalkan tulan dan mencegah terjadinya osteoporosis atau keropos.

 

Membantu Mengobati Alzheimer

Peneliti dari Italia yang berasal dari Universitas Florence menemukan bahwa kandungan polifenol yang ada dalam minyak zaitun ekstra virgin bisa mencegah dan menunda munculnya penyakit Alzheimer. Hal ini dibuktikan langsung pada tikus yang terkena Alzheimer dan diberikan minyak zaitun, dapat membantu memperbaiki kinerja kognitif.

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Mengobati
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Mengobati (sumber: akamaized.net)

 

Melindungi Dari Depresi

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas Navarra dan Las Palmas mengatakan bahwa makanan yang kaya minyak zaitun bisa memerangi penyakit jiwa. Terlebih ketika minyak zaitun dipadukan dengan makanan sehat seperti sayuran, ikan, sereal gandum, dll terbukti sangat ampuh dalam memerangi penyakit jiwa atau depresi.

 

Artikel Terkait: manfaat daun sirsak

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

Manfaat minyak zaitun untuk kecantikan juga sudah terbukti ampuh, banyak orang yang menjadikan minyak zaitun sebagai perawatan tubuh dan kecantikan. Berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat minyak zaitun untuk kecantikan.

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Kecantikan
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Kecantikan (sumber: femina.co.id)

 

Mengatasi Kulit Kering

Manfaat miyak zaitun untuk kecantikan yang kedua yaitu mampu untuk mengatasi kulit kering. Hal ini bisa dibuktikan dari banyaknya produk body lotion yang berbahan dasar minyak zaitun untuk mengatasi kulit kering. Selain itu minyak zaitun bisa mengatasi dari serangan radikan bebas bahkan mengurangi terjadinya peradangan pada kulit.

 

Menyembuhkan Jerawat

Siapa sih wanita yang tidak sebal ketika memiliki jerawat? Pastinya semua orang akan kesal dengan kehadiran penyakit ini, karena memang akan sangat mengganggu sekali dalam penampilan. Nah solusi terbaik untuk mengatasi jerawat yaitu dengan cara menggunakan minyak zaitun, berikut ini manfaat minyak zaitun untuk jerawat:

Merupakan obat herbal alami yang digunakan untuk mengatasi gangguan jerawat, karena kandungan vitamin yang cukup banyak bisa mempercepat proses penyembuhan.
Kandungan antioksidan dan polifenol terbukti bisa mengeluarkan racun dalam tubuh, serta dapat mencegah segala macam jenis infeksi.
Kandungan antibakteri dalam minyak zaitun mampu untuk menyembuhkan jerawat karena infeksi bakteri.
Sifat anti inflasi yang ada dalam minyak zaitun dapat menyembuhkan jerawat sampai ke bekas-bekasnya.

Wajahnya penuh dengan jerawat. Setelah dioleskan minyak zaitun jerawatnya berkurang. -Sriyanti

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Jerawat
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Jerawat (sumber: cloudinary.com)

 

Memutihkan Wajah

Siapa sih yang tidak ingin memiliki wajah putih, terlebih bagi seorang wanita yang identik dengan penampilannya. Wajah putih akan membuat penampilanmu semakin percaya diri. Nah hal ini bisa kamu dapatkan dari minyak zaitun, dimana kandungan polifenol yang ada di dalamnya mampu untuk melindungi sel-sel dari ancaman kerusakan.

 

Artikel Terkait: manfaat air kelapa

Menghaluskan Wajah

Manfaat minyak zaitun untuk wajah selanjutnya yaitu mampu untuk menghaluskan wajah. Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu bisa memadukan minyak zaitun dengan buah papaya sebagai masker. Karena memang enzim papain yang ada di dalam buah papaya dapat membantu untuk meregenerasi kulit wajah.

 

Cara menghaluskan wajah dengan minyak zaitun:

  1. Pertama-tama haluskan buah papaya terlebih dahulu
  2. Campurkan dengan 2 sdm minyak zaitun
  3. Lalu oleskan pada wajahmu secara merata
  4. Diamkan kurang lebih selama 30 menit
  5. Terakhir bilas menggunakan air hangat.
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Wajah
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Wajah (sumber: idntimes.com)

 

Merawat Kesehatan Rambut

Rambut di ibaratkan sebagai mahkota dari wanita, untuk itu perawatan rambut sangat penting sekali. Terlebih ketika rambutmu sudah pernah diwarnai dengan obat kimia, maka akan cepat sekali rontok, kering, dll.

Untuk mengatasi hal tersebut kamu bisa menggunakan minyak zaitun, kandungan vitamin E di dalamnya terbukti ampuh untuk memelihara kesehatan rambut.

 

Menghilangkan Bibir Hitam

Manfaat minyak zaitun untuk bibir yaitu mampu menghilangkan bibir hitam. Kandugan vitamin E dan K yang ada dalam minyak zaitun terbukti ampuh sebagai cara menghilangkan bibir hitam secara alami. Cara penggunaannya sendiri cukuplah mudah, dimana kamu hanya perlu mengolesi bibir dengan minyak zaitun secara rutin setiap harinya.

Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Bibir
Gambar-Manfaat-Minyak-Zaitun-Untuk-Bibir (sumber: tstatic.net)

 

Artikel Terkait: manfaat buah naga


Demikian ulasan lengkap mengenai manfaat minyak zaitun untuk kesehatan dan kecantikan, semoga informasi yang sudah kami jelaskan diatas bisa bemanfaat bagi pembaca. Melihat banyaknya manfaat minyak zaitun, kami sarankan agar kamu menggunakan bahan-bahan alami terlebih dahulu sebagai bentuk perawatan tubuh yang sehat.

Ayo share artikel ini kepada orang-orang tercinta kamu, agar mereka bisa mersakan manfaatnya juga. 🙂

 

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: