Khasiat Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan, Lengkap Efek Samping dan Gambar!

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu dalam berbagai jenis makanan karena memiliki aroma dan rasa yang enak. Selain menambah rasa dan memiliki bau yang sedap, kayu manis ternyata memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Jadi, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang khasiat manfaat kayu manis untuk kesehatan bergambar, lengkap efek amping dan cara penggunaannya.

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk kulit yang sudah dikeringkan, minyak atsiri, daun, ekstrak cairan, bubuk, dan sirup.Kayu manis berasal dari bagian dalam kulit kayu manis. Pohon ini banyak ditemukan di selatan India, meskipun telah dipanen juga di Myanmar, Sri Lanka dan Amerika Selatan. Sejak awal abad ke-18, kayu manis telah tumbuh di beberapa belahan dunia, termasuk Indonesia.

Nama Latin dan Klasifikasi Kayu Manis

Nama latin kayu manis adalah Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum. Yaitu sejenis pohon penghasil rempah-rempah.

Dan memiliki beberapa nama lain.

  • Daerah Sumatera       : holim, holim manis, padang kulik manih, kayu manis, kanigar, modang siak-siak.
  • Daerah Jawa               : huru mentek, ki amis, manis jangan, kanyegar
  • Daerah Nusatenggara : kasingar, kecingar, cingar, onte, kuninggu, puundinga
  • Asing                           : cinnamon tree, kaneelkassia, yin xiang pi (Cina)

Berikut Adalah Tabel Klasifikasi Tanaman Kayu Manis:

Kingdom Plantae
Divisio Spermathophyta
Sub divisio Angiospermae
Classis Dicotyledonae
Ordo Ranales
Familia Lauraceae
Genus Cinnamomum
Spesies Cinnamomum burmannii (Ness.) Bl

Cara Kerja Kayu Manis

Tidak ada penelitian yang cukup mengenai bagaimana cara kerja suplemen herbal ini. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter kamu untuk informasi lebih lanjut. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kulit kayu manis efektif melawan organisme yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Gambar Nama Latin Dan Kalarifikasi Khasiat Manfaat Kayu Manis
sumber: hellosehat

Artikel Terkait: manfaat daun sirsak

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Setelah yang diketahui, bahwa kayu manis memiliki banyak maanfaat untuk kesehatan. Berikuta adalah beberapa khasiat dan manfaat tersebut.

Manfaat Kayu Manis Untuk Wajah dan Cara Memakainnya

Kayu manis adalah sumber serat yang sangat baik untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh. Sebab, racun yang menumpuk bisa akan membuat kulit tidak bercahaya dan cantik lagi. Berikut 4 manfaat kayu manis untuk wajah, dan caranya.

1. Menyamarkan Garis Halus

Aplikasikan campuran satu sendok teh kayu manis bubuk dan satu sendok teh minyak zaitun. Perawatan yang rutin dapat membantu kamu menyamarkan garis halus di kulit sehingga dapat tampil lebih muda.

2. Mencerahkan Warna Kulit

Jika sebelumnya kamu menggunakan berbagai produk kecantikan untuk mendapatkan warna kulit yang lebih cerah dan segar, kini kamu dapat mencoba manfaat baik dari kayu manis bubuk. Tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, kamu dapat melakukan perawatan rutin menggunakan kayu manis. Campurkan kayu manis bubuk dengan jus pisang, yoghurt, dan jus lemon kemudian aplikasikan sebagai masker pada kulit wajah. Biarkan hingga kering, kemudian bilas hingga bersih.

3. Mengangkat Kulit Mati

Setelah menggunakan makeup sehari-hari, kulit membutuhkan pengelupasan sel kulit mati yang dapat menutupi pori-pori kulit wajah kamu. Sebab itu kamuperlu untuk melakukan scrubbing setidaknya dua minggu sekali.

Kayu manis dapat kamu manfaatkan sebagai scrub wajah tersebut. Campurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dengan satu sendok teh, setengah gelas garam, dan minyak almond secukupnya. Aplikasikan pada wajah dan usap perlahan dengan gerakan melingkar. Kamu akan mendapatkan hasil wajah yang segar dan menambah semangat.

4. Menyamarkan Bekas Jerawat

Campurkan satu sendok teh kayu manis bubuk dengan tiga sendok teh madu. Aplikasikan pada area jerawat dan diamkan hingga 20 menit. Pastikan jerawat kamu sudah mengering saat mengaplikasikannya. Terakhir bilas wajah kamu menggunakan air hangat. Kamu dapat tampil cantik dengan noda bekas jerawat yang tersamarkan.

Gambar Khasiat Manfaat Kayu Manis Untuk kesehatan
sumber: infonawacita

Artikel Terkait: manfaat minyak zaitun

Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes

Disamping itu kayu manis juga bisa menimbulkan dampak positif jika rutin dikonsumsi oleh penderita diabetes dalam dosis yang tepat. Dampak positif tersebut yakni berupa penurunan kadar gula dalam darah.

Tidak hanya itu mengkonsumsi kayu manis secara rutin juga bisa mengatasi berbagai komplikasi akibat penyakit diabetes yang justru lebih mematikan dari penyakit diabetes itu sendiri. Hal ini berdasarkan study dan penelitian yang dilakukan oleh Dr.Anderson.

Sementara itu, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care tahun 2003. Menunjukan bahwa setelah rutin mengkonsumsi kayu manis selama 40 hari glaukosa atau kadar gula darah penderita diabetes, mengalami penurunan sebesar 18 sampai 29 persen.

Cara Membuat Ramuan Kayu Manis untuk Mengobati Diabetes :

  • Siapkan 4 potong kulit kayu manis
  • Lalu rebus kulit kayu manis tersebut dengan 2 gelas air
  • Kemudian tunggu hingga air rebusan menyisakan untuk satu gelas saja
  • Jika sudah, tuangkan rebusan tersebut ke dalam gelas
  • Ramuan kayu manis siap dikonsumsi.

Itulah cara mengolah kayu manis menjadi ramuan untuk para penderita diabetes. Namun kamu perlu berkati-hati juga, karena mengonsumsi kayu manis secara berlebih dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Dan Jika dikombinasikan dengan obat anti diabetes lain, dapat mengkibatkan terjadinya penurunan kadar gula darah hingga terlalu rendah. Jika demikian, bagaimana kamu ingin mengobati masalah diabetes kamu jika cara yang hendak digunakannya pun memiliki efek samping.

Gambar Khasiat Manfaat Kayu Manis Untuk Diabetes
sumber: glucoberryasli

Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan Lainnya

1. Kayu Manis Mengandung Antioksidan

Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2.

Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Dan merupakan kabar baik bagi siapa saja yang ingin meningkatkan energi agar lebih stabil.

2. Memiliki Senyawa Anti Infeksi Alami

Memiliki senyawa anti infeksi alami yang ditemukan dalam studi. Kayu manis efektif terhadap H. pylori yaitu bakteri penyebab borok atau bisul dan patogen lainnya.

3. Menyehatkan Pembuluh Darah

Kolesterol LDL dalam tubuh membuat pembuluh darah akan tersumbat, kayu manis dapat mengurangi hal tersebut.

4. Meredakan Sakit Perut

Dengan ramuan kayu manis juga bisa menyembuhkan sakit pada perut yaitu dengan cara campuran madu dan kayu manis yang diminum. Dengan cara ini selain bida mngobati sakit perut juga bisa membersihkan perut.

5. Menghilangkan Bau Mulut

Mencampurkan 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis pada air hangat dan diminum setiap pagi bisa membuat mulut kita segar seharian dan menghilangkan mau mulut yang mengganggu.

6. Mengurangi Gas Dalam Perut

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi minuman hangat dengan campuran madu dan juga kayu manis bisa sangat ampuh untuk mengurangi gas dalam perut.

7. Mengatasi Kanker Tulang dan Kanker Perut

Penelitian mengatakan dengan mengkonsumsi 1 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis setiap hari selama sebulan dapat mengatasi kanker tulang dan kanker perut.

Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker dan untuk pencegahan kanker.

8. Meningkatkan Aktivitas Otak

Mencium bau kayu manis diketahui bisa meningkatkan aktivitas otak. Whfoods.com juga menjelaskan bahwa bau kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

9. Mengobati Flu

Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

10. Melawan Virus HIV

Manfaat batang kayu manis lainnya yang sangat jarang diketahui adalah untuk melawan virus HIV. Jounal University Of Texas juga menyebutkan bahwa, ‘ekstrak yang paling efektif  terhadap HIV-1 dan HIv-2 masing-masing adalah ekstrak batang kayu manis atau cinnamon dan cardiospermum helicacabum’.

11. Mengatasi Jerawat

Menggunakan kayu manis ternyata bisa mengatasi jerawat yang membandel dengan cara campurkan 3 sendok madu 1 sendok kayu manis lalu dioleskan dibagian wajah sebelum tidur dan biarkan semalaman. Setelah bangun tidur basuh wajah dengan air hangat, jika cara ini dilakukan setiap hari secara rutin bisa mengatasi jerawat.

12. Mengatasi Sakit Gigi

Mengatasi sakit gigi cukup dengan mencampurkan 1 sndok bubuk kayu manis dengan 5 sendok madu dan dioleskan pada gigi yang sakit. Gunakan ramuan ini secara rutin sampai sakit pada gigi hilang.

13. Mengatasi Radang Sendi

Dengan mengkonsumsi air hangat yang dicampur dengan 2 sendok madu dan 1 sendok bubuk kayu manis dapat mengatasi radang sendi kronis.

14. Mengatasi Rambut Rontok

Sebagian wanita pasti mempermasalahkan rambut yang rontok, tetapi tidak perlu khawatir karena ada banyak ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok serti canpuran minyak zaitun, bubuk kayu masin dan juga madu.

15. Mengencerkan Darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis bisa mencegah darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

16. Mengatasi Nyeri Haid

Karena mampu menyeimbangkan hormon reproduksi, batang kayu manis juga dapat memperlancar siklus haid. Hal ini juga berlaku untuk mempercepat peluruhan darah haid.

17. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Kulit batang kayu manis juga mengandung serat, kalsium dan zat besi meskipun dalam jumlah kecil. Meski begitu, kayu manis cukup membantu mencukupi kebutuhan nutrisi harian kamu jika dikonsumsi dalam takaran yang pas.

Selain sifat obatnya, kayu manis juga merupakan afrodisiak, berfungsi untuk meningkatkan libido dan menangkal disfungsi ereksi. Dan itulah beberapa manfaat mengejutkan yang bisa didapatkan dari kayu manis. Jangan lagi menyepelekan khasiat kayu manis pada makanan atau minuman kalian.

Gambar Kayu Manis
sumber: infosehat

Kayu Manis dan Madu

Banyak manfaat luar biasa ketika madu dicampur kayu manis.

Sebelum mengetahui perpaduan bahan alami tersebut. Kamu perlu tahu bahwa setiap 100 gramnya madu mengandung nutrisi berupa, karbohidrat, gula, serat pangan, protein, air, riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), kalsium, besi, asam pantotenat (vitamin B5), vitamin B6, folat (vitamin B9), vitamin C, magnesium, fosfor, kalium, sodium, seng, dan energi.

Khasiat Manfaat Kayu Manis dan Madu +Cara Mengonsumsi

Di antara sekian banyak manfaat madu dan kayu manis, berikut ini beberapa manfaat yang wajib kamu ketahui, yaitu:

1. Menurunkan Kolesterol

Campuran madu dan kayu manis bisa membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh hingga lebih dari 20 persen.

Campur 1 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis pada teh. Minumlah dua kali sehari untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat.

2. Meredakan Nyeri Sendi

Campuran madu dan kayu manis memiliki efek positif terhadap arthritis kronis. Tambahkan 1 sdt madu dan ½ sdt kayu manis pada air putih, minum dua kali sehari saat perut kosong.

3. Mengatasi Flu

Campuran air madu hangat dan kayu manis sangat baik untuk menyembuhkan pilek dan sinusitis. Minumlah 2 atau 3 kali sehari.

4. Menurunkan Berat Badan

Campuran madu dan kayu manis akan membantu mencegah pembentukan lemak. Campurkan 2 sdt madu dengan sejumput bubuk kayu manis dalam air hangat. Minumlah setiap sebelum sarapan dan sebelum tidur saat perut kosong.

5. Menambah Energi 

Campurkan 1 sdt madu dengan segelas air hangat serta sejumput kayu manis. Agar rasanya semakin segar tambahkan perasan air jeruk lemon yang mengandung vitamin C.

6. Mengurangi Asam Lambung

Taburkan bubuk kayu manis pada 2 sdm madu sebelum makan.

7. Mengatasi Kerontokan Rambut

Campurkan madu, kayu manis, dan minyak zaitun, aduk hingga merata. Oleskan ke bagian kepala yang mengalami kerontokan. Diamkan selama 15 menit lalu dibasuh.

8. Mengobati Sakit Gigi

Campur 1 sdt kayu manis dengan 5 sdt madu. Oleskan pada gigi yang sakit. Gunakan 3 kali sehari.

9. Atasi Kemandulan

Penggunaan madu dan kayu manis juga bisa membantu pasangan suami istri yang ingin mendapatkan keturunan.

10. Mengobati Infeksi Kandung Kemih

Campurkan madu dan bubuk kayu manis secukupnya kemudian minum dengan air hangat.

11. Mengatasi Susah Buang Gas

Menurut penelitian yang dilakukan di India dan Jepang, ditemukan bahwa konsumsi madu  dan bubuk kayu manis dapat mempermudah buang gas.

12. Obat Awet Muda

Minumlah secara rutin teh yang dicampur madu dan kayu manis.

13. Mengobati Jerawat

Campurkan madu dengan bubuk kayu manis, oleskan pada jerawat sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya, lalu bersihkan.

Kombinasi keduanya telah digunakan masyarakat Cina dan India sejak 5000 tahun lalu. Karena mengandung enzim yang menghasilkan hidrogen piroksida yang sangat ampuh menghentikan serta membunuh bakteri serta jamur.

Gambar Manfaat Kayu Manis Dan Madu Untuk Kesehatan
sumber: caramenurunkanberatbadan1

Artikel Terkait: manfaat air kelapa

Efek Samping Kayu Manis

Meskipun banyak manfaat kayu manis yang kamu dapatkan, tapi hati-hati dengan penggunaannya. Pasalnya, tetap saja suplemen herbal ini dapat menimbulkan efek samping tertentu, seperti:

  • Wajah memerah dan memanas
  • Peningkatan denyut jantung
  • Stomatitis, glositis, gingivitis
  • Peningkatan motilitas, anoreksia, iritasi
  • Dermatitis alergi (topikal)
  • Sesak napas
  • hipersensitivitas

Tak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin saja ada efek samping lain yang tidak dicantumkan di sini. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasi dengan ahli herbal atau dokter kamu.

Itulah tadi seputar tentang khasiat manfaat kayu manis untuk kesehatan bergambar, lengkap efek amping dan cara penggunaannya. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa share ke keluarga dan para sahabat kita, agar mereka sehat selalu. 😀

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: