Khasiat dan Manfaat Tanaman Jahe Merah, Emprit Untuk Kesehatan +Gambar Lengkap

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang khasiat dan manfaat tanaman jahe merah, emprit untuk kesehatan. Ada gambar-gambar jahe juga loh, lalu apa saja manfaat jahe itu? Ayo langsung saja.

Di Indonesia tanaman jahe merupakan tanaman yang populer. Tanaman ini sering dijadikan bumbu untuk sebuah masakan, juga berbagai minuman seperti air atau wedang jahe. Namun jahe tidak hanya berfungi untuk kebutuhan rumah tangga saja. Jahe juga bissa dijadikan sebagai obat tertentu.

Tanaman Jahe

Jahe (zingiber officinale) adalah tanaman yang rimpang yang tekenal oleh masyarakat dalam bahan remah dapur sampai menjadi obat-obatan.

Ada pendapat yang menyatakan bahwa tanaman jahe berasal India lau menyebar di asia pasifik dari asia pasifik. Awal mulnya hanya dijadikan bahan/barang dagang.

Ciri Umum Tanaman Jahe

Tanaman yang biasanya berada di wilayah tropis ini memiliki beberapa ciri, antara lain.

  • Tumbuh dengan tegak dan memiliki ketinggian sekitar 30cm sampai 60cm (tanaman herba).
  • Berbatang semu, beralur dan warnanya hijau.
  • Berbulu halus, bentuk daunnya lanset. Panjang daunnya sekitar 20cm sampai 40cm dengan lebar sekitar 2cm sampai 4cm.
  • Buahnya loncong (bulat tapi panjang) berwarna coklat, sedangkan bijinya berbentuk bulat berwarna hitam.
  • Akarnya berwana putih berjenis serabut.
  • Tumbuh bercabang berwarna kuning sedikit pucat.

Klasifikasi Ilmiah

  • Divisi         : Spermatophyta.
  • Sub-divisi  : Angiospermae.
  • Kelas         : Monocotyledoneae.
  • Ordo         : Zingiberales.
  • Famili        : Zingiberaceae.
  • Genus       : Zingiber.
  • Species     : Zingiber officinale

Kandungan Dalam Jahe

Dibawah ini adalah gambar tabel yang berisi komposisi yang terkandung didalam jahe (100 gram).

kandungan jahe
kandungan jahe

Sebutan / Nama Lain di Indonesia

Di indoneseia banyak sekali sebutan atau nama lain dari jahe, hampir setiap daerah memiliki sebutan atau nama lainnya. Hal ini membuktikan bahwa jahe tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Berikut beberapa nama lain jahe.

Sebutan / Nama Lain Jahe Diberbagai Daerah Indonesia

Daerah

Sebutan/Nama Daerah Sebutan/Nama Daerah

Sebutan/Nama

Aceh

halia Kangean jae Dayak

lai

Gayo

beuing Mongondow layu Banjarmasin tipakan
Karo bahing Poros moyuman Amahai

hairalo

Toba

pege Gorontalo melito Ambon pusu/seeia/sehi

Mandailing

sipode Buol yuyo Hila sehi
Nias lahia Baree siwei Nusalaut

sehil

Minangkabau sipodeh Makassar laia Buns

siwew

Lubu

page Bugis pace Ternate garaka

Lampung

jahi Bali jae Tidore

gora

Sunda

jahe Bima reja Aru

laian

Jawa

jae Sumba alia Kalanapat

tali

Madura jhai Flores lea Kapaur

marman

Artikel Terkait: manfaat alpukat

3 Jenis Macam Jahe

Tanah di Indonesia yang subur dan gembur, amatlah cocok untuk menananm jahe. Karena itulah banyak sekali yang membudidayakannya dengan tujuan mendapakan manfaat-manfaat tertentu.

Jahe memiliki 3 macam. Yaitu, jahe merah, jahe putih, dan jahe kuning atau yang lebih dikenal degan jahe emprit. Mari kita bahas lebih lanjut tentang jenis jahe ini.

Jahe Merah

Sesuai dengan namanya, jahe merah. Jahe ini berwana merah, jenis inilah yang paling banyak.

Jahe merah adalah salah satu hasil varietas dari tanaman umbi-umbian yang biasanya disebut dengan istilah tanaman rempah-rempah. Karena banyak yang mengonsumsinya dengan alasan dampak yang dihasilkan dapat membuat tubuh menjadi lebih hangat juga segar.

Zingiberi, adalah nama ilmiah dari jahe (bahasa Yunani). Yaitu nama pemberian dari William Roxburgh.

Gambar - Jenis Jahe Merah
Gambar Jahe Merah. -manjadda

Jahe Putih

Jahe putih ini telah dikenal oleh banyak masyarakat luas kareana efeknya yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Sudah lama sekali kepercayaan atas itu tersebut ada. Yang dulunya hanya ada di India, kini sudah dinikmati dan diminati oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Jahe putih sudah banyak dibududayakan di Indonesia. Tanaman jahe putih ini terkenal juga atas rasa cukup pedas sehingga bisa dijadikan sebagai penghanga tubuh.

Gambar - Jenis Jahe Putih
Gambar Jahe Putih. -umy

Jahe Emprit (kuning)

Sama seprti jahe lainnya, jahe emprit atau kuning ini terkenal karena banyak manfaat yang disebabkannya.

Cukup mudah untuk membedakan jenis jahe ini, cuku dengan melihatnya. Bentuknya kecil dan rimpang, juga rata, tidak menggembung dancenderung pipih. Sedikit beda dengan 2 jenis jahe yang sebelumnya, jahe ini lebih berisi. Salah satu ciri khusus jahe ini yaitu tidak mengeluarkan aroma yang begitu tajam. Tapi kalau soal rasa jahe ini lebih pedas dari yang lainnya, dan bertekstur lebih lembu.

Dari bentuk dan rasanya meman sedikit berbeda jika dibandingkan dengan jahe lainnya. Tapi manfaat dan khasiatnya memiliki banyak kesamaan.

Gambar - Jeni Jahe Emprit
Gambar Jahe Emprit. -mykaylila

Manfaat-Manfaat Jahe

Tanaman ini memiliki banyak sekali kegunaan, khasiat, juga manfaat. Oleh karennya jahe kita bisa mengambil dampak yang baik untuk menggunakannya. Dengan cara mengonsumsinya atau mengoleskannya, sangat baik sekali untuk digunakan oleh berbagai usia, dari yang sudah tua atau yang masih muda dan balita. Juga untuk wanita dan pria.

Manfaat Jahe Merah

  1. Menurunkan Berat Badan
    Manfaat jahe merah yang pertama yaitu dapat menurunkan berat badan, dengan jahe ini yang bisa melebarkan pembuluh darah dan pedasnya yang membuat kita berkeringat, oleh karena itulah bisa memnurunkan berat badab yang berlebih.
    ‘ ­
  2. Menjaga Kondisi Jantung
    Bagi kamu yang memiliki kadar trigliserida dan kolesterol yang tinggi sangat baik untuk mengonsumsi jahe ini, karena dengannya bisa membersihkan minyak dalam tubuh kita.
  3. Mencegah Mabuk Perjalanan
    Ini sangat cocok bagi kamu yang suka mabuk diperjalanan, baik darat, air, maupun udara. Hanya dengan mengonsumsi jahe merah tubuh kita akan menjadi lebih hangat dan bisa menghilangkan rasa mual yang ada pada perut.
  4. Mencegah Kanker Usus
    Jika dikonsumsi secara rutin dengan takaran yang cukup, maka jahe merah bisa membatu tubuh kita dalam mencegah kanker usus.
  5. Mengatasi Sakit Kepala
    Manfaat jahe merah lainnya adalah dapat mengatasi sakit kepala. Dengan meminum air jahe merah, bisa membuat tubuh menjadi lebih tenang dan segar juga menghilangkan rasa lelah.Sangat cocok sekali bagi yang lagi pusing banyak pikiran di kantor atau stres karena macet.
  6. Mengatasi Gatal Karena Alergi
    Cukup mengangu sekali ketika tubuh menjadi gatal karena alergi sesuatu. Nah, dengan jahe merah ini bisa memperkecil rasa gatal tersebut.
  7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
    Salah satu manfaat jahe merah selain menghangatkan tubuh, juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang. Seperti manfaat kebanyakan buah dan sayuran lainnya.
Gambar - Khasiat Manfaat Jahe Merah
Gambar Manfaat Jahe Merah. -youtube

Manfaat Air Jahe

Segelas air campuran jahe sering dijadikan pilihan untuk menghangatkan badan. Pasalnya ramuan yang satu ini memang telah lama dikenal dapat memberi sensasi rasa hangat saat masuk ke dalam tubuh. Ramuan ini juga sering  digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi seperti batuk, nyeri hingga mual dan muntah. Namun sebenarnya apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan dari rutin mengonsumsi air jahe?

Jahe mengandung senyawa kimia yang dipercaya mampu memberi efek menenangkan dan positif bagi lambung dan usus. Senyawa ini juga akan memberi efek pada otak dan sistem saraf sehingga rasa mual dapat diredam. Selain efek di atas, berikut sederet manfaat yang akan terjadi pada tubuh setelah rutin mengonsumsi air jahe!

1. Meredakan pusing

Pusing adalah satu gejala yang cukup mengganggu dan dapat mengacaukan aktivitas. Biasanya pusing merupakan tanda adanya penyakit atau kelelahan pada tubuh. Dan mengonsumsi jahe ternyata dapat membantu meredakan kondisi ini. Jahe bekerja dengan cara merangsang aliran darah ke otak, sehingga membuat keadaan berangsur membaik.

Gejala pusing haruslah ditangani dengan segera dan benar. Pasalnya pusing bisa membuat seseorang kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Selain itu pusing pun bisa menjadi gejala penyakit serius.

2. Meredakan mual

Aroma yang kuat dari jahe juga disebut mampu membantu meredakan rasa mual dan mencegah muntah. Apalagi jika kamu akan atau baru selesai menjalani operasi, jahe bisa menjadi penyelamat. Pasalnya jahe dapat membantu mengurangi rasa mual setelah operasi. Tak sekadar dengan meminumnya, kamu juga bisa mencoba mengoleskan jahe di bagian-bagian yang mudah tercium, sehingga aroma jahe akan membantu meredakan mual.

Sebagian orang pun memercayai bahwa mengonsumsi air jahe dapat membuat seseorang lebih “siap” saat akan melakukan perjalanan. jahe dapat membantu meredam mabuk kendaraan sehingga perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

3. Nyeri Menstruasi

Rutin mengonsumsi air jahe bisa membatu mengurangi nyeri yang terjadi saat menstruasi. Sejumlah penelitian membuktikan bahwa jahe yang dikonsumsi dapat meredakan nyeri menstruasi pada wanita. Bahkan khasiat dari jahe disebut tak berbeda jauh dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat.

Untuk mendapatkan manfaat jahe untuk meredakan nyeri, cobalah untuk mengonsumsi air jahe setidaknya empat gelas. Minum cairan tersebut selama dua hari masa awal menstruasi. Efek jahe pada perut disebut mampu memberi efek menenangkan dari nyeri.

4. Meredakan stres

Aroma kuat jahe ternyata tak hanya memberikan efek menenangkan bagi lambung dan usus. Mengirup aroma jahe juga dapat menurunkan tingkat stres seseorang. Selain itu, rasa tegang dan tertekan pun akan reda saat kamu menyeruput segelas air  jahe hangat.

5. Memperkuat imun

Jahe banyak mengandung vitamin C dan magnesium. Kandungan ini membuatnya cocok digunakan untuk memperkuat imunitas tubuh. Selain kedua zat tersebut, jahe juga memiliki kandungan gingerols, shogaols dan zingerones yang dapat berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh.

6. Mencegah kanker

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam US Nationnal Library of Medicine National Institutes of Health menyebut jahe dapat membantu mencegah kanker. Hal ini karena jahe memiliki kandungan gingerol yang dapat mengecilkan pertumbuhan tumor pada penyakit kanker usus.

Jahe juga memiliki fungsi anti inflamasi yang dapat melawan pertumbuhan sel kanker pada rahim. Artinya, rutin mengonsumsi air jahe juga dapat membantu mencegah perkembangan kanker rahim.

Kendati demikian, pastikan kamu memperhatikan dosis dan takaran jahe yang dikonsumsi. Sebab semua hal yang berlebihan tak pernah baik, termasuk mengonsumsi jahe. Beberapa efek samping yang bisa terjadi karena terlalu banyak mengonsumsi jahe termasuk iritasi mulut, diare, tekanan darah rendah, hingga gangguan pendarahan.

Gambar - Khasiat Manfaat Air Jahe
Gambar Manfaat Air Jahe. -vemale

Manfaat Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan salah satu minuman tradisional khas dari Nusantara. Di beberapa tempat wedang jahe di kenal dengan sebutan teh jah. Jahe merupakan bahan utama yang di buat untuk meracik ramuan ini.

Minuman ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh , hal ini disebabkan karena di dalam jahe yang menjadi bahan utama wedang ini mengandung kandungan senyawa yang bermanfaat. Senyawa yang terkandung di dalamnya meliputi minyak atrisi zingiberena, zingiberol, bisabolena, kurkumen, gingerol, filandrena, antoioksidan dan masih banyak lagi.

Kandungan yang terdapat dari ramuan ini yang meliputi kandungan antioksidan dan masih banyak lagi. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh. Lalu apa saja manfaat dan khasiat wedang jahe untuk kesehatan, berikut ini informasinya.

1. Menghangatkan badan

Manfaat utama wedang jahe ini ialah memang untuk menghangatkan badan. Karena komposisi utama dalam pembuatan wedang ini yaitu jahe. khasiat jahe sebagai bahan utama dalam pembuatan wedang ini sudah sangatlah di akui oleh para pakar-pakar kesehatan. Tentu saja menghangatkan tubuh pada cuaca dingin sangatlah di perlukan.

2. Menghilangkan stres

Wedang ini merupakan racikan dari ramuan yang sangat luarbiasa yang sangat ampuh untuk menghilangkan stres karena dapat membuat nyaman serta merelaksasi lewat aromanya. Ramuan ini tentu saja menimbulkan rasa tenang apabila kamu sedang mengalami rasa yang sangat buruk sangat baik untuk mengonsumsi wedang ini. Bahkan wedang ini juga akan membuang semua fikiran negatif.

3. Melancarkan peredaran darah

Dengan meminum secangkir wedang ini mampu membantu meningkatkan aliran darah, dan mampu membantu meningkatkan aliran darah. Asam amino serta mineral yang ada di dalam wedang ini mampu membantu aliran darah lancar.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bukan hanya kaya akan antioksidan wedang ini juga sangat berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Meminum secangkir wedang ini secara teratur dapat membantu menurunkan risiko penyakit stroke.

5. Meningkatkan nafsu makan

Wedang jahe juga berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan serta membatu membantu menghilangkan asam lambung yang menggumpal di dalam pencernaan. Oleh karena itu sangat di anjurkan untuk kamu yang memiliki masalah seperti di atas karena wedang ini sangat berperan penting dalam meningkatkan nafsu makan.

6. Mengatasi masalah pencernaan

Wedang ini juga sangat membantu pencernaan yang dapat meningkatkan penyerapan makanan serta menghindari sakit perut yang diakibatkan memakan makanan secara berlebihan serta menyebabkan usus akan lebih bersih.

7. Mengurangi memar serta rasa nyeri

Apabila tubuh kita mengalami benturan benda tumpul itu pasti akan menimbulkan memar-memar serta nyeri. Senyawa yang ada di dalam sari wedang ini merupakan anti inflamasi yang mampu di gunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan nyeri secara alami yang di akibatkan benturan dari benda tumpul.

8. Mengatasi kulit wajah yang berminyak

Bahan alami yang terbuat untuk membuat wedang ialah jahe yang mampu dipercaya sangat ampuh untuk mengurangi kulit yang berminyak.

9. Meningkatkan kebugaran

Selain untuk menghangatkan tubuh wedang ini juga mampu meningkatkan kebugaran. Hal ini di sebabkan oleh sirkulasi darah yang lancar juga di sertai dengan optimalisasi organ yang ada di dalam tubuh. Mengonsumsi minuman wedang ini secara rutin akan memungkinkan tubuh tidak akan mudah untuk merasa mudah lelah, serta pegal.

10. Menurunkan berat badan

Khasiat weedang jahe ini juga sangat mampu menurunkan berat badan yang berlebih atau yang biasa di sebut dengan obesitas. Apabila kamu sedang menjalankan program diet sehat akan sangat baik apabila kamu mengonsumsi teh hijau serta di dampingi dengan olahraga secara teratur setiap pagi karena dapat membantu keberhasilan program diet.

Gambar - Khasiat Manfaat Wedang Jahe
Gambar Manfaat Wedang Jahe. -youtube

Artikel Terkait: manfaat labu siam

Efek Samping Jahe

Sebenarnya pengonsumsian dari jahe ini sangat sedikit menimbulkan efek samping karena merupakan tanaman  sangat baik untuk tubuh. namun pengonsumsian dalam jumlah yang berlebihan bisa memicu diare, kembung, mulas ringan dan perut begah.

Jahe merupakan obat alami yang mungkin juga akan berinteraksi dengan obat alami lainnya jika dikonsumsi bersamaan lansung. Oleh karena itu jika kamu ingin mengonsumsi jahe serta obat alami lainnya sangat disarankan untuk mendapatkan dosis yang tepat dari dokter terlebih dahulu.

Para penderita batu empedu juga sanagt disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika ingin mengonsumsi jahe apakah aman atau tidak. hal ini disebabkan oleh adanya zat dalam jahe yang mungkin tidak cocok bagi para penderita batu empedu. Bagi pasien yang hendak melakukan operasi dan anastesi juga harus bertanya dengan dokter terlebih dahulu apakah baik mengonsumsi jahe atau tidak. namun secara umum jahe itu aman kecuali untuk beberapa kondisi kesehatan tertentu.

Gambar Efek Samping Bahaya Jahe
Gambar Efek Samping Jahe. -youtube

Begitu pula dengan wanita hamil dan menyusui, para penderita penyakit jantung dan diabetes juga disarankan untuk konsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi jahe.

Artikel Terkait: manfaat minyak zaitun

Orang yang saat ini sedang mengonsumsi obat aspirin juga demikian. Dosis pengonsumsian jahe mungkin akan sedikit berbeda dari satu orang ke orang lainnya sesuai dengan kondisi kesehatan tertentu. Jadi begitulah seputar tentang jahe, semoga bermanfaat.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: