Khasiat Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Kecantikan Bergambar +Efek Samping

Tanaman sirsak adalah salah satu tanaman herbal yang setiap bagiannya bisa dimanfaatkan sebagaiobat. Mulai dari buahnya, batangnya, daunnya, hingga akarnya. Semua bagian tersebut memiliki khasiatnya masing-masing yang sangat luar biasa. Khusus daun sirsak mungkin rasanya tidak semenggiurkan daging buah sirsak. Jadi mari kita bahas, tentang khasiat manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan lengkap dengan gambarserta efek sampingnya.

Tanaman yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah serta Amerika Selatan ini ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Akan tetapi daun sirsak memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan buahnya sendiri. Pada sebuah penelitian yang dilakukan pada 1965, menemukan bahwa daun sirsak memiliki kegunaan untuk mengatasi kanker.

Kandungan Daun Sirsak

Semua tanaman yang berkhasiat ini berasal dari kandungan yang yang ada di dalam tanaman tersebut, termasuk juga daun sirsak. Berbagai zat kita temui dalam daun sirsak ini, diantaranya.

1. Linoeic Acid

Linoeic Acid disebut juga asam linoleat yang namanya tentu sudah sering kita dengar di dunia kesehatan. Biasanya dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil karena bermanfaat untuk perkembangan otak.

Padahal selain itu, Linoeic Acid ini juga berkhasiat untuk kekebalan tubuh dan sebagai pengaturan tekanan darah. Itulah sebabnya zat ini sering digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit berkaitan dengan pembuluh darah.

Perannya sangat penting terutama dalam dalam memperlancar metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar membuat peredaran darah juga berjalan lancar.

Hasilnya kandungan daun sirsak ini dapat membantu menyembuhkan berbagai penyakit yang berhubungan dengan tekanan darah serta pembuluh darah. Sebut saja penyakit jantung, hipertensi atau diabetes.

Gigantetronin

Gigantentronin yang terdapat pada daun sirsak ini bermanfaat untuk membasmi sel-sel kangker yang terlanjur sudah tumbuh dalam tubuh. Uniknya ia dapat mendeteksi yang mana yang termasuk sel yang berbahaya dan yang mana yang bermanfaat bagi tubuh. Dengan begitu, walaupun ia dapat membasmi sel-sel kangker, keberadaannya tidak berpengaruh pada sel-sel yang bermanfaat di tubuh yang memang sudah seharusnya tumbuh dengan normal.

Annocatacin dan Annohexocin

Kedua zat yang juga terdapat dalam kandungan daun sirsak ini berkaitan dengan manfaat daun sirsak dalam mengurangi dan membantu penyembuhan penyakit seperti batuk, demam, dibetes, kantung, hipertensi, gangguan pencernaan, rematik, gangguan empedu dan juga kangker. Kedua zat ini seringkali dipergunakan untuk membantu penurunan kadar gula dalam darah dan sebagai antianalgesik atau penghilang rasa nyeri. Fungsi yang tak kalah pentingnya adalah menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit.

Itulah berbagai kandungan daun sirsak yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita. Terutama dalam peranannya dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan banyak manfaat tersebut maka tidak salah jika daun sirsak ini menjadi obat alternatif atau obat herbal yang direkomendasikan untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan masih banyak lagi zat yang terkandung didalam daun sirsak tersebut. Seperti:

  • Acetogenis
  • Annocatalin
  • Annomuricin
  • Gentisic
  • Acid
  • Anonol
  • Annonacin
  • Caclourine
  • Muricapentocin
  • Dll.

Dengan banyaknya kandungan tersebut maka tidak heran jika daun sirsak ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, bahkan beberapa kandungan tersebut dipercaya dapat mencegah serta mengurangi pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Gambar Kandungan Daun Sirsak Bagi Kesehatan
sumber: meramuda

Artikel Terkait: manfaat alpukat

Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan diatas. Bahwa daun sirsak memiliki khasiat atau manfaat lebih banyak dari pada buahnya sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

Daun Sirsak Untuk Kanker

Manfaat daun sirsak pertama yang membuat daun sirsak menjadi terkenal adalah mengobati kanker. Bahkan daun sirsak dapat menghambat sel kanker lebih cepat dan efektif dibandingkan dengan kemoterapi. Hal ini dikarenakan acetogenin mampu mengobati dan menyembuhkan pasien yang mengidap kanker.Acetogenin pada sirsak sangat kuat dengan kekuatan melawan sel kanker 10.000 kali lebih kuat dari adriamycin. Acetogenin menghambat pertumbuhan sel kanker sekaligus menghambat perkembangan sel tumor yang resisten terhadap obat kemoterapi adriamycin.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kanker, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Tidak hanya untuk mengobati kanker saja, daun sirsak juga dapat digunakan untuk mengobati daun sirsak. Sama halnya dengan mengobati sel kanker, kandungan pada daun sirsak yang antara lain adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin, dan asam linoleat pun dimanfaatkan pula untuk mengobati asam urat.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk asam urat, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista Ovarium

Hal ini tentu saja dialami oleh wanita. Kista ovarium bisa juga disebut tumor jinak yang muncul pada ovarium. Jika tidak segera diobati, kista dapat berkembang sebagai kanker. Oleh karena itulah Anda bisa memanfaatkan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium.

Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak yang baru saja dipetik dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kolesterol

Bagi Anda yang mempunyai kolesterol tinggi, Anda bisa mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun sirsak pula. Untuk merasakan manfaat daun sirsak untuk kolesterol, Anda hanya perlu meminum air rebusan daun sirsak. Caranya adalah dengan merebus 10 lembar daun sirsak, pilihlah yang agak tua, dengan 3 gelas air mineral. Rebus hingga air hanya tersisa nya saja. Bisa diminum dalam keadaan hangat atau dingin. Minum setiap pagi agar manfaat daun sirsak cepat dirasakan.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes

Senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal. Hal ini dikarenakan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan karena di dalamnya terkandung senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan bahaya penyakit yang mengintai tubuh setiap saat.

Gambar Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan
sumber: hetanews

Artikel Terkait: manfaat minyak zaitun

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan

1. Membuat Tubuh Langsing

Khasiat pertama yang akan kita dapatkan dari daun sirsak ini adalah khasiat bentuk badan tubuh yang menjadi langsing. Hal ini karena daun sirsak ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan sehingga membuat sistem pencernaan kita menjadi sehat, kita dapat membuang air besar secara teratur, sehingga tidak ada timbunan lemak di tubuh dan tubuh akan terlihat langsing dengan perut yang datar. Hal ini tentu saja akan membuat kita menjadi percaya diri, terutama kaum wanita.

Penggunaan :

Untuk memperoleh khasiat ini, kita dapat meminum air rebusan daun sirsak. Caranya, ambil 10 lembar daun sirsak berwarna hijau, rebus ke dalam 3 gelas air, diamkan hingga air hanya sisa 2 gelas, lalu minum secara teratur 2x sehari. Setelah itu rasakan sendiri manfaatnya.

2. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan sesuatu yang sering sekali menghampiri kita dalam kehidupan sehari-hari, terlebih seorang wanita. Jerawat ini selalu membuat jengkel orang- orang yang dihampirinya. Namun tahukah anda bahwa ada bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan jerawat ini? Jika Anda alergi atau takut menggunakan obat atau bahan kimia untuk menumpas jerawat ini, alternatif bahan alami ini bisa Anda coba. Bahan alami ini adalah daun sirsak.

Daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang dipercaya mempunyai khasiat untuk kecantikan, dan salah satunya adalah khasiat untuk menghilangkan jerawat. Untuk memperoleh khasiat ini, kita bisa menggunakan perawatan dari daun sirsak. Perawatan dari daun sirsak dapat dilakukan dengan cara menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah.

Penggunaan :

Caranya, petik sekitar 6 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan air mawar pada daun yang telah ditumbuk tersebut dan gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam juga merupakan problematikan yang sering muncul di kalangan perempuan. Bagaimanapun, flek hitam ini kan membuat penderitanya menjadi tidak percaya diri. Hal ini karena flek hitam ini akan membuat penampilan kita menjadi kurang menarik, terlebih bagi kaum wanita. Flek hitam ini seperti noda yang ada pada wajah. Untuk menghilangkan flek hitam ini biasanya dengan menggunakan krim pencerah atau serum. Namun jika termasuk tipe orang yang tidak suka menggunakan bahan kimia, ada alternatif yang dapat Anda coba. Alternatif ini menggunakan bahan tradisional atau alami.

Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menumpas keberadaan flek hitam pada wajah adalah daun sirsak. Daun sirsak ini dikenal sebagai bahan alami yang mempunyai khasiat untuk kecantikan. Untuk memeperoleh khasiat ini, kita bisa menggunakan perawatan dari daun sirsak. Perawatan dari daun sirsak dapat dilakukan dengan cara menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah.

Penggunaan :

Caranya, petik sekitar 6 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan air mawar pada daun yang telah ditumbuk tersebut dan gunakan sebagai masker. Gunakan secara sebelum tidur teratur untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Menghilangkan Komedo

Salah satu problematika wajah dari serangkaian problematika adalah adanya komedo. Komedo ini merupakan benda- benda kecil yang terdapat di dalam wajah yang menyebabkan wajah menjadi kasar dan tidak halus apabila diraba, menyebabkan wajah terlihat kusam dan berbintik. Komedo ini sifatnya tertanam di wajah, apabila kita memencetnya maka komedo ini akan keluar dengan sendirinya. Terkadang komedo juga terlihat di permukaan kulit sebagai tutul- tutul putih sehingga akan menghalangi pandangan wajah yang halus.

Komedo banyak tersebar di area sekitar hisung dan pinggir bibir. Apabila kita garuk maka akan menyebar dan terlihat seperti sekumpulan noda putih. Komedo ini juga membuat penderitanya menjadi kurang percaya diri, terlebih kaum wanita. Ada cara alami untuk meghilangkan komedo ini, yakni dengan menggunakan perawatan dari daun sirsak. Untuk memeperoleh khasiat ini, kita bisa menggunakan perawatan dari daun sirsak. Perawatan dari daun sirsak dapat dilakukan dengan cara menggunakan daun sirsak sebagai masker wajah.

Penggunaan :

Caranya, petik sekitar 6 lembar daun sirsak, kemudian tumbuk hingga halus. Setelah itu, campurkan air mawar pada daun yang telah ditumbuk tersebut dan gunakan sebagai masker. Gunakan secara teratur sebelum tidur untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Mengencangkan Kulit Sehingga Terlihat Awet Muda

Setiap orang mengingibkan penampilannya terlihat awet muda. Tidak hanya perempuan, namun juga laki- laki. Untuk mengencangkan kulit biasanya para wanita akan melakukan perawatan di salon- salon mahal dengan mandi susu atau spa dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa ada perawatan alami yang dapat berkhasiat mengencangkan kulit sehingga terlihat awet muda?

Perawatan amai tersebut bisa kita peroleh dari daun sirsak. Daun sirsak merupakan bahan alami yang dikenal mempunyai khasiat untuk kecantikan. Dan khasiat tersebut salah satunya untuk mengencangkan kulit sehingga terlihat awt muda. Untuk memperoleh khasiat ini, kita bisa menggunkan daun sirsak sebagai perawatan.

Penggunaan :

Caranya dengan meminum air rebusan daun sirsak secara rutin dan teratur. Ambil 8 hingga 10 lembar daun sirsak, rebus ke dalam 3 gelas air hingga mendidih dan diamkan hingga airnya hanya sisa 1 gelas. Kemudian minum ramuan ini. Lakukan sebanyak 1 hingga 2 kali seminggu secara rutin dan rasakan sendiri khasiatnya.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesuburan

Pada beberapa kesempatan, terbukti pula bahwa daun sirsak dapat meningkatkan produksi jumlah sperma dan pada wanita dipercaya dapat memperkuat rahim.

Gambar Manfaat Daun Sirsak Untuk Kecantikan
sumber: 2.bp

Efek Samping Daun Sirsak

Konsumsi daun sirsak berlebihan, entah dalam bentuk air rebusan atau teh, bisa memicu kerusakan saraf yang berujung pada penyakit Parkinson. Hal ini dikarenakan daun sirsak bisa membunuh sel saraf di otak dan bagian tubuh lain sehingga terjadi gangguan pergerakan seperti yang biasa dialami oleh penderita parkinson.

Membahayakan ibu hamil dan menyusui

Beberapa riset juga menyarankan agar ibu hamil atau menyusui tidak mengonsumsi daun sirsak karena tidak aman bagi kesehatan ibu ataupun sang buah hati.

Kurang cairan

Efek samping daun sirsak lainnya adalah tubuh mengalami dehidrasi. Karena selain bersifat diuretik, semua toksin yang dikeluarkan tubuh usai mengonsumsi daun sirsak membuat tubuh banyak kehilangan cairan. Oleh sebab itu, saat Anda harus mengonsumsi rutin air rebusan atau teh daun sirsak, selalu sertai dengan air putih yang banyak agar tubuh tetap kuat dan tidak lemah.

Asam lambung meningkat

Meski ramah bagi lambung, namun ada senyawa dalam daun sirsak yang bisa memicu naiknya asam lambung hingga ke tenggorokan. Tentunya ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman.

Susah BAB

Walau buahnya baik untuk menjauhkan konstipasi, namun senyawa dalam daun sirsak dapat mempengaruhi kadar lendir dalam usus sehingga menghalangi proses penyerapan nutrisi makanan. Untuk menghindari efek samping daun sirsak yang satu ini, maka Anda disarankan untuk memperbanyak konsumsi makanan berserat lain saat minum air rebusan daun sirsak.

Tubuh Kepanasan

Besar kemungkinan Anda juga akan mengalami panas berlebihan bila mengonsumsi daun sirsak secara berlebihan. Beberapa tandanya antara lain meningkatnya kuantitas keringat, perut terasa terbakar, lemas, cemas, bahkan nafsu makan juga bisa merosot.

Nyeri Otot dan Sendi

Biasanya efek samping daun sirsak satu ini kerap dialami oleh para dewasa atau lansia yang sebelumnya sudah mengalami gangguan otot dan sendi. Hal ini tentu sedikit kontra dengan manfaat rebusan daun sirsak yang justru digadang-gadang mampu menyembuhkan asam urat. Namun untungnya, dampak negatif tersebut ikut hilang bila Anda menghentikan atau mengurangi konsumsi daun sirsak.

Ginjal Dipaksa Bekerja Lebih Berat

Saat tubuh mengonsumsi air rebusan daun sirsak, maka itu tandanya ginjal harus bekerja lebih keras untuk menyaringnya. Oleh sebab itu, jangan konsumsi daun sirsak secara berlebihan agar Anda tidak sampai mengalami gagal ginjal.

Menurunkan Fungsi Organ Hati

Di satu sisi, daun sirsak dapat menguatkan liver. Namun di sisi lain fungsi hati juga bisa terganggu bila Anda terlalu banyak mengonsumsinya. Sama prinsipnya dengan ginjal, saat tubuh menerima air rebusan daun sirsak, maka itu tandanya bahwa hati juga harus bekerja lebih ekstra untuk memilah racun maupun zat kimia yang ada. Dan bila hati dipaksa bekerja terlalu keras, maka fungsinya bisa menurun. Saat fungsinya menurun, maka tubuh lebih rawan terkena penyakit lainnya.

Memperparah Komplikasi Penyakit

Karena daun sirsak memuat beragam nutrisi maka keberadaannya tentu dapat mempengaruhi kinerja hormon maupun enzim dalam tubuh yang semula berfungsi normal. Mereka yang mengalami penyakit komplikasi seperti diabetes, asam urat, kolesterol, stroke, atau jantung bisa lebih parah keadaannya karena metabolisme tubuh menjadi tidak stabil.

Gambar Efek Samping Daun Sirsak dan Cara Mengatasinya
sumber: okebandung

Artikel Terkait: manfaat kayu manis

Cara Mengatasi Efek Samping

Selalu pilih daun sirsak yang kondisinya masih segar atau baru dipetik Untuk produk teh daun sirsak, pilihlah yang masih fresh, yang tanggal kadaluarsanya masih lama.

Untuk mengurangi kekentalannya, Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami dalam air rebusan daun sirsak. Hindari minum daun sirsak usai atau sebelum minum obat lainnya agar tidak timbul komplikasi. Perbanyak minum air putih agar ginjal terbantu dan tubuh jauh dari dehidrasi. Selalu konsumsi daun sirsak bersama dengan makanan tinggi serat agar BAB tetap lancar.

Dan yang terakhir, kalau efek samping daun sirsak masih berlanjut bahkan lebih parah, ada baiknya Anda menghentikan konsumsinya sementara. Berkonsultasilah lebih lanjut dengan dokter untuk mendapatkan solusi terbaiknya.

Itulah tadi seputar, khasiat manfaat daun sirsak bagi kesehatan dan kecantikan lengkap dengan gambarserta efek sampingnya. Semoga bermanfaat.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: