Khasiat Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan Pria dan Wanita +Efek Sampingnya

Halo sobat koran. Pada artikel kali ini, kita akan mengenal apa saja khasiat dan manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk wanita, tapi juga untuk pria, serta efek-efek sampingnya.

Buah nanas (bahasa latin: Ananas comosus (L.) Merr.) mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum kamu ketahui. Selain bisa dimakan secara langsung, buah yang berasal dari Brazil ini juga memiliki banyak cara untuk menikmatinya. Di Indonesia sendiri banyak sekali tanaman nanas, dan Subang (Jawa Barat) merupakan daerah pengasil buah nanas terbesar di Indonesia. Dibawah ini kita akan mengnal buah nanas lebih dekat.

Daftar Isi

Manfaat Buah Nanas

Seperti yang sebelumnya pernah dikatakan, bahwa buah nanas memiliki ini banyak sekali manfaat. Didalamnya terkandung vitamin A, vitamin C, betakaroten, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium dan enzim bromelin.

Tidak hanya dari mengonsumsi/memakan nanas untuk mendapatkan manfaatnya. Tapi, juga bisa digunakan dengan cara lain seperti mempercepat penyembuhan luka pada permukaan kulit. Berikut inilah manfaat-manfaatnya.

manfaat nanas
sumber: eipaweb

Artikel Terkait: manfaat minyak zaitun

Manfaat Buah Nanas Untuk Pencernaan

Seperti pada umumnya buah dan sayuran lainnya, nanas mnyimpan serat makanan yang penting dalam menjaga kita untuk teratur menjaga kesehatan usus. Tapi tidak seperti buah yang lainnya, nanas menyimpan jumlah zat yang cukup banyak. Seperti, bromelain, enzim yang memecah protein, mungkin membantu pencernaan, menurut American Cancer Society.

Enzim Yang Baik

Menurut hasil study di Maryland Universiy, nanas memiliki enzim pencernaan yang amat baik, disebut dengan istilah bromelain. Enzim itu tersebut merupakan campuran dari enzim proteolitik yang berfungsi untuk membantu usus kita dalam memecah juga menyerap protein lebih cepat dan banyak. selain itu bromelain juga bisa mengurangi masalah sakit perut seperti diare.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Seperti yang tadi dikatakan, buah nanas secara alami mengandung banyak serat. Salah satu funsi srat yaitu meningkatkan sistem pencernaan. Biasanya, makanan-makan yang memiliki unsur serat tinggi akan membutukan waktu yang lama untuk dicerna, tapi dengan mengonsumsi buah nanas ini dapat mempercepatnya.

Mencegah Perut Kembung

Pada umumnya jika sesorarang kembung akan merasakan perut yang membesar dan terdapat panyak tekanan gas yang berlebih. Untuk mengilangkan rasa kembung itu cukup mudah, hanya dengan memakan buah nanas maka makanan lain akan tercena lebih baik, dan akan hilang secara alami. Karena kandungan bromelain dan fiber dari buah nanas juga bermanfaat untuk menenangkan pada perut kita.

Pembersih

Nanas adalah buah yang rajin, karen dia suka sekali bersih-bersih. Kandungan enzim bromelain yang terdapat didalamnya bisa membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi normalkan keasaman dalam darah.

Nanas juga menaikkan kadar basa pada darah dan membantu mengurangi penyakit edema dengan cara mengurangi air berlebih yang ada di dalam tubuh. Nanas  yang mempunyai kandungan aspartic acid yang cukup tinggi. Asam aspartic ini berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Selain itu asam ini juga membantu membuang asam ammonia (racun yang berbahaya bagi system syaraf pusat) di dalam tubuh.

Mencegah Kanker Usus

Mengonsumsi nanas juga baik untuk pencernaan, selain itu bagus juga untuk mencegah kanker pada usus. Kandungan antioksidan dari vitamin C yang terkandung didalamnya mampu bersaing melawan sel-sel kanker yang ada pada tubuh. Selain itu, masih banyak kandungan dalambuah nanas seperti antioksidan lainnya, yang termasuk vitamin A, beta karoten, bromelain, dan berbagai senyawa flavonoid. Tidak hanya sampai situ, buah nanas juga mampu menangkal penyebab pertumbuhan kankernya.

Manfaat Buah Nanas untuk Pencernaan
Manfaat Buah Nanas untuk Pencernaan

Manfaat Nanas Bagi Ibu Hamil

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak disukai olenh banyak orang. Namun, tidak sedikit juga yang menghindarinya, contohnya ibu hamil. Sebagian orang berpendapat jika nanas merupakan salah satu buah yang tidak boleh dimakan wanita ketika sedang mengandung. Angapan yang beredar tersebut menyatakan bahwa buah ini dapat menyebabkan permasalahan dalam perkembangan kehamilan atau bahkan sampai keguguran.

Tapi tahukah kamu? bahwa sebenarnya nanas itu sendiri merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik akan kesehatan ibu hamil. Seperti yang telah dibahas di atas, buah ini bisa menjadii obat pencernaan, anti peradangan dan lain-lain. Karena mengandung enzim bromealin yang dapat membantu untuk melemaskan serviks ini sangat bermanfaat, namun tidak baik juga ketika dikonsumsi terlalu banyak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah nanas untuk wanita yang sedang hamil.

Melancarkan pencernaan

Kandungan vitamin C dan enzim yang begitu kaya berperan penting dalam pencernaan yang dibutuhkan seorang ibu yang sedang mengandung. Jadi aman bagipara ibu hamil untuk memakan nanas dalam jumlah yang tidak berlebihan pada saat hamil.

Anti Konstipasi (Susah Buang Air Besar)

Lemak jenuh yang rendah dan mengandung serat yang terdapat pada buah ini sangatlah bermanfaat. Serat yang berada di dalam nanas bisa membantu untuk mengatasi masalah buang air besar. Konstipasi merupakan salah satu permasalahan yang cukup merepotkan bila terjadi pada ibu yang sedang hamil. Jadi mengkonsumsi nanas dapat membantu melancarkan buang air besar.

Menjaga Sistem Syaraf dan Jantung

Karena buah ini mengandung vitamin B1 yang berfungsi sebagai produksi energi, meningkatkan fungsi kardiovaskular, meningkatkan kesehatan mata dan mencegah katarak, meningkatkan fungsi otak, dan mengembangkan myelin sheaths. maka dapat membantu menjaga kesehatan sistem syaraf dan jantung kita.

Menjaga KesehatanTulang

Kandungan mangan yang berada didalamnya dapat membantu kesehatan dan mempetk kuat tulang.

Mengatasi Morning Sickness

Jika kamu sering mengalami hal ini, maka buah nanas cocok untuk dikonsumsi. Karena mengandung vitamin B6 yang berfunsi membantu mengatasi masalah morning sickness, juga bagus untuk meningkatkan fungsi tubuh. Cukup dengan memakan secukupnya makan masalah ini akan hilang.

Manfaat Nanas Untuk Kecantikan

Nanas buah yang mudah ditemukan dan harganya pun relatif murah. Jangan ragu untuk membeli dan mengonsumsi nanas karena buah ini memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa di antaranya.

Menjaga Keelastisan Kulit

Nanas memberikan dukungan terhadap sintesis kolagen dalam tubuh. Semakin tinggi sintesis kolagen akan membuat kulit menjadi lebih elastis. Selain itu, nutrisi lain yang ada di dalamnya seperti asam amino dan vitamin C akan mempengaruhi sel-sel dan jaringan yang rusak agar diperbaiki dengan cepat. Gunakan jus nanas yang baru pada wajah kemudian cuci menggunakan air hangat setelah 10 menit.

Melembabkan Kulit

Kandungan yang kaya vitamin, nanas mengatasi kekurangan cairan pada tubuh dan kulit. Kulit yang kering terlihat kusam dan tidak menarik. Manfaat nanas akan memberikan efek hidrasi pada kulit. Campur sekitar 3 sendok makan nanas segar yang dihaluskan. Kemudian tambahkan kuning telur dan sedikit susu. Oleskan pada daerah kulit yang kering dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci bersih dengan air hangat.

Memperbaiki Kulit Kaki

Buah nanas dapat menjadi scrub alami untuk kaki yang membantu dalam peluruhan kaki bersisik, kulit kapalan pada kaki dan mengembalikan kulit kaki menjadi halus dan lembut. Nanas juga dapat menangkan peradangan dan pembengkakan pada kulit kaki yang dipicu kulit kaki yang pecah-pecah.

Mengembalikan Kesehatan Bibir

Buah nanas yang digunakan bersamaan dengan minyak kelapa, dapat membantu mengatasi bibir pecah-pecah. Nanas serta minyak kelapa memberikan bersifat bergizi, yang menyembuhkan bibir pecah-pecah dan melunakkan bibr. Selain itu, campuran minyak kelapa dan nanas ini memberikan kilau alami pada bibir.

Melembutkan dan Memperkuat Kuku

Kurangnya asupan vitamin A, bisa membuka peluang terjadinya kuku yang dan rapuh. Namun bisa menjadi lebih buruk, jika mengalami kekurangan vitamin B yang menyebabkan kuku retak dan terbelah. Tidak perlu menggunakan multivitamin untuk mencegah kondisi tersebut, hanya dengan mengkonsumsi nanas. Penerapan eksternal serta konsumsi internal yang benar-benar teratur bisa mengurangi kondisi tersebut, meringankan infeksi dan memperkuat dan melembutkan kuku.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Buah dan daun nanas ternyata bermanfaat untuk membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement). Enzim dalam daun dan buah nanas ternyata dapat membuat jaringan yang terkena luka bakar sehat kembali.

Menurunkan Berat Badan

Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apapun, lakukan dua kali sehari.

Nanas Bagi Ibu Hamil
sumber: kesehatanibuhamil

Manfaat Nanas Untuk Diet

Buah nanas mengandung banyak sekali nutrisi-butrisi yang sangat penting untuk tubuh seperti vitamin, serat, kalsium, kalium, magnesium, asam amino dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, buah nanas memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bermanfaat dalam mencegah penyakit kanker dan sakit jantung.

Kandungan serat yang dimiliki buah nanas mampu menurunkan berat badan secara efektif, sehingga jika dikombinasikan dengan menjalankan program diet pasti hasilnya dapat lebih maksimal

Berikut ini merupakan beberapa manfaat buah nanas untuk diet, diantaranya yaitu :

Menurunkan Berat Badan Dengan Maksimal

Dengan rutin mengkonsumsi jus buah nanas pada saat menjalankan diet sangat efektif didalam menurunkan berat badan, karena didalam kandungan buah nanas terdapat banyak sekali nutrisi yang di butuhkan tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan asupan nutrisi.

Mencegah Penyakit Maag

Penyakit maag di sebabkan oleh karena pola makan yang tidak teratur atau telat makan, tetapi buah nanas dapat mencegahnya karena buah nanas mengandung karbohidrat yang cukup sehingga bersifat mengenyangkan.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Dengan kandungan vitamin C yang ada di dalam buah nanas, sangat efektif di dalam menjaga daya tahan tubuh. Untuk itu, kamu yang sedang menjalankan program diet dengan di damping buah nanas tidak akan mudah sakit dan bahkan akan selalu bugar setiap hari.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi buah nanas pada saat menjalankan program diet, di percaya sangat ampuh dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa manfaat nanas untuk diet, namun untuk mendapatkan tubuh langsing tidak cukup hanya dengan menjalankan program diet saja, akan tetapi mesti di barengi dengan olahraga yang cukup. Olahraga secara teratur dapat bermanfaat untuk membakar lemak dan kalori di dalam tubuh, sehingga proses penurunan berat badan bisa lebih optimal. Cara ini merupakan cara diet yang sehat, maka dari itu cara ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Nanas Untuk Diet
sumber: lifestyle.okezone

Manfaat-Manfaat Lainnya

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan diaatas tadi, masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan.

Berikut manfaat-manfaat lainnya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Pria

Nanas adalah buah yang berisi banyak air yang mempunyai rasa lezat dan menyegarkan. Tidak hanya itu saja, sebab buah nanas ini juga banyak menyediakan untuk kita vitamin, mineral, antioksidan, dan enzim yang bersifat mempromosikan pencernaan, meredakan asam lambung, mengurangi peradangan, dan membantu memecah protein hewani.

Buah nanas sangat mudah didapatkan di pasaran. Harganya yang sangat terjangkau, sekaligus menjadi pilihan buah terbaik terutama bagi masyarakat yang tinggal diwilayah tropis. buah ini banyak khasiat dan manfaatnya, akan tetapi perlu berhati-hati bagi wanita yang sedang berbadan dua. Buah nanas mengandung bromelian, yang menjadikannya sebagai salah satu buah yang tidak boleh dimakan Ibu Hamil.

Gizi yang bisa kamu dapatkan dari nanas antara lain, vit. C, vit. B6 dan vit. B1, serta folat.

Dibawah ini Manfaat buah nanas yang belum kamu ketahui:

  1. penting untuk membangun sistem kekebalan tubuh
  2. Mencegah kanker usus
  3. menjaga gusi tetap sehat. Mendukung sintesis kolagen
  4. dan meningkatkan fungsi sistem saraf yang tepat
  5. Meredakan sembelit
  6. Mengandung Fosfor yang bermanfaat mempromosikan tulang dan gigi yang kuat
  7. mendukung kesehatan kulit.

Bahkan pasalnya, nanas memiliki khasiat untuk menutrisi sperma pria hingga meningkatkan gairah seksual pada pria.

Manfaat Buah Nanas Untuk Pria
sumber: linisehat

Manfaat Nanas untuk Wanita

Selain menyehatkan sperma pada pria, buah nanas juga menyimpan manfaat buah nanas untuk wanita. Untuk kamu yang suka mengkonsumsi nanas, khususnya wanita dipastikan akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti kanker payudara, penyakit kandung kemih, kram otot dan lain sebagainya. Selain itu, nanas yang mengandung kalsium, vitamin, magnesium, tembaga da fosfor bisa menyembuhkan berbagai macam gangguan kesehatan pada wanita.

Buah- buahan merupakan makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Buah- buahan mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Buah- buhan juga merupakan salah satu bagian makanan dari empat sehat lima sempurna yang mana sangat baik bagi tubuh manusia.

Salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi adalah nanas. Nanas merupakan salah satu buah yang sarat akan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Nutrisi yang ada di dalam buah nanas merupakan nutrisi yang komplit, meliputi vitamin, mineral, lemak, gula, dan lain sebagainya. Berikut ini merupakan informasi mengenai kandungan dari buah nanas yang lebih mendetail.

  1. Buah nanas merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan mineral. Beberapa mineral yang terkandung dalam buah nanas meliputi kalsium, fosfor, zat besi, natrium, kalium, magnesium, mangan, tembaga, dan selenium.
  2. Buah nanas juga merupakan buah yang banyak mengandung zat gula. Beberapa zat gula yang dimiliki oleh buah nanas antara lain glukosa, fruktosa, dan juga dekstrosa.
  3. Vitamin merupakan nutrisi yang banyak terkandung dalam buah nanas. Berbagai vitamin yang terkandung di dalam buah nanas antara lain adalah vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, dan vitamin K.
  4. Nanas juga merupakan buah yang banyak mengandung lemak, karbohidrat, dan juga protein.

Itulah beberapa nutrisi yang dimiliki oleh buah nanas. Nutrisi- nutrisi yang disebutkan di atas merupakan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh dan juga dibutuhkan oleh tubuh manusia. Sehingga hal ini akan membuat nanas menjadi buah yang sangat bermanfaat bila dikonsumsi.

Manfaat Buah Nanas Untuk Wanita
sumber: heathng

Baca Juga: manfaat labu siam

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Lainnya

Semua buah yang tumbuh di muka bumi, kebanyakan membawa khasiat baik dan bermanfaat, tidak terkecuali buah nanas. Buah ini merupakan buah iklim tropis yang tumbuh tidak mengenal musim. Berikut manfaat lain nanas untuk kesehatan tubuh.

Pencegahan Degenerasi Makula

Degenerasi makula adalah suatu kondisi orang dewasa yang mengalami kehilangan penglihatan. Gangguan ini menyebabkan kesulitan untuk membaca dan mengenali sesuatu dengan benar. Zat beta karoten yang terdapat pada nanas yang memberdayakan penglihatan dan harus dikonsumsi secara teratur untuk kesehatan mata

Meningkatkan Imunitas

Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.

Mencegah Hipertensi

Seseorang yang cenderung memiliki tekanan darah tinggi, tentunya akan berusaha untuk membuat tekanan darah kembali stabil. Pilihan makanan yang tepat menjadi salah satunya, yaitu dengan mempertimbangkan diet nanas untuk hipertensi. Jumlah kandungan kalium yang tinggi namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.

Meredakan Mual

Jus nanas yang segar dapat meredakan rasa mual, misalnya untuk mengatasi morning sickness. Hal ini cukup berguna untuk ibu hamil yang biasanya mengalami mual. Hal ini juga membantu orang-orang yang sedang melakukan perjalanan denga kendaraan, yang sering  menyebabkan mabuk.

Menguatkan Tulang

Zat kalsium hadir dalam jumlah yang melimpah di dalam nanas dan membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat. Secangkir jus nanas akan memberikan sekitar 73% dari mangan yang diperlukan untuk hari. Sebuah studi menunjukkan hasil bahwa mangan bersama dengan mineral lainnya, dapat membantu dalam mencegah osteoporosis pada wanita asca menopause.

Memperkuat Sistem Imun Dalam Tubuh dan Memperlambat Penuaan Dini

Nanas mempunyai asam amino esensial dan non-esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi. Zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non-esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Selain itu, nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.

Meningkatkan Protein Dalam Tubuh dan Mengurangi Dehidrasi

Mengkonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh. Nanas Juga bisa mengurangi dehidrasi. Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (Retinol) masing-mqsing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram. Vitamin C dan A tersebut memiliki aktivitas sebagai anti-oksidan yang mampu menghentikan reaksi berantai pembentukan radikal bebas dalam tubuh yang diyakini sebagai provokator berbagai penyakit.

Mengurangi Stress

Menurut penelitian yang dilakukan Wen danWroslstad dari Jurusan ilmu dan Teknologi Pangan, Oregon State University (2002), sari buah nanas ternyata memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 miligram – 3,15 miligram per 100 gram. Serotonin ini selain berperan mencegah kanker juga dapat mengurangi stres. Dengan mengosumsi buah nanas 200 gram setiap hari secara teratur selama beberapa minggu, tubuh memperoleh manfaat ganda.

Selain vitamin C sekitar 60 miligram terpenuhi, tubuh akan mengalami rileksasi (terhindar dari strees) karena turunnya kadar kolesterol darah sebesar 10 persen.

Dapat Mengobati Radang Tenggorokan :
Sediakan dua buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, dijus atau diparut, peras airnya, minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.

Menyembuhkan Radang Kutit

Sediakan l buah nanas yang sudah masak, kupas, cuci bersih, lalu parut. Gosokan parutan nanas pada bagian kulit yang sakit, lakukan pada malam hari menjelang tidur, biarkan semalaman, dan cuci keesokan harinya.

Mengatasi Ketombe

Sediakan setengah buah nanas yang sudah masak, kupas kulitnya, parut, peras lalu saring, tambahkan perasan 1 jeruk nipis ke dalam perasan nanas tadi, aduk rata, kemudian gosok pada kulit kepala, lakukan sebelum tidur, dan keramas keesokan harinya.

Cara lainnya: Kupas lalu parutlah satu buah nanas muda, kemudian lumatkan 12 helai daun galing dan campurkan kedua bahan itu. Selanjutnya, diamkan bahan itu selama dua jam, lalu saringlah dengan kain. Gunakan ramuan ini untuk membilas saat keramas.

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Salah satu cara untuk mencegah naiknya tekanan darah adalah dengan memperbanyak konsumsi kalium dengan sedikit tambahan konsumsi natrium. Dan nanas adalah pilihan tepat karena 1 cup nanas mengandung 1 mg natrium dan 195 mg kalium.

Menjaga Kesehatan Gigi

Masih menjadi salah satu kelebihan vitamin C, yaitu mampu mencegah timbulnya plak pada gigi dan melindungi gusi dari berbagai penyakit.

Mengobati Demam dan Flu

Vitamin C yang terkandung pada buah nanas ini begitu tinggi, hingga sangat efektif untuk penderita demam dan flu jika mengkonsumsi buah ini. Nanas bisa melancarkan gangguan pada tenggorokan yang dampaknya membuat penyakit flu yang menyerang segera pulih. Hal ini dikarenakan vitamin C pada buah nanas bisa memerangi aneka macam virus dan bakteri penyebab flu.

Manfaat Lainnya Buah Nanas
sumber: adgenrenalcare

Artikel Populer: manfaat kayu manis

Bahaya atau Efeksamping dari Buah Nanas

Selain buah nanas baik untuk pencernaan, tapi tidak baik juga kalau mengonsumsinya berlebihan. Kamu mungkin akan merasakan bengkak dan agak gatal di bagian, bibir, lidah, dan pipi bagian dalam. Hal ini disebabkan oleh sifat daging nanas itu sendiri yang panas, biasanya akan hilang dalam beberapa jam. Tapi kalau disertai gatal-gatal sampai sulit bernapas, bisa jadi kamu memang alergi buah nanas.

Sedangkan untuk wanita hamil, asupan kandungan bromelain yang berlebihan akan mengakibatkan kontraksi rahim yang berpotensi menimbulkan keguguran. Tentu saja bukan berarti ibu hamil tidak boleh makan nanas. Bromelain dalam level membahayakan ini baru bisa didapat jika kamu melahap dua buah nanas utuh sekaligus.

Bahaya Nanas Bagi Kehamilan

Selain terdapat manfaat nanas bagi ibu hamil, ternyata nanas juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi terlalu banyak atau berlebihan. Beberapa bahaya buah nanas bagi ibu hamil antara lain:

Kelahiran Prematur

Bromealin dapat melemahkan serviks sehingga berpotensi bisa mendorong kelahiran terlalu awal atau prematur. Selama trimester pertama sebaiknya menghindari konsumsi dari nanas untuk mencegah masalah ini. Konsumsi nanas yang berlebihan akan berpengaruh pada kehamilan ibu, jadi sebaiknya tidak mengkonsumsi pada trimester pertama atau mengkonsumi sedikit saja.

Keguguran

Nanas yang masih muda sebaiknya dihindari untuk dimakan karena tidak baik bagi kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Jika ingin mengkonsumsi nanas, sebaiknya nanas yang sudah matang dan dalam jumlah yang tidak banyak. Jika mengkonsumsi nanas yang terlalu muda dan terlalu banyak dikhawatirkan dapat mendorong terjadinya keguguran.

Diare

Nanas jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menyebabkan diare karena kandungan di dalamnya yang berupa serat. Nanas juga cenderung keras bagi beberapa orang yang sensitif. Diare sendiri tidak baik bagi ibu hamil karena diare dapat menyebabkan ibu hamil kekurangan nutrisi jika buang air terlalu sering. Janin juga akan ikut terganggu jika sang ibu kesehatannya terganggu. Jadi ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sering memakan buah nanas.

Tinggi Kandungan Gula

Nanas mengandung gula yang tinggi sehingga tidak cocok bagi penderita diabetes. Ibu hamil juga sebaiknya tidak terlalu banyak mengkonsumsi nanas jika tidak ingin kadar gula darahnya naik. Kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit, memicu bahaya diabetes saat hamil dan menimbulkan bahaya obesitas bagi ibu hamil.

Mmuntah-Muntah

Memakan terlalu banyak nanas bisa menyebabkan muntah-muntah. Sebenarnya jika makan dalam jumlah sedang atau sedikit akan dapat mengatasi mual namun, jika terlalu banyak maka dapat menyebabkan muntah-muntah. Ibu hamil perlu menjaga dirinya agar tidak sakit sehingga janinnya juga dapat terjaga kesehatannya.

Ruam Pada Kulit

Bagi sebagian orang, memakan nanas terlalu banyak bisa menyebabkan ruam pada kulit atau gatal-gatal pada bagian tubuh. Hal ini mungkin tidak langsung akan mempengaruhi kesehatan janin, namun berpengaruh pada sang ibu hamil. Jika ibu hamil merasa tidak nyaman tubuhnya maka itu secara tidak langsung akan berpengaruh pada janinnya.

Bahaya Nanas Untuk Ibu Hamil
sumber: octdigest

Artikel Terkait: manfaat air kelapa

Efek Samping Lain Dari Buah Nanas

Selain bisa berbaya untuk konsumsi oleh ibu yang sedang hamil, seperti yang telah disebutkan di atas. Buah nanas juga memiliki bahaya atau efek samping sebagai berikut.

Memicu Rematik

Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. lni bisa memicu kekambuhan rematik. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

Meningkatkan Gula Darah

Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Gatal Pada Lidah dan Tenggorokan

Terkadang sehabis makan nanas segar, lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.

Perparah Nyeri Sendi

Penderita nyeri sendi tak disarankan untuk menyantap buah nanas. Perlu kamu tahu, nanas dapat memperparah nyeri sendi yang dialami.

Perburuk Sinus

Penyakit sinus akan makin parah bila kamu mengonsumsi nanas. Dilansir Boldsky, produksi lendir bakal lebih banyak ketika nanas masuk ke dalam tubuh.

Memperoprah Alergi

Bagi kamu yang mengalami alergi, buah nanas juga sebaiknya tidak kamu konsumsi. Pasalnya kandungan enzim di dalam buah nanas juga bisa mempeparah alergi yang kamu alami. Biasanya gejala dimulai dengan sakit tenggorokan.

Bahaya Lain Dari Buah Nanas
sumber: margriet

Orang Lain Juga Membaca: manfaat daun sirsak

Buah memang sangat bermanfaat, tapi dengan kondisi tubuh tertentu buah justru bisa menimbulkan bahaya pada tubuh kamu. Kenali tubuh kamu dengan baik untuk mengkonsumsi makanan yang kamu inginkan.

Itulah tadi  khasiat dan manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya untuk wanita, tapi juga untuk pria, serta efek-efek sampingnya.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: