11 Manfaat Buah Naga Untuk Kesehatan dan Kecantikan (Wajib Baca)

Buah naga merupakan buah yang berasal dari salah satu jenis kaktus yang cukup unik, mungkin sudah banyak orang yang tidak asing lagi dengan khasiat dan manfaat buah naga. Karena memang buah naga memiliki seribu manfaat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Nah pada kesempatan kali ini saya akan memberikan penjelasan mengenai manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Naga

Langsung aja yuk! Berikut ini adalah beberapa manfaat buah naga.

Gambar-Buah-Naga
Gambar-Buah-Naga (sumber: wowkeren.com)

 

Membantu Mengurangi Berat Badan

Setiap orang tentunya mendambakan bentuk tubuh yang ideal, tidak sedikit orang yang melakukan berbagai macam hal untuk menurunkan berat badan. Padahal kalau kamu ketahui buah naga bisa dimanfaatkan sebagai cara alami menurunkan berat badan. Dimana di dalam buah naga sendiri mengandung kaya serat dan rendah kalori.

Selain untuk mengenyangn perut, kamu juga tidak perlu khawatir jika nantinya berat badan akan bertambah. Karena memang kandungan rendah kalori di dalamnya bisa mengantisipasi terjadinya penaikan berat badan. Selain itu buah naga juga akan membantu system pencernaan semakin lancar.

Cemilan Sehat Untuk Yang Berdiet

Seperti yang sudah saya singgung diatas, manfaat buah naga untuk diet sangat cocok sekali. Karena memang kandungan lemak dan kalori yang rendah tidak akan membuat berat badanmu bertambah, sehingga dengan mengonsumsi buah naga kamu akan terus merasa kenyang dan tidak perlu takut berat badanmu bertambah.

Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-diet
Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-diet (sumber: akamaized.net)

 

Membantu Proses Detoksifikasi

Radikal bebas dalam tubuh berperan sangat penting sekali, karena hal inilah yang akan terus menjaga kondisi tubuhmu dalam keadaan sehat terus. Nah kandungan antioksidan yang cukup tinggi dalam buah naga bisa mengurangi radikal bebas yang ada dalam tubuh, sehingga detoksifikasi atau pengeluaran racun dari tubuh bisa berjalan dengan lancar.

Detoksifikasi Itu Sangat Penting Untuk Kesehatan

 

Mampu Untuk Mencegah Kanker

Manfaat buah naga selanjutnya yaitu mampu untuk mencegah kanker, karena memang kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Buah naga sendiri sama halnya dengan buah merah pada umumnya yang mengandung lycopene. Dimana kandungan inilah yang sudah terbukti dapat merendahkan resiko terkena kanker.

Bukan hanya itu saja, buah naga juga kaya akan kandungan antioksidan hytoalbumin yang akan membantu pembentukan radikalbebas dalam tubuh. Kandungan inilah yang berfungsi untuk mengeluarkan racun logam dari tubuh, karena kalu sampai dibiarkan racun logam tersebut bisa menyebabkan kanker.

Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Mengobati
Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Mengobati (sumber: anam.my.id)

 

Artikel Terkait: manfaat labu siam

Mampu Mencegah Diabetes

Selain untuk menangkal radikal bebas, sifat antioksidan dalam buah naga bisa berfungusi untuk mencegah terjadinya diabetes mellitus. Karena memang kandungan tersebut dapat membunuh sel jahat yang diakibatkan dari pola makan yang tidak sehat. Selain itu buah naga juga aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, karena kandungan kadar gulanya sangat rendah.

 

Mampu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Serangan Jantung

Kandungan lycopene selain berfungsi untuk mencegah terjadinya kanker, juga memiliki fungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah terjadinya serangan jantung. Karena memang biji dari buah naga mengandung banyak sekali lemak omega 6 dan 3 yang dapat membantu untuk meringankan gangguan kardiovaskular atau serangan jantung mendadak.

 

Meningkatkan System Kekebalan Tubuh

Manfaat buah naga untuk kesehatan selanjutnya yaitu mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dimana di dalam buah naga mengandung banyak sekali nutrisi dan gizi, selain itu ketika kamu rajin mengonsumsi buah naga secara rutin. Maka akan mempercepat dalam proses penyembuhan luka luar maupun luka dalam.

Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Kesehatan
Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Kesehatan (sumber: wayahna.com)

 

Meningkatkan Nafsu Makan

Vitamin B1 dan B2 yang ada di dalam buah naga akan membuat nafsu makanmu menjadi meningkat, khususnya bagi anak-anak yang kerap kali mengalami kurang nafsu  makan. Maka solusinya yaitu dengan cara mengonsumsi buah naga secara rutin. Dan bagi yang sedang diet, kamu cukup mengganti makanan sehari-hari dengan buah naga.

Artikel Terkait: manfaat minyak zaitun

 

Membantu Masalah Pencernaan

Seperti yang sudah saya singgung diatas, jika buah naga memiliki manfaat untuk melancarkan pencernaan. Kandungan fiber dan serat tinggi yang ada pada buah naga akan membantu pencernaan dan mengobati sembelit. Selain itu dengan memakan dagingnya yang mengandung banyak protein akan membuat badan kamu lebih segar dan sehat.

 

Menunda Penuaan Dini

Siapa sih orang yang tidak ingin terlihat terus muda? Pastinya semua orang menginginkan hal ini, namun masih banyak orang yang salah dalam mengambil langkah. Padahal kalau kamu ketahui salah satu manfaat buah naga untuk kecantikan yaitu bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Kandungan antioksidan yang cukup banyak akan membuat kulit tetap kencang.

Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Kecantikan
Gambar-Manfaat-Buah-Naga-Untuk-Kecantikan (sumber: klimg.com)

 

Membantu Meringankan Batuk Dan Asma

biji yang ada dalam buah naga mengandung banyak lemak omega 3 dan omega 6, kandungan inilah yang dapat membantu meringankan respirasi. Sehingga bagi kamu yang menderita asma dan batuk berdahak, maka akan sedikit terobati. Tapi jika kamu mengonsumstinya secara rutin maka buah naga bisa dikatakan sebagai obat asma.

 

Membantu Pertumbuhan Tulang

Manfaat buah naga yang terakhir yaitu mampu untuk membantu pertumbuhan tulang. Karena memang dalam buah naga sendiri mengandung kalsium yang cukup banyak, sehingga hal ini akan membantu pertumbuhan tulangmu. Selain itu zat besi dan fosfor dalam buah naga bisa membantu untuk memperbaiki jaringan yang rusak dalam tubuh, sehingga peredaran darah lancar.

 

Artikel Terkait: manfaat buah nanas

Mengenal Tanaman Buah Naga

Itulah tadi manfaat yang kamu bisa dapatkan, sekarang kita akan membahas sedikit tentang tanamnya. Perlu kamu ketahui ketika sebelum menjadi buah, bunga dari buah naga mulai bersemi sejak sore sampai malam hari hanya untuk layu ketika terkena sinar matahari.

Gambar-Tananman-Buah-Naga
Gambar-Tananman-Buah-Naga (sumber: radarutara.id)

 

Banyak orang yang terkagum akan keindahan dari bunga buah naga, bahkan tidak sedikit orang yang memberi julukan ini:

  • queen of the night
  • moonflower

Bukan hanya soal bungannya yang indah, keunikan lain dari buah naga yaitu terdapat pada kulit d dagungnya. Mungkin kulit dari buah naga pada umumnya berwarna merah, namun ada juga buah naga yang berwarna kuning seperti nanas. Selain itu untuk daging atau bagian dalamnya pun sedikit unik, dimana ada yang berwarna ungu dan ada yang berwarna putih.

Berikut ini adalah kandungan nutrisi yang terdapat di buah naga:

1 Air 68,76%
2 Karbohidrat 11,50%
3 Vitamin C 9,40%
4 Fosfor 8,70%
5 Serat 0,71%
6 Protein 0,53%
7 Lemak 0,40%
8 Calcium 6-10 mg/100g
Gambar-Kandungan-Buah-Naga
Gambar-Kandungan-Buah-Naga (sumber: klimg.com)

 

Dan pada bagian dalamnya terdapat biji hitam kecil yang bisa kamu makan, perlu kamu ketahui juga bahwa buah naga berasal dari Amerika Tengah. Tapi saat ini i banyak Negara yang mengekspor buah naga, karena memang buah naga sendiri dikenal sebagai buah yang rendah akan kalori tapi memiliki banyak sekali nutrisi, seperti vitamin B, C, kalsium, protein, fosfor, antioksidan, dll.

Maka dari itu sudah tidak mengherankan lagi jika buah naga memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat baik untuk kesehatan. Selain memiliki manfaat baik untuk kesehatan, cara mengonsumsi buah naga sendiri terbilang sangat mudah, dimana kamu hanya perlu membelah buah naga menjadi dua bagian lalu keruk isinya dan bisa dikonsumsi.

Gambar-Cara-Mengonsumsi-Buah-Naga
Gambar-Cara-Mengonsumsi-Buah-Naga (sumber: amazonaws.com)

 


Demikian ulasan beberapa manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh, semoga informasi yang sudah kami berikan diatas bisa bermanfaat untuk kamu. Cobalah untuk menggunakan bahan herbal terlebih dahulu sebagai perawatan tubuh yang sehat.

Ayo share artikel ini kepada orang-orang tercinta kamu, agar mereka bisa mersakan manfaatnya juga. 🙂

 

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: