7+ Materi Kultum Ramadhan Terbaik

Tidak terasa,sebentar lagi sudah memasuki bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini hendaknya dapat di manfaatkan untuk memperoleh banyak pahala. Kultum dilakukan oleh para ustadz untuk memberikan ilmu agama terhadap jamaahnya. Bagi anda yang bingung mengenai materi kultum ramadhan maka kami akan memberikan referensinya secara lengkap.

Membuat materi mengenai kultum tidaklah terlalu sulit. Hanya saja,setiap orang memiliki kekurangan dalam penyampaiannya. Seperti halnya seorang da’i harus menuliskan terlebih dahulu materi yang akan di sampaikan. Materi kultum singkat yang menarik lebih diperlukan oleh masyarakat. Berikut kami sampaikan materi kultum yang dapat anda gunakan.

Pilihan Materi Kultum Ramadhan

Pembuatan materi mengenai kultum dapat dilakukan dengan begitu benar dan sesuai ajaran agama Islam. Berikut ini beberapa materi yang dapat di gunakan meliputi:

Kultum Tentang Shalat

Sebagai seorang muslim,shalat merupakan kewajiban yang harus dipenuhi. Untuk itu, anda bisa menyampaikan materi mengenai shalat. Kewajiban mengenai shalat memang harus tetap di tegakan. Selain itu, shalat juga harus di jalankan lima waktu oleh seluruh umat muslim. Manfaat dari shalat sangatlah banyak.

Anda bisa membahas mengenai kewajiban shalat yang ditetapkan oleh Allah SWT. Selain itu, manfaat dari menjalankan shalat. Karena, shalat ialah tiang agama yang harus tetap di tegakan. Jangan sampai, shalat tertinggal begitu saja. Terlebih, mengajak untuk bersama sama menjalankan kultum di masjid.

Untuk itu, sampaikan bahwa pentingnya menjalankan ibadah shalat. Mengerjakan shalat harus di laksanakan sesuai pada waktunya. Sampaikan hadis mengenai pentingnya tepat waktu dalam menjalankan ibadah shalat. Selain itu, ajak jamaah untuk lebih mengedepankan shalat di bandingkan yang lainnya.

kultum-ramadhan-tentang-sholat
sumber: zakat.or.id

Mengenai Etos Kerja

Allah SWT memberikan semua yang terdapat di bumi untuk mendapatkan rezeki dalam menjalani kehidupan. Untuk itu, gunakanlah dengan benar termasuk dalam bekerja. Pekerjaan yang dilakukan harus dengan halal. Samapaikan kepada jamaah mengenai pentingnya pekerjaan halal dan uang yang di dapatkan.

Selain itu, untuk menjalani pekerjaan memang tidak bisa langsung sukses. Hanya saja, membutuhkan beberapa langkah agar dapat menemukan kesuksesannya. Termasuk dengan etos dalam bekerja. Allah SWT senantiasa meridhoi hambanya yang bersemangat dalam bekerja. Hal ini penting untuk memberikan hasil yang baik kedepannya.

Sebagai penceramah,ada baiknya untuk menyampaikan apa yang perlu di sampaikan. Etos kerja seorang muslim tentu jauh lebih tinggi. Karena, sudah seharusnya untuk saling berbagi kepada umat yang lainnya. Gunakna motivasi dalam bekerja agar menjadi semangat. Beberapa motivasi yang dapat disampaikan antara lain:

  • Agar Tidak Bermalas

Semua manusia harus memiliki rasa kerja yang tinggi dan tidak malas. Apa gunanya manusia di ciptakan dengan begitu sempurna lalu bermalas-malasan.

  • Berbagai Kepada Sesama

Sudah seharusnya,manusia memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal yang sangat mudah di lakukan dengan berbagai kepada sesama yang lebih membutuhkan dari hasil pekerjaan.

  • Keperluan Hidup

Menjalani kehidupan bukanlah hal yang sepele. Hanya saja, membutuhkan niat dan kerja keras. Terlebih, jika sudah berkeluarga tentu harus menjalani pekerjaan dan semangat untuk memberikan nafkah.

kultum-tentang-etos-kerja
sumber: lynda.com

Tentang Kematian

Setiap orang nantinya akan menuju kepada kematian. Tidak akan ada yang bisa menolak datangnya kematian. Allah SWT memberikan kehidupan untuk digunakan sebaik-baiknya. Menjalankan dengan baik apa yang diperintahkan,dan menjauhi larangannya. Ceramah mengenai kematian harus menggunakan informasi yang benar dan jelas.

Seperti menggunakan firman Allah SWT mengenai kematian pada QS. Ali Imran 3:185. Tidak hanya itu saja, melainkan masih banyak firman dan hadis yang dapat di angkat. Karena, jamaah harus memahami benar makna mengenai kematian. Hendaknya, tidak mensia siakan apa yang sudah diberikan di dunia ini.

“ Semua orang akan merasakan kematian yang telah di tentukan waktunya. Untuk itu, selalu gunakan waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan kebaikan. Gunakan untuk hal yang baik,bukan keburukan.”

kultum-ramadhan-tentang-kematian
sumber: indy100.com

Tentang Ibu

Sebagaimana mestinya, seorang ibu harus di junjung tinggi maratabatnya. Oleh karena itu, dalam kehidupan harus tetap memperhatikan seorang ibu. Kultum singkat tentang ibu sangat penting untuk di sampaikan. Dimana, di era sekarang ini sudah banyak yang bertentangan dari agama islam. Bahkan, seorang ibu kerap kali di hina oleh anaknya sendiri.

Penceramah hendaknya memberikan nasehat untuk semua jamaah bahwa penting menghormati orang tua. Terutama, ibu yang senantiasa memberikan semua kekuatannya untuk kita. Sampaikan, bahwa tanpa seorang ibu belum tentu dapat kehidupan seperti sekarang ini.

kultum-tentang-ibu
sumber: consent.yahoo.com

Tentang Ikhlas

Semua orang ingin menjalani kehidupan ini dengan baik dan ikhlas. Jalani kehidupan dengan ikhlas memang terkadang banyak orang yang tidak kuat. Bahkan, mengeluh menjadi salah satu hal yang kerap kali di lontarkan. Lantas, apakah akan tetap mengeluh tanpa melakukan suatu hal? Jelas tidak, namun tetaplah ikhlas untuk melaksanakannya.

Ketentuan Allah SWT bagi hambanya yang ikhlas tentu akan diberikan pahala berlipat. Terutama, dalam jiwa seseorang sudah mulai harus di benamkan. Tanamkan jiwa ikhlas untuk membantu sesama tanpa mengharapkan pamrih. Sejatinya, kenikmatan dalam kehidupan itu hanyalah sementara saja.

Ketika jiwa sudah di pupuk dengan rasa ikhlas, maka akan menjadi lebih tenang. Sebagaimana banyak yang berkata lebih baik memberikan dari pada meminta. Jika bisa memberi, maka usahakanlah. Niscaya, Allah SWT akan membantu segala urusan. Sangat cocok sebagai materi kultum singkat untuk pemula.

kultum-tentang-ikhlas
sumber: medium.com

Menuntut Ilmu

Pendidikan ialah bekal yang sangat berharga pada kehidupan ini. Tanpa adanya pendidikan masyarakat akan menjadi kurang ilmu dan mudah untuk di permainkan. Islam mendorong umatnya untuk menuntut ilmu setinggi mungkin. Bahkan, Allah SWT berfirman dalam surat AL-Mujadalah ayat 11 :

“ Allah akan mengangkat derajat orang yang beriman dan berlmu dengan beberapa derajat.”

Keutamaan dari orang yang berilmu begitu penting untuk masyarakat. Hendaknya, setelah memiliki ilmu tidaklah untuk sombong. Justru, harus digunakan untuk membantu kepada sesama umat islam. Jangan biarkan ilmu tersebut terpendam dalam diri sediri. Namun, gunakanlah untuk kebaikan. Penceramah dapat memberikan dengan sentuhan motivasi.

kultum-tentang-menuntut-ilmu
sumber: weareteachers.com

Pergaulan Bebas

Era yang sudah modern ini, ternyata cukup menyimpan kesan yang sangat kelam. Tentu, banyak sekali kasus yang terjadi karena pergaulan bebas. Jadi, sangat cocok untuk digunakan dalam kultum ramadhan. Mengapa hal ini penting? Karena, sudah sangat banyak kasus yang mengakibatkan ketimpangan sosial akibat pergaulan bebas.

Rusaknya generasi muda akan berdampak untuk kedepannya. Jika pemudannya saja sudah rusak, lantas siapa yang akan merawat umat? Orang tua tidak bisa 100% mengawasi anak-anaknya. Jadi, para remajalah yang seharusnya bisa menjaga diri. Berbuatlah kebaikan, maka akan mendapatkan kebaikan.

Jangkauan yang luas memang dibutuhkan oleh para remaja. Namun, harus tetap di arahkan mana yang baik dan tidaknya. Jika salah dalam bergaul,justru menciptakan masa depan yang buruk. Untuk itu, mulailah sejak dini untuk mengajarkan hal yang baik. Bagi yang sudah dewasa, hendaknya sadar diri dan mengikuti aturan Allah SWT.

kultum-ramadhan-tentang-pergaulan-bebas
sumber: wajibbaca.com

Itulah beberapa materi kultum ramadhan yang dapat digunakan. Menyampaikan materi kultum singkat padat jelas memang harus dilakukan dengan benar dan sesuai. Materi diatas dapat anda kombinasikan dengan lainnya agar menjadi lebih bermakna. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat!

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: