Kisah Umar bin Khattab Bertemu Iblis (Alasan Kenapa Umar Ditakuti)

Kisah umar bin khattab lengkap ini terkenal memiliki karakter yang tegas, bijaksana, kasar, dan juga banyak ditakuti oleh kaum Quraisy pada masanya. Umar bin khattab termasuk ke dalam salah satu dari empat khalifah yang ada. Dengan karakter yang dimiliki, banyak iblis yang takut ketika berhadapan dengan umar dan menjadi sebuah kisah umar bin khattab bertemu iblis hingga sekarang.

1001 kisah umar bin khattab ini salah satunya adalah mengenai kisah umar bin khattab bertemu iblis. Umar bin khattab adalah salah satu orang yang mengalahkan setan di dalam pertempuran. Oleh sebab itu, iblis – iblis takut terhadap beliau. Ketika nama umar disebut dihadapan iblis, mereka akan lari dan berharap tidak berpapasan dengan umar bin khattab. Lalu mengapa iblis takut dengan umar ?

Kisah Awal Umar Bin Khattab Sebelum Masuk Islam

Bagaimana asal mula umar bin khattab sebelum islam? berikut ini adalah ulasan singkat mengenai hal tersebut:

  1. Umar Bin Khattab Menentang Nabi SAW dan Islam

Awalnya umar bin khattab merupakan musuh yang ganas dan beringas ketika menentang Nabi Muhammad SAW dan juga islam secara habus – habisan. Untuk kehidupan dari umar sendiri sebelum memeluk islam, ia penuh dengan perangai buruk seperti bermain judi, membunuh dan juga minum arak hingga memainkan air haram.

 

  1. Umar Bin Khattab Ingin Membunuh Nabi SAW

Ternyata kebencian umar tidak berhenti sampai pada menentang saja, ia juga ingin membunuh Nabi SAW. Alih – alih membunuh, dalam perjalanannya umar bertemu dengan salah satu pengikut dari Nabi SAW dan memberi kabar bahwa saudara perempuan umar yaitu Fatimah telah memeluk islam. Lalu umar pulang dan memarahi Fatimah hingga berdarah karena pukulannya.

Terkadang, orang dengan masa lalu paling kelam akan menciptakan masa depan yang paling cerah. –Umar bin Khattab

Gambar-Umar-Bin-Khattab-Sebelum-Masuk-Islam
Gambar-Umar-Bin-Khattab-Sebelum-Masuk-Islam (sumber: mu5lim.blogspot.com)

 

Umar Bin Khattab Masuk Islam

Umar bin khattab masuk islam ini merupakan berita yang sangat besar di Mekkah. Lalu bagaimana ceritanya umar bisa masuk islam? Berikut penjelasannya:

 

  1. Umar Mengetahui Alasan Fatimah Masuk Islam

Ketika umar mengetahui  Fatimah berdarah karena pukulannya, maka umar iba dan membaca bacaan yang diminta oleh Fatimah. Setelah membaca, umar terguncang dan setelah kejadian itu ia menyatakan bahwa dirinya memeluk agama islam.

 

  1. Umar Masuk Islam

Seisi Mekkah terkejut bahwa umar yang terkenal keras menentang dan juga kejam dalam menyiksa para pengikut Nabi SAW ini kemudian masuk agama yang dibencinya tersebut. Hal ini membuat umar dikucilkan dari pergaulan Mekkah dan sudah tidak dihormati lagi oleh petinggi – petinggi Quraisy yang selama ini telah membelanya.

Dulu Kami adalah orang-orang yang paling terhina di muka bumi, dan kemudian Allah memberi kami kehormatan melalui Islam. –Umar bin Khattab

 

Umar Bin Khattab Ditakuti Iblis

Alasan umar bin khattab ditakuti iblis dalam kisah umar bin khattab bertemu iblis berikut ini dapat kamu ketahui asal mulanya.

  1. Iblis Takut Terhadap Umar

Kisah umar bin khattab bertemu iblis ini sudah diyakini ketika iblis takut terhadap umar dan bahkan iblis tidak ingin memasuki masjid Nabawi lewat pintu yang biasa dilalui oleh umar. Muhammad Al – ‘Arifi juga menjelaskan bahwa setan takut kepada umar dari selama ia hidup hingga setelah ia meninggal dunia.

 

  1. Umar Tidak Dapat Melihat Wujud Iblis

Umar sendiri sebenarnya tidak dapat melihat wujud asli dari iblis itu sendiri, lalu mengapa ia ditakuti ? hal ini dibuktikan ketika iblis pernah berkata kepada Nabi Saw yang intinya adalah ketika iblis bertemu dengan umar di suatu jalan, iblis tersebut akan mengambil jalan lain yang berbeda dengan jalan yang dilalui umar.

Jika salah satu dari kalian tergelincir (dalam perbuatan dosa), perbaiki dia, doakan dia dan jangan bantu setan mendekatinya. –Umar bin Khattab

 

Kisah Iblis Ketika Bertemu Umar

Berikut adalah kisah iblis bertemu umar bin khattab yang menjadi awal mula iblis takut:

  1. Iblis Bertemu Umar Kali Pertama

Di suatu hari di kota Madinah umar bertemu dengan salah satu jin yang mengaku paling kuat dari jin lainnya. Singkat cerita, iblis itu pun menantang dan berkelahi dengan umar. Tak butuh waktu lama, jin dapat dikalahkan oleh umar dengan mudah dan jin pergi begitu saja.

 

  1. Iblis Bertemu Umar Kali Kedua

Meski jin sudah menerima kekalahan, namun kali kedua bertemu umar ini kembali menantang umar karena pada pertemuan pertama jin merasa kalah. Dalam pertempuran kedua ini ternyata umar masih terlalu tangguh dan kuat untuk jin dan langsung terkapar sehingga mulai saat itu jin merasa benci dan tidak ingin bertemu dengan umar lagi.

Gambar-Umar-Bin-Khattab-yang-Ditakuti-Iblis
Gambar-Umar-Bin-Khattab-yang-Ditakuti-Iblis  (sumber: dedlee30.blogspot.com)

 

Jin Dilepas dengan Sebuah Syarat

Setelah pertempuran pada suatu hari tersebut antara umar dan jin. Lalu umar bin khattab melepas iblis dengan syarat. Berikut adalah ulasan singkatnya:

  1. Umar Geram dengan Ulah Jin

Umar bin khattab ini pada suatu ketika merasa geram dengan ulah yang diperlakukan jin, sehingga umar memberi pelajaran kepada jin dan tidak akan melepaskannya kecuali diberitahukan kepadanya sesuatu yang biasa melindungi diri dari jin tersebut.

 

  1. Ayat Kursi Adalah Syarat Ditakuti Jin

Ayat kursi merupakan jawab dari jin ketika ditanya oleh umar. Ketika sudah mengetahui syaratnya tersebut, maka umar melepaskan jin dan memberitahukan bagaimana cara manusia agar terlindung dari jin atau iblis ini.

 

Ketakutan Iblis Terhadap Umar Bin Khattab

Kisah umar bin khattab ditakuti oleh bangsa iblis sudah banyak diketahui oleh orang – orang.

  1. Iblis Merupakan Makhluk Ghaib

Seperti yang sudah diketahui bahwa Allah telah menciptakan dunia beserta isi – isinya baik manusia dan iblis. Iblis ini merupakan makhluk ghaib yang tugasnya menggoda manusia agar menuju kepada kesesatan serta menghasutnya tanpa terkecuali.

 

  1. Iblis Takut dengan Umar Bin Khattab

Dengan segala kemunafikan yang iblis miliki, kekuatan, dan kemampuan dalam menghasut. Ternyata iblis takut dengan umar bin khattab ketika melalui beberapa kisah yang mempertemukan mereka dan menjadikannya iblis membenci umar.

Menjauhi dosa itu lebih ringan daripada menanggung rasa sakit dari sebuah penyesalan. –Umar bin Khattab

 

Alasan Iblis Takut Kepada Umar

Berikut kisah iblis takut umar bin khattab yang dipercaya merupakan salah satu kisah umar bin khattab bertemu iblis.

  1. Ternyata Alasan Ini yang Membuat Umar Ditakuti Oleh Iblis

Pada dasarnya, bukan karena keberingasan dan kekasaran dari sifat umar yang membuat iblis dan manusia takut. Melainkan kesabaran umar yang mengikat syahwat dengan mengekang hasrat serta keinginannya akan sesuatu. Rasa takut dan taat ia yang luar biasa kepada Allah SWT yang membuat Allah SWT menggantinya dengan rasa takut yang dirasakan oleg iblis dan manusia terhadapnya.

 

  1. Ketakutan dan Ketaatan Umar Terhadap Allah SWT yang Menjadi Alasan Umar Ditakuti Iblis

Umar merupakan salah satu sahabat Nabi SAW yang tergolong sangat tinggi iman dan takwanya terhadap Allah SWT. Bahkan umar juga masuk ke dalam golongan sepuluh orang yang dijamin masuk surga. Akan tetapi, umar tetap menyimpan rasa atakut dan taat yang besar kepada Allah SWT.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa yang menunjukkan kepada kebaikan, maka ia (orang yang menunjukkannya) akan mendapat pahala seperti orang yang melakukannya.
[HR Muslim, 3509]
Gambar-Alasan-Iblis-Takut-kepada-Umar
Gambar-Alasan-Iblis-Takut-kepada-Umar (sumber: youtube.com)

Itulah tadi kisah umar bin khattab bertemu iblis yang menjadi kisah menarik dari para sahabat Nabi SAW yang ditakuti iblis. Dari kisah tersebut, kita semua tahu bahwa iblis atau jin takut dengan bacaan ayat kursi yang dibacakan oleh manusia ketika bertemu iblis.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: