Kumpulan Doa Doa Mustajab dan Waktu Berdoa (LENGKAP)

Doa Mustajab merupakan doa yang dikabulkan oleh Allah SWT. Berikut ini kumpulan doa doa mustajab agar doa cepat terkabul. Kita akan bahas dengan lengkap dan waktu-waktu mustajab untuk berdoa juga adab berdoa.

Karena setiap orang pasti memiliki keinginan atau permintaan yang jumlahnya banyak. Ada permintaan yang langsung terkabul, dan ada juga permintaan yang belum terkabul. Pada dasarnya semua yang kita miliki adalah pemberian dari Allah SWT. Dengan berdoa, maka keinginan akan terkabul. Lalu bagaimana ciri ciri doa yang dikabulkan Allah SWT ? doa tersebut termasuk doa mustajab.

Kumpulan Doa Doa Mustajab

Kita hanya perlu berdoa agar sesuatu yang diinginkan dapat terkabul, tentunya dengan diiringi usaha yang sepadan. Allah SWT memiliki kebijakannya sendiri untuk dapat mengabulkan setiap doa dari hamba-Nya. Lalu doa apa saja yang menunjang agar keinginan kita dapat cepat terkabul atau terpenuhi ? kumpulan doa–doa pilihan berikut ini termasuk ke dalam doa mustajab.

Doa Adalah Senjata Orang Beriman

Gambar-Kumpulan-Doa-Doa-Mustajab
Gambar-Kumpulan-Doa-Doa-Mustajab (sumber: rumaysho.com)

Doa Sapu Jagat

Gambar-Doa-Mustajab-Sapu-Jagad-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Sapu-Jagad (Sumber: korangratis.net)

Doa ini termasuk ke dalam doa mustajab yang merupakan doa singkt tetapi sangat berguna. Semua aspek dalam kehidupan seperti memohon kebaikan di dunia dan akhirat serta keselamatan dari siksa api neraka. Doa ini dapat dibacakan di setiap kesempatan yang ada. Agar doa cepat terkabul permintaannya dapat dibacakan ketika selesai beribadah.

Doa Diterima Amalannya

Gambar-Doa-Mustajab-Diterima-Amalannya-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Diterima-Amalannya (Sumber: korangratis.net)

Doa ini menjelaskan bahwa segala amalan agar doa dikabulkan seperti yang dikerjakan oleh Nabi Ibrahim as yang segala amalannya semata – mata dipersembahkan hanya untuk Allah SWT. Nabi Ibrahim as juga menyebutkan dua dari banyak sifat Allah SWT yaitu Maha Mendengar dan Maha Mengetahui.

Doa Diberi Kesabaran dan Pertolongan

Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Kesabaran-dan-Pertolongannya-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Kesabaran-dan-Pertolongannya (Sumber: korangratis.net)

Doa yang satu ini memohon dilimpahkan kesabaran, kekokohan, serta meminta pertolongan untuk mengalahkan orang – orang kafir. Doa ini telah dipanjatkan oleh Thalut dan bala tentaranya ketika menghadapi Jalut dan juga bala tentaranya dalam perang. Dalam keadaan ini, pasukan Thalut dapat memenangkan perang melawan Jalut.

Doa Diberi Perlindungan dari Kesesatan

Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Perlindungan-dari-Kesesatan-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Perlindungan-dari-Kesesatan (Sumber: korangratis.net)

Doa mustajab berikutnya adalah doa untuk meminta perlindungan dari kesesatan. Doa agar keinginan tercapai ini dapat dilakukan dengan khusu’ dan membuktikan bahwa Anda benar – benar meminta bantuan. Doa ini memiliki maksud yang cukup dalam karena meminta diberikan petunjuk menuju jalan yang benar dan terhindar dari setiap kesesatan yang menghadang.

Doa Diberi Kekuatan Iman

Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Kekuatan-Iman-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Diberi-Kekuatan-Iman (Sumber: korangratis.net)

Agar doa cepat terkabul oleh Allah SWT tidak hanya dilakukan sekali, melainkan berkali – kali dengan niat yang baik. Di dalam ayat ini menjelaskan bahwa pengakuan dari orang – orang yang beriman dan meminta untuk diampuni dosa – dosanya dan diberi keselamatan dari siksa api neraka. Orang yang beriman juga berharap dijauhkan dari segala bentuk kekhilafan yang mungkin terjadi.

Doa Meminta Anugerah Kekuatan dan Kekuasaan

Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Anugerah-Kekuatan-dan-Kekuasaan-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Anugerah-Kekuatan-dan-Kekuasaan (Sumber: korangratis.net)

Doa cepat dikabulkan keinginan dalam mendapatkan anugerah kekuatan, kekuasaan, dan juga rezeki. Terbukti di dalam ayat tersebut menjelaskan bahwa segala bentuk kekuasaan berada di tangan Allah SWT dan tidak ada satu pun orang yang dapat menentangnya. Jika Allah SWT ingin berkehendak, maka jadilah segala sesuatunya sesuai dengan kehendak-Nya.

Doa Meminta Pertolongan

Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Pertolongan-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Pertolongan (Sumber: korangratis.net)

Doa yang cepat dikabulkan Allah SWT adalah doa dengan permintaan yang tulus dari dalam hati. Dalam doa ini, seseorang meminta untuk diberikan perlindungan dan penolong. Jika berdasarkan dari ayat tersebut dapat dijelaskan bahwa orang lemah yang berada di Mekah pada saat itu meminta pelindung dan penolong dari sisi Allah SWT dari orang – orang yang telah zalim kepada mereka.

Doa Curahan Rizqi

Gambar-Doa-Mustajab-Curahan-Rezeki-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Curahan-Rezeki (Sumber: korangratis.net)

Di dalam Al – Quran telah dijelaskan bahwa Nabi Isa as tengah berdoa untuk diturunkan hidangan dari langit atas permintaan kaumya yang masih ragu terhadap dirinya sebagai rasul. Sebelum itu, Nabi Isa as mengerjakan sholat 2 rakaat dan menundukan kepala saraya menangis dan berdoa. Kemudian Allah SWT mengabulkan doanya lalu hidangan tersebut pun turun dari langit dengan sekejap.

Doa Meminta Ampunan dan Rahmat

Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Ampunan-dan-Rahmat-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Ampunan-dan-Rahmat (Sumber: korangratis.net)

Di dalam ayat ini menjelaskan bahwa ada doa tobat yang dipermulakan dari Nabi Adam as dan Siti Hawa yang telah terbujuk oleh setan sehingga melanggar aturan dari Allah SWT yang dimana mereka mencicipi buah khuldi yang seharusnya buah tersebut adalah larangan dari Allah SWT untuk mereka makan.

Doa Meminta Kasih Sayang untuk Orang Tua

Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Kasih-Sayang-Untuk-Untu-Orang-Tua-Sumber-korangratis.net
Gambar-Doa-Mustajab-Meminta-Kasih-Sayang-Untuk-Untu-Orang-Tua (Sumber: korangratis.net)

Pada ayat ini dijelaskan bahwa meminta kepada Allah SWT untuk menyayangi orang tua sebagaimana mereka menyayangi dan mendidikku di waktu kecil. Doa ini memberikan makna agar kita harus selalu berbakti kepada kedua orang tua hingga mereka tutup usia.

Bacaan Agar Doa Cepat Terkabul

Berikut ini adalah bacaan-bacaan yang disarankan agar doa cepat terkabul.

Usaha Tanpa Doa = Sombong

Gambar-Bacaan-Agar-Doa-Cepat-Terkabul
Gambar-Bacaan-Agar-Doa-Cepat-Terkabul (sumber: cahayadiana.com)

Membaca Al – Fatihah

Surat Al – Fatihah ini merupakan induk dari Al – Quran dimana surat ini merupakan surat yang wajib dibaca pada waktu sholat. Al – fatihah terdiri dari 5 ayat yang inti dari ayat tersebut adalah pengakuan bahwa hanya kepada Allah SWT kita meminta pertolongan dan bantuan untuk dapat menyelesaikan segala sesuatu yang tidak mampu untuk dikerjakan sendiri.

Membaca Al – Ikhlas

Surat Al – Ikhlas merupakan surat ke 112 di dalam Al – Quran dan berisi 4 ayat. Inti dari surat ini menjelaskan agar hanya mengesakan Allah SWT. Kelebihan dari membaca Al – Ikhlas adalah seperti membaca sepertiga dari Al – Quran, akan masuk surga, dan akan diampuni dosa – dosanya.

Membaca Doa Hajat

Agar doa cepat terkabul hajatnya dapat dilakukan dengan membaca doa hajat dan melakukan sholat hajat. Hal ini sama seperti ketika kita ingin mendapatkan sesuatu maka kita harus berusaha dan berdoa untuk sesuatunya tersebut.

Gambar-Agar-Doa-Cepat-Terkabul
Gambar-Agar-Doa-Cepat-Terkabul (Sumber: korangratis.net)

Membaca Al-Baqarah Ayat 285–286

Surat Al – Baqarah ayat ini merupakan ayat terakhit di dalam surat tersebut. Biasanya ayat – ayat ini dibacakan sebagai penerus dari ayar kursi. Ketika Anda membaca kedua ayat ini, niscaya akan diberi kecukupan.

Perbanyak Dzikir dan Istighfar

Berdzikir memiliki arti yaitu mengingat Allah. Dengan mengingat Allah ini maka kita akan mudah terjaga dari perbuatan maksiat yang dapat menghambat terkabulnya doa. Lalu perbanyaklah istighfar karena dapat mengeluarkan kita dari segala kesulitan yang menimpa.

Membaca Ayat Kursi

Ayat kursi adalah ayat ke 255 dari surat Al – Baqarah. Ayat ini dijuluki sebagai ayat yang paling agung di dalam Al – Quran karena di dalam surat tersebut menjelaskan tentang kemartabatan dari Allah SWT dan mencakup nama Al Hayyu dan Al Qayyum.

Membaca Asmaul Husna

Asmaul husna merupakan sebutan dari nama lain Allah SWT dengan jumlahnya yaitu sebanyak 99. Dengan membaca asmaul husna maka akan mendapatkan kebaikan, berkah, perlindungan, dan dikabulkan doanya oleh Allah SWT.

Membaca Sholawat Nabi

Sholawat Nabi ini merupakan sebuah penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW karena perbuatannya yang terpuji. Dengan membaca sholawat Nabi ini juga kita akan terkabulkan doa dan keinginanya.

Membaca Surat Yasin

Surat yasin merupakan jantung dari Al – Quran yang keistimewaannya adalah akan diampuni dosa – dosanya. Dengan pengampunan dosa – dosa tersebut maka diri kita akan menjadi lebih bersih dan doa yang diminta juga akan dapat terkabul.

Gambar-Doa-Mustajab
Gambar-Doa-Mustajab (sumber: dream.co.id)

Waktu Waktu Mustajab untuk Berdoa

Inilah waktu waktu mustajab untuk berdoa:

No

Waktu Doa Mustajab

Sumber Dalil

1 Ketika sahur HR. Bukhari no.1145
2 sepertiga malam terakhir HR. Muslim no. 758
3 Ketika berbuka puasa HR. Muslim, no.1151
4 Ketika malam lailatul qadar HR. Tirmidzi, 3513, Ibnu Majah, 3119
5 Ketika adzan berkumandang HR. Abu Daud, 2540
6 Di antara adzan dan iqamah HR. Tirmidzi, 212
7 Ketika sedang sujud dalam shalat HR. Muslim, no.482
8 Ketika sebelum salam pada shalat wajib HR. Tirmidzi, 3499
9 Di hari Jum’at HR. Bukhari 935
10 Ketika turun hujan HR Al Hakim, 2534
11 Hari Rabu antara Dzuhur dan Ashar HR. Ahmad, no. 14603
12 Ketika Hari Arafah HR. At Tirmidzi
13 Ketika Perang Berkecamuk HR. Abu Daud, 2540
14 Ketika Meminum Air Zam-zam HR. Ibnu Majah, 2/1018
15 Setiap Selepas Shalat Fardhu HR. At-Tirmidzi, Jamiud Da’awaat 13/30
16 Pada Saat Ajal Tiba HR. Muslim, kitab Janaiz 3/38
17 Diantara duduknya imam sampai selesai Shalat Jumat HR. Imam Muslim
18 Setelah Shalat Ashar HR. Abu Daud dan An-Nasa’i
Gambar-Waktu-Waktu-Mustajab-untuk-Berdoa
Gambar-Waktu-Waktu-Mustajab-untuk-Berdoa (sumber: al-uyeah.blogspot.com)

Adab Berdoa

Dan ini adab – adab berdoa agar mustajab:

  1. Mencari Waktu yang Mustajab
  2. Memanfaatkan Keadaan yang Mustajab Untuk Berdoa
  3. Menghadap Kiblat dan Mengangkat Tangan
  4. Dengan Suara Lirih dan Tidak Dikeraskan
  5. Tidak Dibuat Bersajak
  6. Khusyu’, Merendahkan Hati, dan Penuh Harap
  7. Memantapkan Hati Dalam Berdoa dan Berkeyakinan Untuk Dikabulkan
  8. Mengulang-ulang Doa dan Merengek-rengek Dalam Berdoa
  9. tidak tergesa-gesa agar segera dikabulkan
  10. Memulai Doa dengan Memuji Allah dan Bershalawat Kepada Nabi Muhammad SAW
  11. Memperbanyak Taubat dan Memohon Ampun Kepada Allah
  12. Hindari Mendoakan Keburukan
  13. Menghindari Makanan dan Harta Haram
Gambar-Adab-Berdoa
Gambar-Adab-Berdoa (sumber: facebook.com)

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai kumpulan doa doa mustajab agar doa cepat terkabul dan waktu-waktu mustajab untuk berdoa juga adab berdoa. Ayo share artikel ini, agar doa dari orang-orang tercinta kamu juga terkabul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat! Terimakasih. 🙂

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: