Doa Iftitah Pendek & Lengkap! (NU, Muhammadiyah, Riwayat Muslim) Beserta Latin & Artinya

Bagi umat muslim mungkin sudah tidak asing lagi dengan bacaan sholat, baik yang bersifat wajib atau sunnah. Dan salah satunya yaitu di sunnahkan untuk membaca doa iftitah dalam setiap sholat, baik sholat wajib atau sholat sunnah lainnya. Karena memang selain memiliki syarat wajib dan sah sholat, umat muslim juga sangat dianjukan untuk mengerjakan beberapa hal sunnah dalam sholat.

Dan salah satu amalan sunnah dalam sholat yang sangat dianjurkan yaitu membaca doa iftitah, dimana bacaan ini dibaca ketika setelah melakukan takbiratul ikhram. Sudah banyak hadist yang menyebutkan bahwa membaca doa iftitah dalam sholat adalah sunnah sholat. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan memberikan bacaan doa iftitah secara lengkap khusus untuk anda.

Macam Macam Doa Iftitah

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, jika doa iftitah adalah salah satu doa yang di sunnahkan untuk dibaca ketika sholat. Selain mendapat pahala sunnah kita juga akan mendapatkan keutamaan-keutamaan membaca doa iftitah. Berikut ini akan kami berikan macam-macam doa iftitah:

Artikel Terkait: Kumpulan doa mustajab

Bacaan Doa Iftitah Pendek Riwayat Muslim

Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Muslim menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Aku melihat 12 malaikat yang bersegera menuju kepada-Nya, dan mereka saling berlomba untuk mengangkat doa tersebut kepada Allah SWT”. Dibawah ini bacaan doa iftitah pendek riwayat muslim yang bisa dibaca oleh kalian umat muslim maupun muslimah.

Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Riwayat-Muslim-Korangratis.net
Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Riwayat-Muslim-Korangratis.net

Bacaan Doa Iftitah Riwayat Muslim

Hadist riwayat muslim lainnnya tentang sunnah membaca doa iftitah yaitu menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda “Ketika mereka sholat berjamaah bersama Nabi Muhammad SAW, ada seorang laki-laki yang bersuara dan membaca doa iftitah (seperti gambar dibawah). Dalam Sabda Rasulullah yaitu “Aku merasa heran dengan bacaan doa tersebut, karena bacaan tersebut akan dibukakan pintu-pintu langit”

Ibnu Umar pun ikut berkata bahwa “Aku tak pernah meninggalkan bacaan doa tersebut sejak beliau Rasulullah SAW berkata demikian”. Berikut bacaan doanya.

Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Riwayat-Muslim-Korangratis.net
Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Riwayat-Muslim-Korangratis.net

Artikel Populer: rukun iman

Bacaan Doa Iftitah Versi NU (Nahdalatul Ulama)

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa di Indonesia sendiri sudah banyak sekali aliran agama di dalam agama Islam itu sendiri. Namun untuk organisasi terbesar yang ada di Indonesia yaitu Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. Nah bagi kamu yang mungkin mengikuti NU, kamu bisa membaca doa iftitah seperti berikut ini.

Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama)-Korangratis.net
Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama)-Korangratis.net

Arti Doa Iftitah Versi NU (Nahdalatul Ulama)

Gambar-Arti-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama)-Korangratis.net
Gambar-Arti-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama)-Korangratis.net

Tulisan Latin Doa Iftitah Versi NU (Nahdalatul Ulama)

Jika kamu masih kurang bisa membaca arab, berikut akan kami berikan latinnya yaitu sebagai berikut:

Gambar-Tulisan-Latin-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama) -Korangratis.net
Gambar-Tulisan-Latin-Doa-Iftitah-Versi-NU-(Nahdalatul-Ulama) -Korangratis.net

Orang Lain Juga Membaca; sifat sifat allah

Bacaan Doa Iftitah Versi Muhammadiyah

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, jika salah satu organisasi islam terbesar yang ada di Indonesia yaitu Muhammadiyah. Dimana dalam pembacaan doa iftitah sendiri memiliki pandangan berbeda dengan NU. Dan bagi kamu yang mengikuti organisasi Muhammadiyah, kamu bisa membaca doa iftitah seperti berikut ini.

Gambar-Doa-Iftitah-Versi-Muhammadiyah-Beserta-Artinya-Korangratis.net
Gambar-Doa-Iftitah-Versi-Muhammadiyah-Beserta-Artinya-Korangratis.net

Baca Juga: Kumpulan video pendek ustadz felix siauw

Bacaan Doa Iftitah Lengkap

Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-Korangratis.net
Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-Korangratis.net

Arti Bacaan Doa Iftitah Lengkap

Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-1-Korangratis.net
Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-1-Korangratis.net
Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-2-Korangratis.net
Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Lengkap-2-Korangratis.net

Artikel Populer: qada dan qadar

Bacaan Doa Iftitah Sesuai Sunnah

Setelah kamu mengetahui berbagai macam bacaan doa iftitah diatas, maka sebaiknya kamu mengetahui juga bacaan doa iftitah yang sesuai dengan sunnah. Karena memang tidak sedikit orang yang hanya ingin befokus pada amalan yang sesuai dengan sunnah saja. Ya memang hal ini bisa dianggap normal dan kita memang dianjurkan untuk mengikuiti yang sesuai dengan sunnah.

Lalu apa  maksudnya dengan mengikuti sunnah atau doa iftitah yang sesuai dengan sunnah?

Doa iftitah sesuai sunnah maksudnya adalah bacaan doa iftitah yang di contohkan langsung oleh Nabi Muhammad SAW. Dimana seperti yang kita ketahui saat ini bahwa jumlah aliran agama islam yang ada di dunia semakin banyak. Sehingga untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai dengan sunnah. Dengan kata lain kehati-hatian dalam menyikapi fenomena ini sangat diperlukan dan dibutuhkan.

Dan dari kesemua bacaan doa iftitah yang sudah kami sebutkan diatas, pada dasarnya semuanya bersumber pada hadist Nabi Muhammad SAW. Jadi dalam hal ini silakan kamu pilih bacaan doa iftitah yang sesuai dengan keyakinan dan menurutmu benar.

Bacaan Doa Iftitah Pendek

Pada dasarnya doa iftitah yang sudah sering kita baca adala doa iftitah yang normal, tapi di sisi ain ada juga bacaan doa iftitah pnedek yang bisa anda baca ketika dalam situasi dan kondisi terburu-buru. Dengan kata lain tujuan dari bacaan doa iftitah pendek ini yaitu untuk mempersingkat waktu seseorang yang mungkin memiiki kesibukan.

Tapi kami sarankan agar sebaiknya kamu memaca doa iftitah yang versi full saja jika memang memiliki banyak waktu luang. Karena memang bacaan doa iftitah yang full tentunya memiliki pahala dan keutamaan yang lebih baik dibandingkan dengan yang versi pendek. Tapi jika memang waktu anda tidak memungkinkan, kamu bisa membaca doa iftitah pendek yaitu sebagai berikut:

Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Korangratis.net
Gambar-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Korangratis.net

Arti Bacaan Doa Iftitah Pendek

Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Korangratis.net
Gambar-Arti-Bacaan-Doa-Iftitah-Pendek-Korangratis.net

Baca Juga: perbedaan zakat fitrah dan zakat mal

Keutamaan Membaca Doa Iftitah

Ibnu Umar Ra pernah mengatakan bahwa ketika sedang shalat bersama Nabi Muhammad SAW, ada salah seorang jamaah yang bersuara dalam membaca doa iftitah. Lantas Rasulullah SAW menanyakan “Siapakah orang yang bersuara dan membaca kalimat tadi?”, lalu orang yang membaca doa tersebut menjawabnya. Dan dalam sabda Rasulullah SAW yang berbunti “Aku merasa heran dengan kalimat tersebut, karena kalimat tersebut mampu membuka pintu-pintu langit”.

Gambar-Keutamaan-Membaca-Doa-Iftitah-Sumber-Korangratis.net
Gambar-Keutamaan-Membaca-Doa-Iftitah-Sumber-Korangratis.net

Lantas apa saja manfaat dan keutamaan dari membaca doa iftitah? Kamu tidak perlu khawatir, karena kami sudah merangkum beberapa manfaat dari membaca doa iftitah yaitu sebagai berikut:

Mendapatkan Amalan Pahala Sunnah

Seperti yang sudah kami singgung diatas, jika bacaan doa iftitah adalah salah satu bacaan yang disunnahkan untuk dibaca ketika sholat. Sehingga tidak perlu diragukan lagi siapa saja yang membaca doa ini dalam sholat akan mendapatkan pahala amalan sunnah. Maka dari itu lebih baik manfaatkan sholat anda sebaik mungkin.

Bentuk Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keistimewaan membaca doa iftitah selanjutnya yaitu sebagai bentuk untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini bisa dilihat dari kandungan yang ada di dalam bacaan doa iftitah sangatlah lengkap. Dimana didalamnya terdapat maksud yaitu untuk selalu memohon ampunan Allah SWT dan meminta petunjuk serta meminta perlindungan dan keselamatan dari Allah SWT.

Diangkat Doanya Oleh Para Malaikat

Keutamaan membaca doa iftitah yang terakhir yaitu diangkat doanya oleh para Malaikat kepada Allah SWT. Hal ini juga terdapat dalam sebuah hadist Nabi Muhammad SAW yang kurang lebih berarti bahwa ada 12 malaikat yang bersegera menuju ke orang yang membaca doa iftitah untuk berlomba dalam mengangkat doa tersebut kepada Allah SWT.

Orang Lain Juga Membaca: tanda tanda kiamat


Demikian pembahasan lengkap mengenai doa iftitah yang bisa kami sampaikan, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas bisa memberikan manfaat untuk kalian semua. Kami sarankan agar kalian mengerjakan amalan-amalan sunnah yang ada di dalam sholat.

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: