Kumpulan Doa Buka Puasa (Paling Lengkap)

Semua umat islam sudah pasti pernah menjalankan ibadah puasa. Puasa sendiri terbagi menjadi beberapa,namun yang wajib di jalankan ialah puasa Ramadhan. Pada bulan suci ramadhan, umat islam di wajibkan menjalankan puasa 30 hari. Sedangkan, untuk puasa yang lainnya bersifat sunah. Sudahkan anda memahami doa buka puasa yang benar? Selengkapnya kami bahas pada artikel ini.

Berkumandangnya adzan maghrib merupakan tanda untuk berbuka puasa. Bagi umat muslim yang berpuasa, maka wajib untuk berbuka. Terlebih, sangat di utamakan untuk berbuka dalam hal apapun. Secara umum, doa berbuka puasa memiliki kesamaan. Hanya saja, agar lebih sesuai dengan puasanya maka di tambahkan doa buka puasa menyesuaikan. Baca terus lebih jelasnya dibawah ini.

Kumpulan Doa Buka Puasa Lengkap

Bagi anda yang senang menjalani ibadah puasa, maka wajib untuk mengetahui doa berbuka dengan benar. Berikut kumpulan doa yang perlu anda ketahui.

Kumpulan-Doa-Buka-Puasa-Lengkap
Sumber: travelingyuk.com

Keutamaan Berpuasa

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai doa yang digunakan. Alangkah baiknya anda memahami keutamaan dari berpuasa. Karena, berpuasa memiliki banyak sekali keutamannya. Sehingga, umat muslim perlu untuk mengetahuinya. Termasuk sebagai jalan meraih takwa seperti firman Allah SWT:

ayat-tentang-berpuasa-korangratis.net
ayat-tentang-berpuasa-korangratis.net
arti-ayat-tentang-berpuasa-korangratis.net
arti-ayat-tentang-berpuasa-korangratis.net

Selain itu, puasa juga berguna ntuk penghalang dari panasnya api neraka. Serta pengampunan dosa dan mampu menahan syahwat. Jadi, tidak heran jika banyak sekali keutamaan dari berpuasa. Karenanya, umat muslim dapat menjalankan ibadah puasa sunnah dan harus menjalani ibadah puasa wajib bulan suci ramadhan.

Keutamaan-Berpuasa
Sumber: ejajufri.wordpress.com

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Puasa terbagi menjadi dua yaitu wajib dan sunnah. Untuk puasa senin kami sendiri masuk dalam sunnah. Yang berarti akan mendapatkan pahala dari Allah SWT jika di kerjakan. Namun, jika tidak di kerjakan tidak mendapatkan dosa. Beberapa manfaat puasa senin kamis antara lain:

  • Memberikan Istirahat Pada Pencernaan

Tidak banyak yang mengetahui, bahwa puasa membantu dalam proses pencernaan. Dimana, tubuh membutuhkan istirahat termasuk dalam pencernaan. Oleh karena itu, puasa senin kamis dapat memberikan istirahat bagi pencernaan.

  • Lebih tenang

Tidak di ragukan lagi, bahwa puasa membantu mengontrol dari banyak hal. Termasuk dengan pikiran dan hati agar menjadi lebih tenang. Karena ketenangan merupakan kunci dari menjalani kehidupan yang lebih baik.

  • Peka Lingkungan sekitar

Dengan menjalankan ibadah puasa senin kamis berarti akan lebih paham mengenai lingkungan sekitar. Bahwa, masih banyak orang terlantar yang belum bisa makan seperti berpuasa. Menahan lapar bukan karena berpuasa tetapi tidak memiliki uang. Karena itu, akan lebih memahami kondisi dari orang yang kurang membutuhkan.

Bacaan doa buka puasa senin kamis dan latinnya sebagai berikut:

doa-buka-puasa-senin-kamis-korangratis.net
doa-buka-puasa-senin-kamis-korangratis.net

Latin:

“Allahumma lakaa shumtu wa alaa rizqika aftahartu dzahabazh zhoma-u wabtallatii uruuqu watsabatal ajru, insya Allah”.

Artinya:

“Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa serta dengan rezeki dari-Mu aku berbuka. Telah hilang dahaga,urat telah basah dan pahala telah tetap Insya Allah Ta’ala”

Doa-Buka-Puasa-Senin-Kamis
Sumber: hitsss.com

Doa Buka Puasa Rajjab

Rajab ialah bulan ke tujuh dari kalender hijriah yang bias adi gunakan. Bulan ini dikenal sebagai turunnya perintah shalat lima waktu melalui nabi Muhammad SAW. Keistimewaan dari bulan rajab juga tertuang dalam Al-Qur’an surat At Taubah ayat 36.

Karena itu, untuk menghormati bulan rajab banyak yang melaksanakan puasa. Tetapi,untuk puasa ini tidak di wajibkan. Jika menjalankannya tentu akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Setelah melaksanakan puasa seharian, maka sudah saatnya berbuka. Berikut doa buka puasa rajjab:

Artinya:

“ Telah hilang rasa dahaga, urat teah basah, serta di raih pahala, Insya Allah.”

Doa-Buka-Puasa-Rajjab
Sumber: honestdocs.id

Doa Buka Puasa Ganti

Menjalankan ibadah puasa ramadhan hukumnya ialah wajib. Namun bagaimana jika terkendala seperti menstruasi ataupun sedang sakit? Maka dapat di qadha atau ganti. Karena, wajib seorang muslim untuk menganti puasa yang di tinggalkan pada bulan ramadhan. Jika tidak bisa, maka wajib untuk bersedekah kepada yang membutuhkan.

Berbuka puasa ganti dapat menggunakan doa sesuai dengan syariat islam. Terlebih, bagi anda yang sedang menjalankannya maka perlu untuk menghafalnya. Dimana, semakin hafal akan mempermudah dalam menjalankan puasanya. Berikut ini doa buka puasa ganti:

doa-buka-puasa-ganti-lengkap-dengan-latinnya-korangratis.net
doa-buka-puasa-ganti-lengkap-dengan-latinnya-korangratis.net

Artinya:

“Ya Allah SWT karena-Mu aku berpuasa, dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan Rizki-Mu aku berbuka, dengan rahmat-Mu ya Allah SWT Tuhan Maha Pengasih”

Doa-Buka-Puasa-Ganti
Sumber: artidoa.com

Doa Buka Puasa Nazar

Sudahkah anda mengerti mengenai nazar? Nazar ialah janji untuk melakukan sesuatu karena telah mendapatkan keajaiban. Termasuk dengan nazar akan melakukan puasa setelah mendapatkan hal yang di harapkan. Terutama, kerap kali mengenai kesehatan ataupu rezeki dalam sehari-hari. Hal ini di gunakan untuk menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT.

Mungkin, kerap kali banyak masyarakat yang berkata mengenai janjinya. Namun, tidak ada salahnya jika berjanji untuk di tepat. Termasuk dalam berjanji mengenai puasa. Untuk itu, jika sudah bernazar dan terjadi maka harus di tepati. Berikut doa buka puasa nazar yang harus di pahami.

doa-buka-puasa-nazar-dan-latinnya-korangratis.net
doa-buka-puasa-nazar-dan-latinnya-korangratis.net

Artinya:

“ ya Allah SWT karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah serta dengan rizki-Mu aku berbuka puasa. Dengan rahmat-Mu ya Allah SWT Tuhan Maha Pengasih”

Doa-Buka-Puasa-Nazar
Sumber: dream.co.id

Doa Buka Puasa Sunnah

Puasa sunnah beragam macamnya, namun dengan tujuan yang sama yaitu bersyukur kepada Allah SWT. Menjalankan puasa sunnah sudah pasti mendapatkan pahala dari Allah SWT. Namun, jika tidak di jalankan tidak berdosa. Allah SWT sangat menghargai hambanya yang menjalankan ibadah puasa. Pahala yang diberikan sudah pasti berlipat ganda.

Dengan menjalankan ibadah puasa sunnah, banyak keutamaan yang didapatkan. Terutama untuk hati dan pikiran yang menjadi lebih tenang. Jiwa yang tenang akan membantu dalam menjalani kehidupan lebih baik dan siap dalam segala kondisi. Serta, selalu bersyukur atas nikmat dan rizki yang diberikan. Berikut doa buka puasa sunnah:

doa-buka-puasa-sunnah-lengkap-korangratis.net
doa-buka-puasa-sunnah-lengkap-korangratis.net
latinnya-doa-buka-puasa-sunnah-korangratis.net
latinnya-doa-buka-puasa-sunnah-korangratis.net

Artinya:

“ya Allah SWT hanya untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang dahaga,urat telah basah dan pahala telah tetapi Insya Allah Ta’ala.”

“ Menjalankan ibadah puasa sunnah sangat banyak manfaat yang di dapatkan. Keutamaan yang diberikan sangat baik bagi kehidupan. Bagi mereka yang menjalankan puasa sunnah doanya menjadi lebih cepat di kabulkan.”

Doa-Buka-Puasa-Sunnah
Sumber: popmama.com

Doa Buka Puasa Arafah

Puasa ini dilaksanakan pada tanggal 9 Dzuhijjah. Puasa ini mengawali dari datangnya hari raya Idhul Adha bagi umat muslim. Puasa arafah kerap di jalankan oleh umat muslim karena memiliki banyak keutamaan. Selain itu, untuk pahala yang diberikan oleh Allah SWT kepada hambanya juga sangat melimpah.

Bagi yang menjalankan puasa ini maka akan di hapuskan dosanya selama satu tahun. Satu tahun sebelumnya ataupun setelahnya. Jadi, sangat berarti untuk mengurangi dosa karena manusia sudah menjadi tempatnya dosa. Berikut ini doa untuk berbuka puasa arafah:

doa-buka-puasa-arafah-beserta-latinnya-korangratis.net
doa-buka-puasa-arafah-beserta-latinnya-korangratis.net

Artinya:

“ Ya Allah SWT, untuk-Mu aku berpuasa, dan dengan rizki-Mu aku berbuka.”

Doa-Buka-Puasa-Arafah
Sumber: detik.com

Setelah menjalani puasa satu hari penuh, maka waktu maghrib dapat dimulai berbuka. Doa buka puasa dapat digunakan sesuai apa yang di jalankan. Baik puasa wajib ataupun sunnah memiliki doa dengan tujuan yang sama. Semoga bermanfaat!

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: