√ 21 Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola Bergambar (Full HD)

Daftar Pemain Terbaik Dunia – Hai sobat koran, jumpa lagi. Kali ini kita akan membahas tentang dunia sepak bola lagi. Bagi kamu pecinta bola wajib baca nih. Karena kita akan tentang pemain-pemain sepak bola sejagat raya. Mungkin kamu belom tahu, Bahwa mereka ini bukan pemain biasa loh, tapi pemain sepak bola terbaik dunia.

Siapa aja sih pemain sepak bola terbaik dunia? Apa jagoan kamu masuk ke daftar pemain terbaik dunia? Penasaran kan, lansung aja yuk kita cek. Oiya, silah klik stadion termegah di Indonesia untuk melihat betapa hebat negara kita.

21. Antoine Griezmann – Atletico Madrid

Gambar Antoine Griezmann-Atletico Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-21.
Gambar Antoine Griezmann-Atletico Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-21

Di urtan ke-21 dalam daftar pemain terbaik dunia, ada pemain Atletico Madrid. Griezmann mungkin telah lupa soal penghargaan Ballon d’Or. Usai berhasil membawa Atletico Madrid menembus final Liga Champions serta Perancis ke final Piala Euro tahun lalu, dalam penghargaan edisi tahun tersebut Antoine Griezman menduduki peringkat ke-3, di belakang Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ia pemain sepak bola terbaik dunia yang menduduki posisi puncak, di luar dua alien tersebut tentunya. Dan ketika dirinya mencatatkan 10 gol tambahan di liga domestik sebelum musim lalu berakhir, tampak seakan ketajaman pemain ini akan terus berlanjut.

Lalu, spekulasi itu pun mulai merebak. kamu akan mengerti mengapa Manchester United menginginkan jasanya.

Griezmann adalah pemain sepak bola terbaik dunia yang bertipe pekerja keras, pergerakannya cerdas, rajin mencetak gol, serta pemain yang fleksibel, ia bisa ditempatkan sebagai wingersecond forward, atau ujung tombak. Pemain yang bertransformasi menjadi pemenang bersama Diego Simeone ini pasti cocok dengan gaya melatih Jose Mourinho. Rumor transfer ini lalu menguap seiring keputusan Griezmann untuk bertahan di tengah hukuman larangan transfer Atletico.

Namun, anehnya, semenjak itu dirinya tak lagi sama. Musim ini saja ia awali dengan terusir ke luar lapangan dalam laga kontra Girona dan tumpul pada delapan pertandingan kemudian.

Sebagai pemain sepak bola terbaik dunia, penampilan buruknya pada derby Madrid November lalu berbuah cemoohan dari suporter sendiri sampai-sampai membuat Diego Simeone bersumpah untuk membela sang pemain “hingga ajal menjemputnya”. Namun, belum lama ini pemain berusia 26 tahun tersebut mulai menemukan kembali bentuk terbaiknya dengan melesakkan empat gol dalam tiga laga.

Hal ini menimbulkan optimisme jelang tahun baru yang bertabur peluang, termasuk peran utama bagi Perancis di Piala Dunia. Dan mungkin juga kepindahan ke Old Trafford.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-20

20. Paul Pogba – Manchester United

Gambar Paul Pogba-Manchester United, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-20.
Gambar Paul Pogba-Manchester United, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-20

DI urtan ke-20 daftar pemain terbaik dunia, pemain dengan gaya selebrasinya yang fenomenal. Dan apabila nilai seorang pemain diukur dari bagaimana laju sebuah tim tanpa kehadiran sosoknya, maka hanya akan ada segelintir pesepak bola yang lebih baik dari Paul Pogba.

Ketika pemain sepak bola terbaik dunia ini kembali ke lapangan pada pertengahan November setelah absen selama enam pekan, rasanya seperti ada sebuah saklar di kubu Manchester United yang ditekan. Tim yang sebelumnya tampak tertatih dan minim daya imajinasi ini tetiba memancarkan kretivitas dan bermain lepas, pendistribusian bola dari area pertahanan menuju barikade penyerangan mengalir dengan sangat brilian. Nyaris semua ini terjadi berkat kehadiran Poba, meski itu pun tidak sepenuhnya.

Hal yang lebih signifikan ketimbang kemampuan olah bolanya yang jelas menawan adalah dampak tak kasat mata yang ia jalarkan kepada rekan-rekannya, di mana kemampuan para pemain lain jadi meningkat manakala ia turun ke lapangan.

Sebuah aura dominansi yang telah lama tak dirasakan di lini tengah Old Trafford semenjak era Roy Keane. Tentu saja Pogba bukan Roy Keane, cara ia menyeringai, bergerak, dan bermanuver di sepanjang laga berbanding 180 derajat dengan apa yang dilakukan oleh gelandang leluhurnya tersebut, namun ada banyak cara untuk menjadi pemimpin dan tak ada keraguan sedikit pun bahwa Pogba si pemain sepak bola terbaik dunia kini menjadi jantung utama laskar Jose Mourinho.

Meski usianya belum genap seperempat abad, koleksi skill yang ia miliki nyaris lengkap, lihai mendribel, serta menembak dan mengumpan sama baiknya dengan gelandang manapun yang ada di Premier League, namun semua teknik tersebut semakin paripurna berkat kapabilitas fisiknya yang di atas rata-rata, sikapnya yang begitu enerjik, serta kepercayaan diri yang seolah tak pernah runtuh.

Jika United berencana segera kembali ke tempat mereka seharusnya berada, pastilah Pogba yang akan mengangkat derajat mereka, sembari  tersenyum pongah sepanjang perjalanan.

19. Dries Mertens – Napoli

Gambar Dries Mertens-Napoli, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-19.
Gambar Dries Mertens-Napoli, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-19

Boleh saja Manolo Gabbiadini menjadi pemain sepak bola terbaik dunia, meski secara kebetulan, menjadi pahlawan Napoli saat ini.

Meski masa-masa pemain yang kini berkostum Southampton selama merumput di San Paolo tersebut tak berjalan menyenangkan, periode buruknya musim lau sebagai striker utama klub berujung pada eksperimen taktis yang signifikan. Hal itulah yang meyebabkan ia masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

Dengan masih menganganya lubang yang ditinggalkan Gonzalo Higuain yang juga pemain sepak bola terbaik dunia, Mertens kemudian diplot menggantikannya. Apa yang terjadi kemudian adalah salah satu adaptasi individu paling cepat dan paling impresif dalam sejarah sepak bola belakangan ini.

Pemain pemain sepak bola terbaik dunia dari Belgia, yang sebelumnya dikenal sebagai pemain lincah nan cerdik yang didatangkan ketika Lorenzo Insigne belum menemukan ketajamannya, ini mulai mencetak gol dalam basis frekuensi yang tak lazim, dengan sederet skill yang membuatnya menjadi pemain pengganti yang punya dampak berarti, kecepatan, dribel, pergerakan konstan, membuatnya sanggup menembus tembok pertahanan lawan.

Di ujung kompetisi Serie A musim lalu, hanya striker andalan Roma saja, Edin Dzeko,  yang mencetak lebih banyak gol ketimbang dirinya dengan total 28.

Dan torehan ini semakin mengagumkan lantaran pemain sepak bola terbaik dunia ini awalnya diragukan menjadi ujung tombak. Striker 30 tahun ini memang terlambat menunjukkan potensinya, namun ia sepertinya bukan tipe pemain hebat satu musiman. Pada musim ini saja catatan golnya sudah dua digit dan ini belum termasuk suplai asis kepada rekan-rekannya.

Kepergian Higuain ke Juventus tentunya masih menyisakan kepedihan, namun fans Napoli punya suksesor hebat untuk dielukan dalam diri bomber baru mereka yang lincah.

18. Sergio Ramos -Real Madrid

Gambar Sergio Ramos-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-18.
Gambar Sergio Ramos-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-18

Sepanjang musim 2016/17 di mana Real Madrid sukses merengkuh trofi La Liga, Liga Champions, Piala Super Champions, serta Piala Dunia Antar Klub, Sergio Ramos benar-benar menjadi perwujudan dari tekad, semangat juang, serta hasrat menggebu Real Madrid untuk menjadi pemenang dengan segala cara.

Kontribusi delapan golnya selama musim lalu acap terjadi dalam situasi di mana pasukan Los Blancos membutuhkan kehadiran kapten mereka.

Ketajaman yang konsisten ia suguhkan dari jantung pertahanan tersebut telah berjasa membantu Madrid dalam mempertahankan momentum terlepas dari rotasi besar-besaran yang ditempuh. Ngotot, tangguh dalam duel udara, serta tak segan bersikap egois ketika tim membutuhkannya, kepribadian dan hasrat pemain sepak bola terbaik dunia yang satu ini untuk menang sulit dinafikan.

Kendati jumlah kartu merah yang ia dapatkan di La Liga hingga sejauh ini sudah menorehkan rekor tersendiri pada November kemarin, penampilan Ramos pasti akan terasa berbeda jika tak diwarnai laku agresif, ambisius, serta sikap serampangan yang sporadis. Walaupun Ramos bukan defender yang punya teknik paling mumpuni dalam skuat asuhan Zidane, namun ia punya kontribusi paling besar untuk urusan kepemimpinan, motivasi, dan daya juang dalam setiap laga hingga secercah harapan tim untuk menang sudah benar-benar sirna.

Sebuah gol krusial kontra Napoli di San Paolo membantu timnya unggul dalam kemenangan agregat pada babak perdelapan final Liga Champions musim lalu dan sejarah tercipta tatkala Madrid pada akhirnya melibas Juventus 4-1 dalam laga pemungkas untuk menjadi tim pertama dalam sejarah yang berhasil mempertahankan trofi ini.

Tidak heran jika pemain sepak bola terbaik dunia ini, walaupun berposisi sebagai pemain belakang. Tapi sangat memumpuni untuk masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

17. Paulo Dybala – Juventus

Gambar Paulo Dybala-Juventus, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-17.
Gambar Paulo Dybala-Juventus, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-17

Mau tidak mau Dybala harus rela diasosiasikan dengan Lionel Messi. Hal ini merugikan dirinya, tapi wajar saja, kok. Keduanya berkewarganegaraan Argentina, berkaki kidal, beringas di kotak penalti lawan, serta sama-sama punya kemampuan olah bola yang fantastis. Dan ke-duanya pasti masuk daftar pemain terbaik dunia.

Namun, tahun ini pemain pemain sepak bola terbaik dunia dari Juventus tersebut sudah memanfaatkan ajang Liga Champions untuk melepaskan diri dari bayang-bayang kompatriotnya yang ikonik itu.

Dua gol briliannya saat bersua Barca pada babak perempat final musim lalu ikut memberi andil. Sayangnya, pemain sepak bola terbaik dunia ini tak bisa berbuat banyak pada laga final melawan Madrid yang berakhir kekalahan 1-4. Dua penampilan yang kontras tersebut membuktikan bahwa, meski penyerang 24 tahun ini hebat, ia masih belum menyamai kehebatan Messi. Dybala belum cukup konsisten untuk layak berdiri di podium yang sama dengan striker yang saat ini menjadi yang paling dahsyat di planet bumi tersebut, namun pada bulan ini secara perlahan ia mulai merangkak ke arah sana.

Pada musim ketiga perjalanan kariernya bersama tim penguasa sepak bola Italia ini ia sudah menunjukkan produktivitas terbaiknya dengan menyarangkan satu gol per laga.

Dan sepertinya ia sudah berkembang menjadi pemain dengan potensi serius. Hal ini terkait erat dengan kecerdasan taktik dan pemahaman posisi sebagai tekniknya yang eksepsional. Tak banyak pemain sepandai dirinya yang mampu menyesuaikan timing kecepatan lari dengan kedatangan umpan silang, sementara itu kombinasi permainannya yang berkelindan dengan rekannya yang lain juga vital dalam skema penyerangan si Nyonya Tua.

Belakangan ini Dybala si pemain sepak bola terbaik dunia sudah menunjukkan bahwa dirinya adalah pemain serba bisa yang dapat dengan mudah berganti peran baik itu sebagai striker, pemain bernomor 10, atau pemain sayap.

Dengan kaki kiri yang jadi andalannya serta efektivitas yang kian trengginas, tak akan lama lagi ia bisa terbebas dari belenggu perbandingan yang menyebalkan tersebut dan menggelar karpet merahnya sendiri.

16. Eden Hazard – Chelsea

Gambar Eden Hazard-Chelsea, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-16.
Gambar Eden Hazard-Chelsea, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-16

Kehadiran Antonio Conte telah meniupkan nyawa permainan ke berbagai elemen skuat Chelsea, namun tak ada yang merasa lebih hidup ketimbang Eden Hazard si pemain sepak bola terbaik dunia.

Pemain sayap yang semusim sebelum kedatangan pelatih asal Italia ini begitu lamban dan membosankan serta tampil suram sepanjang Euro 2016, ini semenjak ditangani Conte kembali menemukan jati dirinya sebagai tumpuan serangan Chelsea serta memenangi penghargaan pemain terbaik sepanjang musim yang gila-gilaan tersebut menuju tangga juara.

Musim ini, usai menepi lantaran dibekap cedera selama beberapa bulan, ia menebar ancaman dengan menampilkan performa yang setingkat lebih baik, bermain lebih klop bersama pemain cerdas macam Alvaro Moratta ketimbang bersama si beringas Diego Costa.

Namun, masih ada suatu gangguan mendasar dan sulit terbantahkan mengenai Hazard.

Pada puncak permainannya, pemain sepak bola terbaik dunia yang satu ini adalah pemain yang mendominasi, memukau, seorang penyerang yang sangat sulit dijegal. Namun, momen indah tersebut terlampau jarang terjadi. Januari nanti usianya akan menginjak 27 tahun, di mana pada usia tersebut Ronaldo telah mengemas 238 gol, Thierry Henry 182, dan Luis Suarez 211 gol bagi klubnya masing-masing. Begitu hebatnya ia, sampai tercantum namanya di daftar pemain terbaik dunia.

Sedangkan total gol Eden Hazard tertahan di angka 130 dan hingga kini masih belum sanggup memecahkan rekor 20 golnya sendiri sejak mendarat ke Chelsea.

Harus diakui bahwa parameter tersebut tak adil untuk menilai penyerang multi talenta ini, namun rekor gol Hazard selaku pemain sepak bola terbaik dunia berlaku sebagai demonstrasi solid baik itu mengenai betapa krusial perannya saat ia sedang tajam atau bagaimana ia terkadang menempatkan dirinya sebagai pemenang laga yang sesungguhnya.

Komposisi mentahnya, dribel sempurna, akselarasi mengejutkan, pemain jenius bagi segelintir pemain, semua sudah ada dalam dirinya dan ketika kita semua elemen tersebut berfungsi sekaligus maka sudah pasti kita akan menyaksikan suatu atraksi.

Akan tetapi, atraksi semacam itu jarang terjadi. Tantangan bagi Hazard saat ini adalah menjadikannya semacam norma.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-15

15. Maurio Icardi – Internazionale

Gambar Maurio Icardi-Internazionale, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-15.
Gambar Maurio Icardi-Internazionale, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-15

Jika yang kamu ketahui mengenai kapten Inter ini cuma skandal cinta segitiganya antara ia, istrinya saat ini serta mantan rekannya Maxi Lopez, berarti kamu keliru memahaminya. Karena ia juga termasuk daftar pemain terbaik dunia.

Sederhananya, Icardi adalah salah satu striker pemain sepak bola terbaik dunia paling mematikan di jagat sepak bola, ia tak memerlukan banyak peluang untuk mendulang gol ke gawang lawan. Torehan 77 gol dari 117 pertandingan Serie A sejak pemain yang begitu klinis ini bergabung ke Inter musim 2014/15 nyaris sulit dinalar.

Penyerang dari pemain sepak bola terbaik dunia asal Argentina ini sendirian mengobrak-abrik reputasi Italia sebagai liga yang dipenuhi barisan pertahanan yang sulit diterjang.

Ia juga secara perlahan mulai meningkatkan keseluruhan kontribusinya terhadap permainan Inter. Dua tahun sejak ia mengakhiri musim liga sebagai top skorer (di usia yang baru 24 tahun), Icardi kini menjadi pemain yang lebih lengkap, lebih tangguh secara fisik, dan sanggup melibas tantangan, sementara itu musim lalu ia sukses menorehkan rekor delapan asis, tertinggi dalam kariernya.

Penampilan apiknya yang berkelanjutan bagi Nerazzuri juga mustahil diabaikan oleh timnas Argentina. manajer baru Jorge Sampaoli mengakhiri puasa tiga tahun penampilan Icardi di timnas pada pertengahan tahun ini.

Mengingat hingga saat ini ia belum mencicipi atmosfer Liga Champions, barangkali saja andai ia mampu sajikan permainan mengagumkan pada Piala Dunia musim panas nanti, akan ada lebih banyak audiens yang lebih mengenal sosok Icardi ketimbang citranya sebagai penggila tato dan skandal asmaranya dengan Wanda Nara.

14. Harry Kane – Tottenham Hotspur

Gambar Harry Kane-Tottenham Hotspur, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-14.
Gambar Harry Kane-Tottenham Hotspur, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-14

Tahun ketika perdebatan berakhir. Pada pengujung musim lalu, Kane salah satu pemain sepak bola terbaik dunia memenangi Sepatu Emas keduanya secara beruntun, masuk ke dalam daftar Premier League Team of the Year versi PFA untuk ketiga kalinya secara konsekutif, dan mencetak 29 gol dari hanya 30 penampilan. Dan Secara otomatis ia masuk ke dalam daftar pemain terbaik dunia.

Kane bukanlah pemain yang hanya gemilang pada satu, dua, atau tiga musim saja, namun ia adalah pemain luar biasa dengan sederet kemampuan paling kaya di antara para penyerang sentral Inggris lain di generasinya. Bahkan, sekarang pun Kane kembali dinilai dengan kriteria yang fluktuatif. Saat ia mulai mencetak gol di Europa League, ada sebagian orang yang bersikukuh menyebut bahwa liga ini tak sesulit Premier League

Begitu pun ketika ia secara konsisten membobol pertahanan lawan di liga domestik, banyak yang yakin ia tak akan setajam ini di Champions League yang levelnya lebih tinggi. Dan terus saja begitu.

Namun kemudian, inilah yang membuat Kane menjadi pemain seperti sekarang. Semakin nyaring lantunan yang meremehkannya dan semakin banyak testimoni yang mempermasalahkan gaya bermainnya yang kaku dan ketinggalan zaman, semakin bengal pula dirinya, dan, terpenting, buntut dari semua itu adalah ia semakin cepat berevolusi.

Mauricio Pochettino membangun formasi yang membuat pemain sepak bola terbaik dunia ini berkembang, namun permainannya sendiri lah yang menunjukkan kualitasnya. Seperti itulah tahun 2017 berjalan bagi Kane. permainanannya masih sama, namun lebih baik. Lebih mematikan, lebih atletis, dan lebih menyulitkan lawan-lawan di setiap tahap permainan menyerangnya.

13. Jan Oblak – Atletico Madrid

Gambar Jan Oblak-Atletico Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-13.
Gambar Jan Oblak-Atletico Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-13

Kali ini, yang berada di daftar pemain terbaik dunia adalah penjaga gawang. Setelah sekian lama, orang-orang mulai mengakui peran kunci yang dilakoni Jan Oblak pada kukuhnya tembok pertahanan Atletico Madrid. Alasannya? Pertahanan tersebut tak lagi sulit ditembus. imbasnya, kontribusi Oblak jadi kian terasa dan menjadi pemain sepak bola terbaik dunia.

Saat ini mereka lebih sering kebobolan dibandingkan dengan era Simeone sebelumnya, dan kehadiran penjaga gawang tersebut dibutuhkan. Penjaga gawang asal Slovenia ini tidak bersembunyi. Ketika performa pemain macam Juanfran dan Diego Godin secara p erlahan mulai menurun, Oblak justru tampak semakin mahir dan berkembang dengan merangkul tanggung jawab di pundaknya.

Kiper yang semakin gigih dan solid dari sebelumnya ini juga kerap menjadi perekat yang memperkukuh lini pertahanan Atletico.

Ia mungkin bukan pemain berpostur paling tinggi, namun kemampuan pemain sepak bola terbaik dunia yang satu ini untuk memperkecil kans lawan mendulang gol begitu luar biasa. Dari segi kelincahan, tak banyak yang segesit dirinya di area kotak penalti, dan ia mampu beringsut sepanjang garis gawangnya dengan sangat impresif untuk menghalau tendangan jarak jauh.

Mungkin Oblak tak punya reputasi sebagai penjaga gawang yang lebih kiwari yang biasanya pandai memainkan bola, namun khusus untuk urusan menjaga gawang, kalaupun saat ini ada, tak banyak yang melampaui dirinya.

Ia mampu mengamankan umpan silang, memberi komando di area penalti, dan soal penempatan posisinya, kamu akan sangat jarang melihatnya melakukan kesalahan.

Jika striker berusaha mencetak gol, maka dengan nilai yang sama, clean sheet adalah gol bagi Oblak. Ia sangat bangga ketika berjasa membuat timnya tak kebobolan. Para suporter Atletico tertawa ketika sadar bahwa Oblak dalam bahasa Spanyol berarti ‘tembok’. Namun, tak banyak lawan yang tertawa lantaran mereka sulit membobolnya.

12. Gonzalo Higuain – Juventus

Gambar Gonzalo Higuain-Juventus, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-12.
Gambar Gonzalo Higuain-Juventus, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-12

Bersama Real Madrid ia dibayangi Ronaldo, di timnas Argentina ada Lionel Messi, dan di Juve ada Buffon dan barisan pertahanan yang dielukan.

Bahkan pamor Higuain sebagai  pemain sepak bola terbaik dunia kerap kalah berkilau ketimbang kompatriotnya, Paulo Dybala yang juga pemain sepak bola terbaik dunia, sementara itu reputasinya sebagai pemain yang gemar buang peluang di pertandingan penting selalu menjadi pusat kritiknya. Suara-suara sumbang yang menghantui pemain 29 tahun ini juga termasuk segenap publik Italia.

Suporter Napoli melabeli pemain sepak bola terbaik dunia ini sebagai Judas, setelah ia mengkhianati mereka dengan menyeberang ke Juventus. Namun, tak banyak yang menduga bahwa kepindahannya ke tim utara Italia tersebut dengan banderol €90 juta akan sukses. Dengan memenangi Scudetto dan mengangkat Piala Italia, kontribusi 32 golnya di semua kompetisi juga membantu si Nyonya Tua kembali mencapai final Liga Champions.

Oh, dan bagi mereka yang masih berpikir kalau ia kerap tumpul pada laga penting, Higuain berhasil menyumbang gol saat melawan Roma, Lazio, Fiorentina, rival derby Torino serta mantan klubnya, Napoli. Ia juga menyukseskan tendangan penalti yang membawa tim melaju ke fase gugur dan dua kali mencetak gol di semifinal, melupakan komentar miring soal berat bobotnya ketika ia melakukannya.

Sosoknya di area terlarang menimbulkan kepanikan bagi lini pertahanan di seantero Eropa, sementara itu peran Higuain kini kerap terlihat lebih dari sekadar ujung tombak, semua ini berkat kemampuan dribelnya yang jauh lebih mumpuni.

Tentu saja, masih akan ada banyak orang yang menyalahkan dirinya sebagai pangkal kegagalan Messi meraih trofi internasional. Namun, sejujurnya pemain sepak bola terbaik dunia ini, dan para suporter Juve, tak begitu memedulikannya. Tapi ia tetap masuk ke dalam daftar pemain terbaik dunia.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-11

11. Edinson Cavani – Paris Saint German

Gambar Edinson Cavani-Paris Saint German, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-11.
Gambar Edinson Cavani-Paris Saint German, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-11

Jika ada satu pemain Ligue 1 yang sangat berhak untuk mengedipkan mata dan menyorongkan kupingnya kepada suporter yang dulu mencemoohnya lalu melontarkan sindiran: “Kalian tadi bilang apa?” ke arah mereka, itu adalah Edinson Cavani. kita lihat, apakah ia berhak masuk daftar pemain terbaik dunia.

Dilabeli pemain kelas dua oleh sebagian orang karena terlalu sering buang-buang peluang, pada akhirnya penyerang tengah Uruguay inilah yang tertawa, sebuah tawa yang lantang, panjang, dan kesumat.

Dicibir lantaran permainannya yang membosankan dan dianggap gemar membuang peluang, ia membalasnya dengan menghasilkan performa mencengangkan sepanjang tahun ini yang membuat dirinya menjadi pemain tunggal PSG paling penting di era Zlatan (bahkan melebihi Neymar, setidaknya saat ini). Statistiknya mengagumkan. Dalam 36 pertandingan Ligue 1, pemain sepak bola terbaik dunia yang satu ini mencatatkan 34 gol.

Dari tujuh laga Champions League yang dilakoni, ‘El Matador’ sudah delapan kali mengoyak jala lawan. Jika digabungkan dengan penamilannya di Piala Perancis, berarti striker ini telah membukukan 48 gol di semua kompetisi, itu artinya ia bikin gol setiap 83 menit pertandingan. Dominasi PSG di Ligue 1 mungkin telah terputus setelah lima musim berkuasa, namun jika ada satu orang yang tak layak dipersalahkan atas kegagalan yang relatif tersebut, itu adalah pemain sepak bola terbaik dunia dari PSG ini.

Performa individualnya teramat brilian dan konsisten ditambah lagi ia tetap mengakhiri musim lalu dengan menggondol koleksi medali yang impresif.

Ligue 1 Player of the Year, Sepatu Emas Ligue 1, menambah rekening trofi Piala domestik dan tinggal sejengkal lagi sebelum ia resmi menyerobot tempat rekannya, Ibrahimovic, sebagai top skorer PSG sepanjang masa saat ini. Februari nanti usianya 31 tahun, namun level kekuatan dan kebugarannya begitu luar biasa sampai kamu sendiri mungkin berspekulasi kalau ia akan terus tampil dengan standar semumpuni ini pada tiga atau empat musim yang akan datang.

Gambar Edinson Cavani-Paris Saint German, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-11.
Gambar Edinson Cavani-Paris Saint German, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-11

Setelah dipaksa bekerja keras sebagai pemain sayap selama beberapa musim demi mengakomodir talenta dan ego Ibrahimovic, posisi ujung tombak yang kini ia tempati tentu tak akan ia lepaskan begitu saja.

Lagipula, tak ada pemain di bursa transfer saat ini yang sepadan dengan dirinya, dan seumpama ia sesekali membuang peluang, lantas kenapa? Mengingat sudah berapa banyak peluang yang ia konversikan menjadi gol, justru ia layak mendapat kredit atas kepiawaiannya mencetak gol serajin ini. Cavani juga merupakan satu dari sedikit striker yang masih aktif saat ini yang punya penyelesaian akhir khasnya sendiri, sundulan dekat gawang Cavani adalah hal yang begitu menawan.

Dari semua pencapaian yang telah digenggam pemain internasional Uruguay ini, masa depan yang menantinya tampak  akan lebih cerah.

Kans PSG untuk menjuarai Liga Champions jadi lebih memungkinkan dibandingkan musim-musim partisipasi mereka sebelumnya selama Cavani ada di klub ini. Kedatangan Neymar dan Mbappe sebagai penyokongnya di pos sayap tak hanya membuat klub makin siap menyongsong kesuksesan kontinental namun juga mengandaskan kecemerlangan Monaco yang musim lalu merusak supremasi domestik mereka.

Kemudian ada urusan lainnya mengenai Piala Dunia musim panas tahun depan di Rusia. Cavani si pemain sepak bola terbaik dunia akan percaya diri bermain melawan tuan rumah penyelenggara, Mesir, dan Arab Saudi di babak fase grup.

Apa kita sedang menyaksikan kandidat peraih Sepatu Emas Piala Dunia? Menilik ketajaman Cavani saat ini, kamu jangan sampai berani menyangkalnya. Jelas sekali jika Cavani tercantum dalam daftar pemain terbaik dunia.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-10

10. Sergio Aguero – Manchester City

Gambar Sergio Aguero-Manchester City, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-10.
Gambar Sergio Aguero-Manchester City, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-10

Jika 2012 adalah tahun di mana Sergio Aguero mencatatkan namanya dalam sejarah Manchester City berkat sebuah momen yang tak terlupakan, maka 2017 juga akan menjadi tahun di mana ia memastikan dirinya diingat berkat rentetan panjang pencapaiannya. Dan dai juga berhasil menempati daftar pemain terbaik dunia.

Penyelesaian akhirnya yang dingin mematikan dalam kemenangan 4-2 City di San Paolo hebat karena beberapa alasan. Dan membuatnya menjadi salah satu pemain sepak bola terbaik dunia.

menunjukkan kualitas Aguero yang eksplosif bermanuver ke arah gawang tanpa dibumbui pergerakan yang tak perlu sebab gol tersebut, sama seperti gol-gol lainnya yang cenderung menjadi, momen menentukan dalam pertandingan dan fakta bahwa konteksnya, kemenangan dalam pertandingan Liga Champions di kandang salah satu tim terbaik Italia, menunjukkan sebuah tim dan seorang pemain yang kemampuannya telah meningkat sejak pergantian musim panas tahun ini.

Gol itu ada dalam koleksi 10 golnya dalam 12 pertandingan, bukan lah hal yang jika ada namanya di daftar pemain terbaik dunia. Torehan yang jarang dirasakan Aguero si pemain sepak bola terbaik dunia namun juga bukan jumlah yang sedikit bagi seorang pemain yang baru saja kembali tajam lumayan signifikan sejak kedatangan Pep Guardiola setahun silam.

Pemain yang telah menahbiskan dirinya ke dalam jajaran pesepak bola paling elite di planet ini dengan menghasilkan banyak gol ini telah menghabiskan 18 bulan memeragakan instruksi ketat pelatihnya untuk memperluas cakupan kemampuannya, serta menguasai teknik yang cenderung konservatif dalam menyerang, mengumpan, dan merebut penguasaan bola, dan tentunya, dari semua hal tersebut, untuk tidak mengkompromikan kemampuan luar biasa untuk menceploskan bola ke gawang lawan.

Ini bukan perkara mudah, terlebih setelah kedatangan Gabriel Jesus, pemain yang sembilan tahun lebih muda dari Aguero namun sanggup melakukan semua hal di atas tanpa kesulitan berarti.

Untuk pertama kalinya sejak berkostum City, si pemain sepak bola terbaik dunia kini menemukan kompetitor yang sepadan untuk memperebutkan posisinya sebagai penyerang tengah. Namun, respons Aguero lebih meyakinkan.

Gambar Sergio Aguero-Manchester City, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-10.
Gambar Sergio Aguero-Manchester City, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-10

Dalam 11 bulan sejak Gabriel menjalani debutnya, Aguero sudah mengepak 25 gol bagi City dan, setelah beberapa kali harus rela terpinggirkan untuk dibangkucadangkan, telah menunjukkan bahwa dirinya mampu berperan sebagai roda penggerak yang luwes dalam skema permainan menekan a la Guardiola, yang meningkatkan level permainannya dengan memanfaatkan gerombolan defendernya yang trengginas, bereksperimen, dan permainan yang saling terhubung terus-menerus.

Namun, di posisi ujung tombak Aguero sebagai pemain sepak bola terbaik dunia tetap menjadi mesin gol sejati, dengan membuktikan bahwa rasio gol per menitnya di City lebih singkat ketimbang catatan Shearer, Suarez, Van Nistelrooy, Henry, atau Kane, bahkan yang terbaik dalam sejarah Premier League.

Dan di posisi ujung tombak Aguero tetap menjadi mesin gol sejati, dengan membuktikan bahwa rasio gol per menitnya di City lebih singkat ketimbang catatatn Shearer, Suarez, Van Nistelrooy, Henry, atau Kane, bahkan yang terbaik dalam sejarah Premier League. Dengan usia 29 tahun, Aguero berarti sudah mulai mengakhiri usia emasnya.

Dengan 131 gol dan beberapa medali kemenangan atas namanya, ia sudah kenyang dengan segala pencapaian di liga. Tidak heran jika Aguero adalah salah satu pemain sepak bola terbaik dunia.

Namun, masih ada dua kolom kosong di CV-nya, keduanya berkaitan dengan penampilan internasional. Pertama, ia tidak mampu membuktikan diri di kompetisi klub level Eropa, 39 gol dalam 66 penampilan Liga Champions adalah prestasi hebat) kebiasaan City yang lebih cepat angkat kaki di babak awal membuat dirinya tak mampu memberi penampilan berkesan di fase grup yang lebih tinggi.

Namun, sepertinya era Guardiola akan mengakhiri tren negatif ini. Kedua, adalah di pentas dunia, di mana penampilannya di Argentina relatif biasa saja.

Belum jelas apakah ia akan mendapat tempat di Rusia, gol kemenangannya saat menghadapi Rusia pada November lalu adalah indikasi menjanjikan, namun jika performa naik turunnya di level klub kembali berlanjut hingga enam bulan ke depan, pihak yang akan dipusingkan adalah Jorge Sampaoli, yang punya stok penyerang internasional yang melimpah dan pasti berat untuk memilihnya. Tentunya ini masalah yang sangat pelik.

9. Aubameyang – Borussia Dortmund

Gambar Aubameyang-Borussia Dortmund, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-9.
Gambar Aubameyang-Borussia Dortmund, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-9

Melampaui jumlah gol Lewandowski di Bundesliga adalah torehan yang mengagumkan, dan Aubameyang berhasil melakukannya musim lalu, mengakhiri musim dengan 31 gol, satu gol lebih banyak dari pemain Polandia yang menakjubkan itu.

Ditambah lagi, hanya dua yang berasal dari titik putih, berbanding lima gol penalti milik Lewandowski. Striker Borrusia dortmund ini jelas merupakan predator kotak penalti paling mematikan di Jerman musim lalu.

Tapi, ia dulunya adalah pemain yang jauh kurang efektif baik itu bagi klub maupun negaranya. Diawali pada bulan Januari ketika Gabon menyelenggarakan Piala Afrika. Lalu bagai mana ia bisa masuk ke daftar pemain terbaik dunia?

Segenap masyarakat negara tersebut berharap pahlawan mereka dapat membawa Gabon melangkah sejauh mungkin, sebagian bahkan ada yang mengimpikan untuk meraih piala. Aubameyang, yang lahir di Perancis namun berbangga diri mewakili tanah air ayahnya, berjanji mengerahkan seluruh kemampuannya dalam kesempatan historis ini, namun ia gagal. Ia hanya mencetak dua gol bagi Gabon, serta dua kali bermain seri melawan Guinea-Bissau dan Burkina Faso.

Kemenangan melawan Kamerun di partai terakhir mutlak diperlukan, namun laga ini malah berakhir imbang kacamata, dan sang striker terbang kembali ke Jerman dengan tangan hampa, lebih cepat dari yang diperkirakan.

Gabon juga tampil mengecewakan di babak kualifikasi Piala Dunia. Kisahnya bersama Dortmund lain soal, namun ada pola serupa yang akan Anda sadari.

Lepas dari rekor mencetak gol Aubameyang yang brilian, Dortmund cuma finis ketiga di klasemen akhir musim 2016/17, di belakang Bayern Muenchen dan RB Leipzig. Sang striker membikin hat trick dalam laga melawan Benfica di partai terakhir 16 besar Liga Champions, namun ia tumpul ketika Borussia Dortmund dihempaskan oleh Monaco di perempat final. Situasi musim ini juga semakin memburuk.

Gambar Aubameyang-Borussia Dortmund, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-9.
Gambar Aubameyang-Borussia Dortmund, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-9

Aubameyang mencetak gol di laga kandang melawan Real Madrid dan Tottenham di babak fase grup Champions League, namun dalam dua laga tersebut Dortmund sama sekali gagal mendulang poin, susah payah bermain defensif di bawah arahan pelatih baru mereka, Peter Bosz.

Bintang Dortmund ini mencetak 11 gol di Bundesliga, namun tim ini terperosok di klasemen dan kehilangan momentum, sementara itu striker andalan mereka mendapat sanksi larangan bermain perihal kedisiplinan dalam laga melawan Stuttgart pada November lalu. Menurut media-media Jerman, Aubameyang menganggap dirinya “untouchable” atau “tak tersentuh”, dan itu situasi yang sangat mengkhawatirkan.

Selama ini, Aubameyang dikenal sebagai sosok yang tidak egois, selalu siap memberi asis dan bersedia berbagi pujian dengan rekan-rekannya. Dan itulah penyebabnya ia bisa masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

Dan tampaknya semua itu telah berubah, dan sang striker mungkin sudah kadung kecewa terhadap klub yang menolak melego mereka ke Real Madrid. Bergabung dengan raksasa Spanyol itu selalu menjadi mimpinya, bahkan ia berjanji pada kakeknya untuk bermain di klub ternama berseragam putih tersebut.

Dan kini, aspirasinya tak terpenuhi, motivasinya menipis, dan semua pihak menderita.  Dari segi statistik, 2017 menjadi tahun terbaik dalam karier salah satu pemain sepak bola terbaik dunia ini, dan ia juga juga meraih trofi Piala DFB di mana performa terbaiknya tampak dalam kemenangan 3-2 atas Muenchen di babak semifinal. Akan tetapi, pencapaian itu tak bisa disebut positif jika dilihat dari perspektif lain. Sang striker mungkin tak menunjukkan potensinya. Ia bisa meningkatkan diri di masa mendatang, namun itu semua bergantung padanya.

8. N’Golo Kante – Chelsea

Gambar Kante-Chelsea, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-8.
Gambar Kante-Chelsea, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-8

Fakta bahwa Kante menjadi pemain pertama sejak Eric Cantona yang memenangi trofi Premier League secara beruntun bersama dua klub berbeda bukanlah kebetulan semata.

Ia mungkin lebih terlihat sebagai gelandang penghancur tengah alih-alih playmaker eksplosif, namun sama seperti kompatriot senegaranya dua dekade sebelumnya, Kante adalah tipe pemain yang kehadirannya mampu menjalarkan daya juang, permainan atraktif, dan mental baja terhadap rekannya yang lain di lapangan.

Tentu saja, melabeli Kante sebagai gelandang penghancur rasaya kurang adil lantaran ia bisa jadi merupakan pesepak bola yang punya deretan skill paling komplet sejak puncak eranya Roy Keane. Belum lagi jika membahas talentanya sebagai holding midfielder yang benar-benar dahsyat, pemain berkebangsaan Perancis ini punya kapasitas paru-paru bak manusia super dengan kemampuan membaca permainan laiknya seorang profesor. Maka profesor ini-pun masuk daftar pemain terbaik dunia.

Ingat kembali berapa kali ia merebut penguasaan bola dan berapa banyak dari jumlah tersebut yang dilakukan via sliding tackle, seperti Claude Makelele, ia punya kemampuan yang sulit dijelaskan dalam membaca operan lawan sebelum hal itu terjadi dan langsung menghentikannya.

Gambar Kante-Chelsea, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-8.
Gambar Kante-Chelsea, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-8

Namun, jika Makelele harus mengembangkan kemampuan berbahaya semacam itu lantaran ia minim daya atletis, Kante unggul dalam dua hal, penguasaan bola dan akselerasi eksplosif yang memungkinkan ia muncul tiba-tiba di hadapan lawan dan memenangi duel yang tampaknya ia tak punya lawan sebanding.

Jika di Leicester Kante ditugaskan untuk meyelesaikan situasi pelik dan melesat ke area penyerangan setelahnya, maka sejak menyeberang ke Chelsea ia diberi kebebasan untuk memamerkan teknik berkelasnya yang jarang ia tampilkan dalam peran serba terbatasnya yang ia emban di King Power. Bersama Antonio Conte, sang gelandang kini tak lagi ragu untuk menusuk ke area sepertiga lapangan akhir, seringkali sambil menggiring bola, dan jangkauan umpannya kian hari kian cerdas, tajam, dan terarah.

Musim ini, saat ditandemkan dengan Tiemoue Bakayako, pastilah Kante yang dipercaya mendapat peran yang lebih leluasa seperti itu.

Sehingga frekuensinya dalam melancarkan tekel, pelanggaran, intersep, dan menyapu bola yang tampak sedikit menurun sejak musim lalu, sama halnya dengan rataan operan suksesnya, mungkin hanya terlihat di permukaannya saja.

Justru statistik berbicara lain, jumlah operan kuncinya telah bertambah dua kali lipat. Memang hebat sekali pemain yang ada di daftar pemain terbaik dunia.

7. Luka Modric – Real Madrid

Gambar Luka Modric-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-7.
Gambar Luka Modric-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-7

Ada perdebatan sengit yang terjadi di Real Madrid saat ini, dan perdebatan ini bisa mencuat berkat si pemain sepak bola terbaik dunia Luka Modric.

Sebenarnya siapa pemain paling penting di klub? Gelandang Kroasia ini telah melakukan hal yang tak terbayangkan dan membuat orang-orang sejenak mulai menominasikan pemain terbaik lain selain Ronaldo. Modric yang masuk ke daftar pemain terbaik dunia telah bekerja dengan baik dan benar-benar mensejajarkan dirinya di antara para gelandang elite, dan bagi sebagian orang, dialah yang paling terdepan.

Hal ini wajar saja, jika kamu mempertimbangkan performa mantan pemain Spurs tersebut sepanjang tahun ini. Kontrol dan dominasinya di sektor tengah membawa Real Madrid menjuarai gelar ganda La Liga dan Liga Champions yang fenomenal.

Sudah banyak deretan gelandang hebat yang bermain di Real Madrid selama beberapa tahun silam dan salah satunya kini melatih Modric.

Zinedine Zidane telah memercayakan peran sentral di timnya kepada Modric dan walaupun pria asal Perancis itu punya gaya bermain yang berbeda dibandingkan gelandang 30 tahun tersebut, Zidane sadar betul apa saja yang bisa pemain tersebut berikan kepada tim. Kemampuan Modric tak hanya terletak pada ketenangan dan kecerdasannya di lapangan tengah, namun ia juga pemain yang berjasa menjadi tulang punggung kesuksesan yang telah diraih Zidane.

Ia kini menjadi gelandang yang komplet dan tak diragukan lagi menjadi penentu standar di posisinya. “Ketenangan. Itulah yang ia berikan kepada tim ketika ia bermain bagus. Ia menggerakan hal-hal selebihnya.” Sanjung Zidane kepada Mordor musim ini. Peran utama Modric adalah membawa bola dari sektor pertahanan dan menyalurkannya melalui lini tengah ke menuju area aserang.

Gambar Luka Modric-Real Madrid, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-7.
Gambar Luka Modric-Real Madrid, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-7

Tanpa jembatan yang ia sediakan, permainan tim tak akan berfungsi dan mengalir seperti yang diharapkan. Walau peran ini mengandung beban tersendiri, Modric tampak tak banyak mengeluh menjalankan tugasnya justru ia menyelesaikannya dengan sangat berkelas. Begitulah sang gelandang yang ada di daftar pemain terbaik dunia.

Kehadirannya membuat Real Madrid memiliki legiun sektor tengah terbaik tak hanya di Spanyol, mendominasi Barcelona yang masih menyesuaikan taktik tanpa kehadiran Xavi, namun juga di seluruh penjuru Eropa. Modric tak pernah lari dari pertempuran, dan ia sepertinya menampilkan performa lebih cemerlang pada laga-laga paling prestisius.

Penampilannya pada dua leg melawan Atletico Madrid di semifinal Liga Champions adalah contoh sempurna dari seorang pemain dengan kualitas terbaik yang pernah ada.

Bersama Casemiro dan Toni Kross, Modric yang elegan memastikan bahwa Madrid kini dikenal sebagai maestro lapangan tengah melebihi rival raksasa mereka, Barca. Trio tersebut saling menyempurnakan diri masing-masing dan bukan hal mengejutkan kalau kejayaan yang belakangan diraih Madrid dibangun di atas fondasi kepiawaian mereka.

Modric, sebagai yang paling veteran dari ketiganya, telah mengambil tongkat estafet kepemimpinan dan memastikan tim ini senantiasa berada dalam kendali penuh. Rasanya luar biasa jika memikirkan bahwa ada sebagian orang yang meragukan Modric bisa bergabung dengan Real Madrid. Dan menjadi salah satu daftar pemain terbaik dunia.

Ketika di masa mendatang kita mengenang kembali era kesuksesan klub ini, kita tak semestinya mendefinisikan hal tersebut dengan keberadaan trio BBC, namun alih-alih salah satu gelandang paling rendah diri namun berkelas di era sepak bola modern.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-6

6. Kevin De Bruyne – Manchester City

Gambar Kevin De Bruyne-Manchester City, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-6.
Gambar Kevin De Bruyne-Manchester City, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-6

Andrea Pirlo dan Xabi Alonso telah pensiun pada 2017, maka bisa dibilang bahwa saat ini Kevin De Bruyne adalah pengumpan bola terbaik di dunia. Atau, demi menghindari argumen tak perlu mengenai Lionel Messi, pengumpan bola terbaik di antara pemain non striker. Secara otomatis pula ia masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

Maestro asal Belgia ini senantiasa cemerlang untuk urusan jangkauan umpan.

Ia menampakkan benih kejeniusannya ketika bermain untuk Genk di tanah kelahirannya, tampil mengagumkan di Werder Bremen, dan memecahkan rekor 21 asis Bundesliga untuk Wolfsburg di musim 2014/15. Dan tahun ini ia menggapai torehan hebat lainnya, meski pun diperlukan beberapa langkah mundur di lapangan demi mencapai hal tersebut.

Di bawah asuhan Pep Guardiola, De Bruyne bermain sedikit ke dalam dari biasanya. Playmaker yang dulu beroperasi di sektor sayap ini kini punya peran lebih menjorok ke pertahanan yang memungkinkannya untuk menentukan tempo permainan yang lebih baik dan bahkan menjadi lebih berpengaruh dalam membangun pergerakan tim.

Perubahannya terjadi pada musim lalu, ketika pelatih Manchester City menyaksikan pemain Belgia ini menempati posisi lebih dalam di tim nasionalnya dan mencoba memasangkannya di posisi tersebut. Musim ini, dengan menggunakan sistem klasik 4-3-3 ala tim Catalan, transformasinya bahkan semakin menentukan.

“Saya selalu mengatakan bahwa semakin lama saya bermain dalam karier saya, saya pasti bermain lebih ke belakang, disebabkan atribut saya yang kontras dengan yang dimiliki pemain yang cenderung berposisi penyerang sayap.” Ujar gelandang tersebut mengakui.

Atribut tersebut adalah visinya yang fenomenal dan kemampuan untuk mengeksekusi bola terobosan dengan presisi yang begitu akurat.

Sebagian pemain dianugerahi teknik melimpah, sebagian lainnya sangat cerdas, namun kombinasi kedua kualitas tersebut semakin jarang ditemukan. Maka tak heran jika ia masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

Gambar Kevin De Bruyne-Manchester City, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-6.
Gambar Kevin De Bruyne-Manchester City, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-6

Dan hal itulah yang membuat pemain sepak bola terbaik dunia ini menjadi seniman langka yang spesial dan keberadaannya di City sungguh luar biasa penting. Musim lalu saja pemain Belgia ini menjadi pemberi asis terbanyak dengan jumlah 18, dan musim ini ia masih memimpin chart tersebut, bersama David Silva, dengan delapan asis hanya dalam 15 laga, namun itu hanya sebagian kecil dari cerita kesuksesannya.

De Bruyne biasanya sibuk membangun pergerakan, dan oleh karenya tak melulu mengantongi asis.

Secara teknis, ia hanya mengantongi dua asis pada kemenangan telak 7-2 City atas Stoke di bulan Oktober. Realitasnya, ia menghasilkan kontribusi krusial terhadap enam gol di antaranya, dan bermain sangat sempurna begitu pun umpan-umpan terobosannya. De Bruyne secara ajaib mampu menemukan ruang di barisan pertahanan paling rapat sekalipun, dan contoh paling anyar terjadi dalam kemenangan 2-1 atas West Ham, di mana umpan memikatnya Silva untuk mencetak gol.

Tentu, De Bruyne juga bisa mencetak gol. Tahun ini ia total mencetak delapan gol dan tak ada gol lebih penting dari gol kemenangannya 1-0 yang spektakuler atas Chelsea pada bulan September yang mengonfirmasi bahwa City adalah tim yang harus dikalahkan musim ini.

Ditambah lagi kualitas bertahannya yang baik, kedisiplinan taktik, dan kesadaran, dan kamu akan mendapatkan gelandang sempurna.

Seperti itulah Guardiola menilai pemain Belgia itu, dan di usianya yang masih 26 tahun, ia masih bisa menjadi lebih baik lagi. Kita mungkin saja sedang menyaksikan perkembangan seseorang yang digadang akan menjadi salah satu pemain paling hebat dari daftar pemain terbaik dunia dalam sejarah ketika ia gantung sepatu nanti.

Daftar Pemain Terbaik Dunia ke-5

5. Mohamed Salah – Liverpool

Gambar Mohamed Salah-Liverpool, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-5.
Gambar Mohamed Salah-Liverpool, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-5

Salah bisa dibilang pemain sepak bola terbaik dunia sejauh musim 2017-2018 berjalan. Meski berposisi sebagai winger, pesepakbola berpaspor Mesir itu mencetak gol yang sangat  banyak sekali. Dari 37 penampilan, pemain berusia 25 tahun itu mencetak 31 gol dan 11 assist. Bahkan tak jarang, gol yang dicetak Salah masuk kategori ajaib. Saking ajaibnya ia bisa masuk ke daftar pemain terbaik dunia.

Ambil contoh saat Liverpool ditahan Tottenham Hotspur 2-2. Saat mencetak gol kedua di laga tersebut, Salah yang diapit tiga pemain Tottenham sama sekali tak panik. Setelah melewati Ben Davies dan Jan Vertonghen, Salah langsung mencungkil bola untuk melewati badan kiper Tottenham, Hugo Lloris.

Dengan nama lengkap Mohamed Salah Ghaly, yang lahir 15 Juni 1992. Ia berhasil membawa negaranya lolos ke ajang bergengsi, piala dunia 2018. Ia juga pernah tampil mewakili Mesir pada Piala Dunia FIFA U-20 2011 dan Olimpiade 2012.

Setelah memenangkan Liga Super Swiss di musim pertamanya dengan Basel, dan dianugerahi Pemain Muda Afrika Terbaik tahun 2012. Bahkan Salah di gadang-gadang akan memenangi Ballon d’Or 2018. Sangat tidak mengherankan jika salah adalah salah satu dari daftar pemain terbaik dunia.

4. Robert Lewandowski – Bayern Munich

Gambar Robert Lewandowski-Bayern Munich, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-4.
Gambar Robert Lewandowski-Bayern Munich, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-4

Yang ke-4 di daftar pemain terbaik dunia. Superstar Muenchen ini mudah sekali mencetak gol. Nyaris mustahil untuk menghentikannya.

Mungkin agak sulit untuk sepenuhnya memahami pencapaiannya, namun dilihat dari segala sudut pandang, semua pencapaiannya fenomenal. Pemain Polandia ini baru berusia 28 tahun, dan ini adalah musimnya yang ke-8 di Jerman, tapi ia sudah menempati posisi dua top skorer.

Skorer pemain asing dalam sejarah Bundesliga, dan bercokol di posisi ke-11 jika memasukkan nama-nama pemain asli Jerman, dengan 164 gol dalam 240 pertandingan. Itulah kemampuan yang ada di daftar pemain terbaik dunia.

Tak lama lagi ia akan melampaui Hannes Lohr di posisi ke-10, dan di pengujung musim ini ia bisa menyodok ke posisi 6, dengan menyisakan Gerd Muller, Klaus Fischer, Jupp Heynckes, Manfred Burgsmuller, dan Claudio Pizarro yang punya pundi gol lebih banyak darinya.

Jika mempertimbangkan rasio mencetak gol, hanya sang legenda yang tak tertandingi, Gerd Muller, yang lebih baik dari Lewandowski dalam daftar 50 pencetak gol Bundesliga sepanjang masa. Rasio gol Lewa 0,68 per pertandingan, bahkan meski dihitung dengan musim pertamanya di Borussia Dortmund, pada periode 2010/11. Pada tahun 2017, rasio golnya bahkan lebih baik ketimbang Muller.

16 gol per 16 laga Bundesliga di paruh kedua musim lalu, serta 14 gol dari 14 laga pada paruh pertama musim ini. Dan ini sangat membuktikan jika ia memang pantas berada di daftar pemain terbaik dunia.

Tambahkan tiga gol dalam tiga laga Champions League di fase gugur, lalu 16 gol dalam 10 pertandingan babak kualifikasi Piala Dunia untuk Polandia yang menjadikannya pencetak gol terbanyak di kompetisi itu, bahkan meski lawan-lawan negaranya bukan sepenuhnya tim gurem.

Gambar Robert Lewandowski-Bayern Munich, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-4.
Gambar Robert Lewandowski-Bayern Munich, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-4

Kepulauan Faroe dan Andorra menjadi lumbung gol bagi Cristiano Ronaldo. Namun, bomber Polandia ini menciptakan sensasi dengan mencetak hat trick ke gawang Denmark, Romania, dan Armenia, dua hat trick tersebut terjadi tahun ini.

Ia merupakan predator area penalti paling berbahaya di planet bumi.

Pemain sepak bola terbaik dunia yang satu ini membuat segalanya tampak mudah. Gol backheel-nya sudah sering terjadi sehingga suporter tak lagi heboh merayakannya. Sejak keberhasilannya mencetak lima gol dalam waktu enam menit sebagai pemain pengganti kala bersua Wolfsburg di tahun 2015, sepertinya tak ada lagi yang mustahil baginya.

Ia selalu bermain luar biasa dalam pertandingan-pertandingan besar, dan pengaruhnya terhadap rekan-rekannya sudah tak terbantahkan.

Saat ia absen dalam leg pertama babak perempat final Liga Champions melawan Real Madrid, Bayern kalah 1-2 di kandang. Namun, begitu Lewa hadir di leg kedua, mereka berbalik unggul 2-1 dan memaksa perpanjangan waktu. Lalu Arturo Vidal diusir keluar lapangan, dan Carlo Ancelotti memilih bermain aman dengan menarik Lewa keluar, dan pada akhirnya secara kontroversial Madrid menang 4-2.

Orang hanya bisa menduga apakah the Bavarians akan berhasil mengangkat trofi turnamen ini seandainya striker Polandia tersebut bermain di kedua leg. 2017 menjadi tahun yang penting bagi Lewandowski di tanah airnya.

Ia mengambil alih tempat legeda negaranya, Grzegorz Lato dan Wlodzimierz Lubanski untuk menjahbiskan diri sebagai top-skorer Polandia sepanjang masa dengan 51 gol dari 91 penampilan. Mungkinkah ia akan berjaya di tahun 2018 sebagai daftar pemain terbaik dunia?

Stiker murni terbaik di dunia, ia menempati posisi ke-empat dalam daftar kami tahun ini, namun jika ia mampu memberi kejutan di Piala Dunia 2018, bukan tak mungkin ia akan melesat ke posisi puncak daftar 2018 tahun depan.

3. Neymar – Paris Saint German

Gambar Neymar-Paris Saint German, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-3.
Gambar Neymar-Paris Saint German, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-3

Jadi, apa pemain di daftar pemain terbaik dunia yang satu inisesuai dengan banderol harganya?

Masih terlalu dini untuk memastikan apakah kocek €222 juta yang dirogoh PSG untuk mendatangkan pemain ternama dan pesepak bola jenius yang serba bisa, Neymar, pada Agustus silam akan sepadan dengan kualitasnya.

Namun, selama empat bulan perdananya bermukim di ibu kota Perancis, superstar yang licin ini seperti sudah bersiap membayar lunas investasi masif untuknya dengan gaya yang impresif.

Tentu saja, untuk mewujudkan hal tersebut, harus terus berada di klub ini. Selentingan yang menyebutkan bahwa ia sudah mulai bosan dengan tim berjuluk la vie parisienne ini bisa menyebabkan turbulensi maskapai pesawat jet yang mensponsorinya lantaran keputusan mendatangkan salah satu daftar pemain terbaik dunia ini dibuat oleh dua pihak antara Perancis dengan Qatar.

Namun, jika pemain sepak bola terbaik dunia ini akan bertahan lama di klub ini, itu akan menyenangkan semua pihak. Pemain Brasil berusia 25 tahun yang sudah masuk ke daftar pemain terbaik dunia ini telah membuat PSG semakin diwaspadai, semakin memikat, dan semakin mendekatkan klub tersebut menuju target luhur mereka mengangkat trofi Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Setelah menebar magisnya dalam beberapa laga domestik bersama PSG dan dalam beberapa penampilan di level Eropa sejak ia terbang dari Catalonia, ia juga mempertajam gol personalnya mampu membuktikan diri untuk lepas dari bayang Lionel Messi. Namun, terjadi suatu keributan, percekcokannya dengan Edison Cavani untuk menentukan siapa yang akan mengeksekusi penalti terbesit dalam benak, namun hal tak terduga seperti itu sudah termasuk ke dalam paket pembelian si peamin yang berada di daftar pemain terbaik dunia.

Gambar Neymar-Paris Saint German, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-3.
Gambar Neymar-Paris Saint German, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-3

Hal positifnya adalah bagaimana suporter PSG yang tak sabar berbondong ke Parc de Princes ketika tahu bahwa Neymar ada dalam daftar pemain tim mereka.

Jika salah satu dari alasan utama kita menyaksikan sepak bola adalah untuk memimpikan hal indah semacam itu benar-benar terwujud, akan ada orang yang mengatakan nikmat menunggu untuk melihat Neymar beraksi telah membuatnya tak ternilai.

Neymar menghabiskan satu semester tahun ini di Barcelona, namun patut diapresiasi betapa ia dengan mudahnya menjadi ikon utama dalam proyek PSG yang sepertinya sudah berlangsung sejak lama. ‘MCN’ mungkin tak semenakutkan ‘MSN’, namun jalinannya dengan Cavani dan Kylian Mbappe sangat menakjubkan untuk disaksikan dan mungkin akan berbuah ketika diukur dari raihan pialanya selama tiga tahun yang akan datang.

Untuk urusan pencapaian, pada akhirnya Neymar akan dinilai dari apakah PSG berhasil meraih trofi Liga Champions.

Kekalahan memalukan 1-6 musim lalu dari PSG di babak perdelapan final adalah momen di mana rencana untuk mendatangkan pemuda Brasil yang sudah masuk ke daftar pemain terbaik dunia ini kian mantap. Berkat kontribusi besar Neymar, PSG kini melaju ke fase gugur Champions League musim ini dengan sangat meyakinkan.

Kini, Manchester City adalah satu-satunya tim di benua ini yang berhak mengklaim memainkan sepak bola yang sama memikatnya dengan PSG. Jadi, panggung 2018 nanti akan lebih memuaskan bagi seorang pemain yang tampak jauh lebih siap untuk merebut label No.1 begitu mantan rekan timnya, Messi, mulai memasuki senjakala.

2. Cristiano Ronaldo – Real Madrid

Gambar Cristiano Ronaldo-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-2.
Gambar Cristiano Ronaldo-Real Madrid, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-2

Ada dua Ronaldo sepanjang tahun 2017 ini.

Ronaldo pertama adalah yang bersinar di Champions League yang membombardir lawan lewat sundulan mengangkasa dan tendangan first time, membawa Real Madrid meraih trofi turnamen tersebut dua kali beruntun. Versi kedua adalah Ronaldo La Liga, si pemboros peluang yang terkadang tembakannya melenceng entah ke mana dan membuat Barcelona melangkah semakin jauh di depan.

Mengingat trofi Liga Champions dan La Liga musim lalu ia terima pada Mei dan Juni, tak ada keraguan bahwa secara keseluruhan tahun ini gemilang bagi Ronaldo yang masuk daftar pemain terbaik dunia. Tak ada yang mampu menghentikannya di tikungan akhir musim lalu.

Kunci penampilannya dahsyatnya itu terletak pada keputusan Zidane yang mengistirahatkannya pada laga-laga yang kurang penting sementara tugas tersebut diserahkan kepada ‘tim B’ Madrid. Saat mulai memasuki fase gugur Liga Champions, Ronaldo menjelma jadi superman dengan menyarangkan lima gol ke gawang Muenchen, tiga gol ke gawang Atletico, serta dua gol lainnya saat bertemu Juve di laga puncak.

Dwigolnya pemungkasnya tersebut membuktikan apa yang bisa Ronaldo hasilkan pada laga penting. Dan mejadikannya masuk ke daftar pemain terbaik dunia adalah hal yang wajar.

Ia juga terbukti krusial di laga-laga penentuan  La Liga dengan mengemas lima gol untuk menyegel tiga kemenangan pada laga di mana Barcelona berharap Madrid terpeleset. Pada tahun 2017, kuantitas golnya memang kian minim, tapi keistimewaannya tak usah diragukan. Sejak awal Ronaldo terus berevolusi sebagai striker murni sehingga Zidane lebih sering mendaulatnya sebagai ujung tombak bersama Karim Benzema.

Tak ada poacher kotak penalti yang lebih mematikan dari pria Portugal yang ada di daftar pemain terbaik dunia ini jika dirinya sedang dalam performa terbaik. Namun, semenjak musim panas, keran golnya mulai surut. Penurunan performa menjadi salah satu penyebab golnya yang anjlok, meski sebetulnya line up utama Madrid lebih kurang masih sama dengan tim yang meraih double winner.

Gambar Cristiano Ronaldo-Real Madrid, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-2.
Gambar Cristiano Ronaldo-Real Madrid, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia ke-2

Walau begitu, memang disadari bahwa skuat ini tak sekuat sebelumnya. Mereka dihantam Tottenham dan tertinggal delapan angka dari Barca di La Liga.

Walaupun sebagian besar pemain bintang sudah berusaha, namun tak ada pemain yang lebih menyimbolkan periode depresi ini seperti salah satu daftar pemain terbaik dunia ini. Seorang pemain yang terbiasa menghimpun 30 gol liga dalam semusim entah kenapa sekarang baru mengoleksi dua, salah satunya berasal dari tendangan penalti yang awalnya gagal ia eksekusi. Rataan konversi tendangannya di liga adalah 2.9%. Dan kita sudah berada di bulan Desember.

Namun, penampilannya di Liga Champions masih tajam, dengan menceploskan delapan gol dari lima laga, termasuk ujian berat saat menghadapi Tottenham dan Dortmund.

Jumlah gol Ronaldo si pemain sepak bola terbaik dunia di Liga Champions (18) kini lebih banyak di banding di la Liga (17) musim ini. Meski torehan itu sangat membantu Madrid pada bulan Mei lalu, Ronaldo versi La Liga kini sudah jauh terperosok sampai-sampai Zidane mulai was was kapan pemain andalannya yang ada di daftar pemain terbaik dunia ini menemukan kembali performa terbaiknya.

Ronaldo memang pernah mengalami masa majal, namun tak pernah separah ini. Tetap saja, seiring usianya yang akan menginjak 33 tahun. Madrid akan membantu Ronaldo untuk kembali tajam, dengan menyodorkannya kontrak hingga 2021. Dan jika ada satu atlet dengan kemauan tinggi untuk menafikan usianya, itu adalah Ronaldo.

Mungkin ia perlu sebuah gol untuk memicu rentetan gol lainnya. Dan bahkan, dalam periodenya yang dinilai menurun ini, Ronaldo berhasil merengkuh trofi Ballon d’Or yang kelima. Jadi tak heran jika ia adalah salah satu daftar pemain terbaik dunia.

Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia

1. Lionel Messi – Barcelona

Gambar Lionel Messi-Barcelona, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-1.
Gambar Lionel Messi-Barcelona, Daftar Pemain Terbaik Dunia Sepak Bola ke-1

Masuk ke daftar pemain terbaik dunia nomer 1. Ketika orang mengatakan kalau Barcelona sedang krisis sebelum musim ini dimulai, mereka benar.

Skuat ini tampak melemah, Neymar yang juga masuk ke daftar pemain terbaik dunia telah pergi dan penggantinya, Ousmane Dembele, harus absen selama beberapa bulan karena cedera. Dan untuk menambal celah tersebut ada Paulinho. Sedangkan, opsi pemain pengganti terbatas pada Paco Alcacer dan Gerard Deulofeu.

Hal itu membebani Luis Suarez yang tak lama setelahnya mulai kesulitan mencuri gol. Namun, kini Barca merajai klasemen La Liga dengan keunggulan delapan poin dari Real Madrid (yang bertengger di posisi ke-4), dengan pundi gol paling banyak. Bagaimana bisa? Kamu mungkin sudah tahu jawabannya. Salah satunya karena ada Messi si pemain yang berada di tinkat pertama daftar pemain terbaik dunia.

Dan tepat ketika Barca tampak mulai tercecer, Lionel Messi sang pemain sepak bola terbaik dunia mendorong kembali tim ini ke papan atas. Ramalan paling tepat untuk musim ini muncul dalam surat kabar Catalan, Sport, pada September silam. Ketika Madrid digdaya atas Barca di Piala Super Spanyol dan badai cedera menghantam Suarez dan Dembele.

Trio ‘MSN’ yang dulu telah tiada, tegas mereka. Kini, Barca mengandalkan trio ‘MMM’. Messi, Messi, Messi. Beberapa bulan berselang, Kamu boleh berpendapat bahwa Messi telah melakukan pekerjaan untuk tiga pemain. Salh satu pemain Argentina di daftar pemain terbaik dunia ini telah mengemas 16 gol dan mencetak lima gol lagi di La Liga dan Champions League. Tak ada pemain Barca lainnya yang terlibat dalam lebih delapan gol.

Dengan absennya Dembele, Ernesto Valverde seringkali memplotnya di belakang Suarez dalam formasi 4-4-2, dengan memberinya kebebasan dan menguasai lini tengah.

Gambar Lionel Messi & Tim, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia.
Gambar Lionel Messi & Tim, Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia

Sang pelatih tahu betapa sederhananya formula ini. Pastikan untuk clean sheet dan Messi akan menangani sisanya. Dengan tumpulnya Ronaldo yang juga ada di daftar pemain terbaik dunia, Messi berhak menyebut dirinya sebagai pemain terbaik di dunia sejak musim panas. Sepanjang tahun ini, playmaker ini telah mencetak 38 gol liga. 4 gol lebih banyak dari pemain manapun di lima liga top Eropa, dan merangkum 10 asis.

Jika mempertimbangkan kemampuan briliannya di area yang lebih dalam maka ia layak berada di daftar puncak. Satu hal lainnya yang membuat ia menjauh dari Ballon d’Or adalah kegagalan Barca musim lalu.

Mereka menyerahkan titel la Liga kepada Madrid dan kandas di Liga Champions melawan Juventus. Kekalahan telak 0-4 mereka atas PSG juga menambah panjang cacat musim lalu. Kesempatan yang tersisa adalah meraih Copa del Rey. Lantaran identitas mereka menguap seiring kepergian Luis Enrique, pemain seperti Messi pun tak mampu menghindar dari petaka.

Akan tetapi, musim ini ia berhasil melakukannya. Barca difavoritkan meraih titel ke-7 mereka dalam 10 musim terakhir dan dengan setiap pelatih yang silih berganti di Camp Nou. Hal ini semakin jelas bahwa semua ini bisa terjadi selama era Messi sang pemain sepak bola terbaik dunia.

Khusus musim ini saja sudah terlihat kalau Barca akan selalu punya kesempatan jika bersamanya, nyaris tanpa mempertimbangkan berbagai faktor eksternal.

Bahkan walau klub ini diguncang oleh isu kemerdekaan wilayah Catalan dan masalah internal lainnya. Ia senantiasa memastikan tim berada di jalur kemenangan.

Messi yang memimpin daftar pemain terbaik dunia juga fenomenal dalam mengantar Argentina lolos ke Piala Dunia, di mana ia menggila dan mengamuk pada babak kualifikasi. Di usianya yang sudah 30 tahun, ia tak menunjukkan adanya degradasi performa. Itu bukan hanya berita bagus untuk klub dan negaranya, namun juga bagi kita semua yang begitu takjub melihatnya beraksi.

Maka tidak heran, dan sangat wajar jika pesulap bola bundar di lapangan ini, menjadi orang nomer 1 dalamdaftar pemain terbaik dunia.

Gambar-Wallpaper-Pemain-Terbaik-Dunia
Gambar-Wallpaper-Pemain-Terbaik-Dunia

Penuntup, Daftar Pemain Terbaik Dunia

Itulah tadi 21 dartar pemain sepak bola terbaik di dunia. Gimana? ada gak pemain sepak bola jagoan kamu di daftar pemain terbaik dunia?

Coba tanya temen kamu juga! apakah idola mereka adalah pemain sepak bola terbaik dunia juga? Silahkan isi komentar dibawah ini tentang seputar sepak bola. Jangan lupa baca juga stadion terbesar di dunia.

Semoga bermanfaat. Terimakasih. 🙂

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: