9+ Amalan Bulan Ramadhan yang Mudah Diamalkan

Tidak terasa, sebentar lagi umat muslim akan menyambut bulan suci ramadhan. Bulan yang penuh berkah ini,harus di manfaatkan sebaik-baiknya oleh umat muslim. Dimana, banyak sekali pahala yang bisa di peroleh pada bulan ramadhan. Selain menjalankan kewajiban ibadah puasa saat ramadhan, juga perlu menjalankan amalan. inilah amalan bulan ramadhan yang dapat anda lakukan.

Bulan ramadhan memiliki banyak sekali kebaikan. Bahkan,setiap amal kebaikan di lipat gandakan. Ramadhan memberikan keistimewaan untuk mereka yang ingin bertaubat. Karena itu, sangat menyesal bagi mereka yang melewatkan bulan suci ramadhan dengan tidak benar. Berikut kami sampaikan amalan bulan ramadhan yang bisa anda lakukan secara rutin.

Beberapa Amalan Bulan Ramadhan

Mengamalkan amalan yang baik pada bulan suci ramadhan jelas mendapatkan berkah begitu besar. Berikut beberapa amalan tersebut antara lain:

Membaca Al-Qur’an

Sejatinya, Al-Qur’an dapat dibaca tidak hanya waktu ramadhan saja. Melainkan, dalam keseharian sehari-hari. Karena, dengan membaca Al-Qur’an hati menjadi lebih tenang dan berdoa kepada Allah SWT. Sesungguhnya, Allah sangat menyukai hambanya yang senantiasa membaca Al-Qur’an.

Ramadhan bisa dijadikan momen yang baik dalam mendapatkan banyak pahala. Termasuk dengan rutin membaca Al-Qur’an setiap hari. Namun, tidak hanya untuk membacanya saja. Melainkan juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kebekahan yang didapatkan juga begitu banyak. Hadits Riwayat Ibnu Abbas ra, beliau berkata:

hadits-amalan-membaca-al-quran-korangratis.net
hadits-amalan-membaca-al-quran-korangratis.net

Mengkhatamkan Al-Quran

Amalan yang satu ini memang menjadikan banyak semangat bagi masyarakat untuk mendapatkan banyak pahala. Dengan mengkhatamkan Al-Qur’an nerarti senantiasa dalam menjalankan kebaikan untuk umat islam dan diri sendiri. Tetapi, dalam melakukan khawataman tidak boleh sembarangan.

Membaca Al-Qur’an sampa khatam harus mengikuti beberapa prosedur. Seperti tanda baca yang dibaca haruslah tepat dan tidak salah. Karena, jika salah justru bukan mengkhatamkan. Melainkan, mengurangi nilai keberkahan dalam bulan suci ramadhan ini. Karenanya, jangan hanya berfokus pada khataman saja. Berikut ini tips mengkhatamkan Al-Qur’an meliputi:

  • Baca secara rutin setiap harinya.
  • Cari guru yang cocok dan sesuai untuk mengkhatamkan Al-Quran.
  • Dianjurkan untuk membaca 1 juz setiap harinya.
amalan-bulan-ramadhan-menghatamkan-al-quran-korangratis.net
amalan-bulan-ramadhan-menghatamkan-al-quran | sumber: konsultasisyariah.com

Puasa Ramadhan

Sudah pasti,sebagai seorang muslim maka akan menjalankan puasa di bulan suci ramadhan. Puasa merupakan salah satu ibadah utama yang di wajibkan dalam bulan suci ramadhan. Keutamaan yang didapatkan begitu melimpah,bahkan pahalanya sangatlah banyak. Setiap puasa yang dijalankan mendapatkan pahala untuk kemudian hari.

Menjalankan puasa tidak hanya menahan makan,minum ataupun nafsu saja. Melainkan, perbuatan yang harus di jalan juga benar. Serta tidak bertentangan dengan syariat agama Islam. Dengan begitu, pahala yang didapatkan juga banyak. Berikut dalil mengenai keutamaan berpuasa:

hadits-amalan-puasa-ramadhan-korangratis.net
hadits-amalan-puasa-ramadhan-korangratis.net

Bersedekah

Amalan berupa sedekah ternukti dapat memiliki manfaat yang sangat baik. Terutama, untuk berbagi kepada sesama mengenai pentingnya hidup bersosial. Terlebih, dalam bulan suci ramadhan yang penuh berkah ini. Allah SWT selalu senantiasa memberikan keberkahan dan rezeki melimpah kepada orang yang bersedekah.

Sesungguhnya, bersedekah di bulan suci ramadhan merupakan waktu terbaik. Karena, banyak dari saudara umat muslim yang belum tentu bisa merasakan bulan penuh suci ini dengan bahagia. Diantara bentuk sedekah yang dapat dilakukan yaitu:

Memberi Makan

Sebagai manusia yang memiliki hati nurani,sudah sempantasnya untuk dapat berbagi kepada sesama. Hanya dengan memberikan makanan saja tidak memandang agamanya. Karena, sedekah secukupya sangat berarti bagi orang yang kurang mampu. Allah berfirman:

hadits-amalan-memberi-makan-korangratis.net
hadits-amalan-memberi-makan-korangratis.net

Membagikan Takjil

Bagi masyarakat yang berpuasa, terkadang bingung dalam melakukan konsumti buka puasa. Karena itu, amalan yang dapat dilakukan dengan bersdekah takjil untuk berbuka puasa. Selalu utamakan berbuka puasa dahulu sebeum memulai pekerjaan kembali.

Jika seseorang menjalankan amalan ini maka sudah dapat di pastikan bahwa pahalanya begitu banyak. Allah SWT selalu membantu hambanya yang kesulit dalam kehidupan ini. Namun, setelah tentunya digunakan secara bersungguh-sungguh. Rasulullah SAW bersabda:

hadits-memberi-makan-orang-berbuka-puasa-korangratis.net
hadits-memberi-makan-orang-berbuka-puasa-korangratis.net

Itikaf di Masjid

Salah satu amalan yang dapat dilakukan yaitu dengan itikaf. Itikaf merupakan amalan berupa menetap di masjid dengan cara khusus yang di sertai niat. Hukum dari amalan ini yaitu sunnah. Amalan itikaf memang cukup banyak yang baru mengetahuinya. Namun, di beberapa daerah juga banyak yang mengikutinya.

Karenanya, sangat penting untuk tetap melakukan itikaf sesuai pada janjinya. Allah SWT akan menjaba semua doa baik yang di pinta oleh hambanya. Sesungguhnya, jika terdapat masalah Allah SWT akan membantu. Amalan ini dapat dilakukan pada 10 hari terakhir bulan ramadhan.

amalan-bulan-ramadhan-itikaf-di-masjid-korangratis.net
amalan-bulan-ramadhan-itikaf-di-masjid | sumber: khazanah.republika.co.id

Duduk di Masjid Sampai Matahari Terbit

Keutamaan bulan ramadhan sangatlah melimpah. Berbagai amalan dapat dilakukan untuk memperoleh manfaat yang baik. Termasuk denga duduk di masjid setelah menjalankan shalat subuh. Kegiatan duduk di masjid hingga matari terbit saat ini sudah mulai jarang. Bahkan, amalan ini harus tetap di sampaikan kepada masyarakat.

Duduk di masjid menunggu matahari terbit tidaklah membosankan. Dengan membaca dzikir ataupun ayat suci AL-Qur’an maka akan mendapatkan pahala yang cukup banya, Teruma, untuk bekal kedepannya di akhirat nanti. Hadis dari Anas RA rasulullah bersabda:

hadits-salah-satu-amalan-bulan-ramadhan-korangratis.net
hadits-salah-satu-amalan-bulan-ramadhan-korangratis.net

Dzikir, Istigfar dan Memohon Ampun

Sebagai manusia, hendaknya selalu bersyukur terhadap apa yang telah di dapatkan. Jangan sombong terhadap nikmat dunia yang telah diberikan. Degan berdzikir dan berdoa maka besar harapan agar doa menjadi lebih di kabulkan.

Selain itu, beristgfar dan memohon ampun ternyata solusi yang sangat baik dalam memanfaatkan momen ramadhan. Selain itu, istigfar kepada Allah SWT akan memberikan rasa yang nyaman dan aman. Allah SWT berfirman:

“Dzikir, istigfar dan memohon ampun merupakan hal yang paling ampuh untuk memaafkan. Gunakan waktu pada bulan ramadhan dengan hal positif untuk memberikan pahala.”

Tips

Shalat Tarawih

Hukum dari shalat ini ialah sunnah dan dapat dikerjakan di rumah. Shalat tarawih dilakukan setelah menjalankan shalat isya. Manfaat yang di dapatkan dari mengikuti shaat tawarih begitu melimpah. Termasuk dengan pahala yang di berikan oleh Allah SWT. Shalat tarawih setiap daerah memiliki ketentuan yang berbeda-beda.

Untuk shalat tawarih setiap masjid juga terkadang berbeda. Ada yang 11,21,23 sampai dengan 41. Semuanya tetap menjalankan tarawih sesuai pada ajarannya. Hikmah puasa ramadhan dapat menjalin silahturahmi dengan customer. Tarawih termasuk dalam amalan di bulan ramadhan sesuai sunah. Pastikan untuk selalu menjalankan ibadah shalat tarawih!

amalan-bulan-ramadhan-shalat-taraweh-berjamaah-korangratis.net
amalan-bulan-ramadhan-shalat-taraweh-berjamaah | sumber: konsultasisyariah.com

Menunggu Malam Lailatul Qadar

Malam lailatul Qadar sudah pasti sangat di tunggu-tunggu oleh umat islam. Kehadirannya membuat semua orang ingin berdzikir langsung kepada Allah SWT. Maha suci dengan segala yang dimiliki. Berikut firman Allah SWT:

amalan-bulan-ramadhan-malam-lailatul-qadar-korangratis.net
amalan-bulan-ramadhan-malam-lailatul-qadar-korangratis.net
amalan-bulan-ramadhan-mengejar-lailatul-qadar.net
amalan-bulan-ramadhan-mengejar-lailatul-qadar | sumber: tandapagar.com

Banyak sekali bukan, amalan bulan ramadhan yang dapat anda jalankan. Hendaknya, manfaatkan bulan suci ramadhan yang hanya satu bulan ini dengan sebaik mungkin. Gunakan untuk menjalankan kebaikan dan mengamalkan amalan diatas. Semoga Allah SWT memberikan keberkahan untuk kita semua!

Yakin Ngga Mau Komen?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: